redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ingat-Ingat Ini: 4 Tips Penting Menghadapi Soal TPS UTBK 2020

Selain menguasai materi akademik ujian, kenali pula cara-cara mengerjakan ujian seefisien mungkin.

Soal TPS UTBK, image credit Ketut Subiyanto

Jadwal UTBK sudah di depan mata, lantas apakah Sobat Pintar sudah mengenal dengan baik soal TPS UTBK 2020? Sebagai pengingat, UTBK 2020 hanya terdiri dari soal TPS.

Dan apa itu soal TPS? Soal TPS bertujuan mengukur kemampuan kognitif, nalar, atau logikamu. Pengetahuanmu tentang hal-hal umum, selain pengetahuan akademik, juga diukur di soal TPS. Harapannya, hasil tes ini mampu menunjukkan potensi keberhasilanmu dalam pendidikan formal atau saat kuliah nanti.

Meskipun 'hanya' soal TPS, jumlah dan keragaman soalnya cukup banyak. Nah, bagaimana tipsnya dalam menghadapi soal TPS UTBK 2020?

 

1. Manfaatkan Setiap Kesempatan Mengikuti Try Out

Secara umum, batasi waktu yang digunakan untuk mengerjakan setiap soal UTBK. Adakalanya kita menghadapi soal yang cukup sulit sehingga memerlukan waktu lebih lama untuk mengerjakannya. It's okay, tapi jangan terobsesi untuk mendapatkan jawaban satu soal sampai-sampai soal UTBK yang lain terabaikan.

Misalnya, pada soal TPS Pengetahuan Kuantitatif kita menghadapi 20 soal dengan lama waktu pengerjaan 25 menit. Bukankah itu berarti kita harus menyelesaikan setiap soal dalam waktu satu menit saja, Sobat?

Selain berlatih mengerjakan soal UTBK secara mandiri, kita dapat memanfaatkan Try Out. Ketika harus belajar sendiri dari rumah seperti sekarang ini, berlatih soal dan mengikuti Try Out UTBK melalui aplikasi ponsel adalah cara termudah untuk bersiap menghadapi UTBK!

 

2. Intip Lagi Catatan Evaluasimu Selama Ini

Sobat Pintar sudah berapa lama bersiap menghadapi soal TPS UTBK 2020? Tentunya, persiapan UTBK-SBMPTN 2020 sudah dilakukan sejak berbulan-bulan sebelumnya, bukan? Hopefully, Sobat sudah mengantongi catatan perkembangan belajarmu selama mempersiapkan diri menghadapi soal UTBK.

Seperti apa catatan itu? It depends on you, Sobat. Barangkali kita sekedar mengingat ada materi yang terlewat dipelajari, kemudian mengejar ketertinggalan itu. Atau barangkali, setelah berkali-kali mengikuti Try Out, Sobat menemukan cara mengerjakan soal UTBK dengan lebih efisien.

Apapun metodemu, coba dilihat lagi 'pelajaran' apa yang sudah dipetik selama persiapan UTBK-mu. Who knows, barangkali ada tips dan trik yang bisa diterapkan saat menghadapi soal TPS UTBK 2020 nanti.

 

3. Berlatih Hadapi Soal UTBK yang Dianggap Sulit

Whenever we're challenged, it's our choice to fight or flight. Apakah Sobat Pintar memilih untuk flight atau lari dari soal UTBK yang sulit? It's your choice. Tapi pilihanmu juga, Sobat, untuk berjuang (fight) dan terus berusaha menakhlukkan sesulit apapun soal UTBK tersebut.

Bagaimana cara menakhlukkan soal UTBK? Dengan berlatih, dan berlatih lagi sampai kita bisa menghadapi soal UTBK yang dianggap sulit. Sobat Pintar bisa berlatih dengan menggunakan soal UTBK 2019. Misalnya, berikut ini contoh soal UTBK 2019:

Manakah di antara bangun berikut yang merupakan bangun datar?

1. Persegi

2. Balok

3. Trapesium

4. Kerucut

A. (1), (2), dan (3) SAJA yang benar.

B. (1) dan (3) SAJA yang benar.

C. (2) dan (4) SAJA yang benar.

D. HANYA (4) yang benar.

E. SEMUA pilihan benar

Sobat Pintar tahu jawaban untuk contoh soal TPS Pengetahuan Kuantitatif di atas, bukan? Yes, the answer is B.

 

4. Mengenali dan Memahami Pola Soal UTBK

Berlatih menghadapi soal TPS UTBK 2020 dengan menggunakan soal UTBK 2019 itu ide bagus, Sobat. Bahkan, gunakan soal UTBK dari tahun-tahun sebelumnya untuk berlatih juga! Tapi ingatlah untuk tidak berpatokan hanya pada soal UTBK yang telah lalu.

Keeping yourself updated with the current situation is another good idea, Sobat! Sebagai contoh, Try Out UTBK TPS 1 Aku Pintar yang menampilan teks Virus Corona di Indonesia pada soal TPS Penalaran Umum. Apa jadinya jika Sobat tak mengikuti perkembangan pandemi yang sekarang sedang kita alami?

Semakin tak kenal dengan teks atau soal UTBK, semakin banyak waktu yang kita butuhkan saat ujian. Going back to our square one above, we need to use our time efficiently during the test. Jadi, kudu banyak-banyak baca tentang perkembangan situasi terbaru ya, Sobat!

 

Bagaimana dengan tipsmu sendiri untuk menghadapi soal TPS UTBK 2020, Sobat? Apakah ada tips di atas yang sudah Sobat gunakan? Atau, tips di atas baru akan digunakan pekan depan saat mengikuti UTBK 2020?

100

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp