redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ingin Bekerja di Bidang Asuransi? Pelajari Ilmunya di STMA Trisakti

Ternyata bidang asuransi itu juga ada jurusanya lo Sobat

Setiap manusia pada dasarnya memiliki banyak kekhawatiran dalam hidup dan mengharapkan kehidupan yang tenang, aman, dan terkendali. Meskipun begitu kejadian yang tak terduga akan selalu terjadi.

Maka dari itu manusia akan membutuhkan asuransi sebagai jaminan kehidupan mereka. Semakin hari manfaat dari asuransi semakin dirasakan oleh masyarakat, sehingga kesadaran akan pentingnya asuransi semakin meningkat.

Sebagai industri yang erat berkaitan dengan manusia, dunia asuransi bermbangannya sangat cepat. Kebutuhan manusia yang selalu berubah-ubah juga memengaruhi pertumbuhan perusahaan asuransi. Hal ini bisa dibuktikan dengan munculnya jenis-jenis asuransi yang mengikuti perubahan gaya hidup masyarakat.

Selama manusia hidup, manusia akan selalu membutuhkan jaminan, maka dapat dikatakan industri asuransi tidak akan pernah mati dan akan terus berkembang. Jadi, ilmu asuransi akan semakin menarik untuk dipelajari, bukan? Dan tahukah kamu, pengetahuan tentang asuransi itu bisa dipelajari lo!. Penasaran?, yuk simak info berikut ini.

Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti

STMA Trisakti adalah pelopor program studi untuk kamu yang ingin mendalami bidang asuransi. Di STMA Trisakti semua program studinya telah terakreditasi oleh BAN-PT. So, kualitas pembelajarannya sudah tidak perlu diragukan! STMA Trisakti memiliki beberapa program studi yang bisa kamu pilih. Kenali lebih lanjut, yuk!

Program Studi STMA Trisakti

1. Program Sarjana Aktuaria  (S-1)

Aktuaria adalah perpaduan antara ilmu matematika, teori peluang (probability theory), statistika dan ilmu ekonomi untuk mengidentifikasi, membangun model matematika, menganalisis dan menentukan solusi dari masalah-masalah finansial dan bisnis yang timbul.

Di sini, kamu akan dibentuk untuk menjadi Aktuaris yang dapat mengaplikasikan ilmu aktuaria untuk menyelesaikan persoalan bisnis yang menyangkut analisis kejadian masa depan yang berdampak pada segi finansial.

2. Program Sarjana Manajemen  (S-1)

Untuk keilmuan yang satu ini, pasti kamu sudah familiar dengan apa yang akan dipelajari. Tetapi, di Program Studi Manajemen STMA Trisakti, kamu bisa memilih konsentrasi studi yang bisa diambil mulai semester VII, lho. Pilihan konsentrasinya ialah:

  • Manajemen Underwriting

Bidang pekerjaan yang bertanggung jawab atas penilaian, penggolongan tingkat risiko dan pengambilan keputusan atas risiko-risiko dari suatu obyek yang akan diasuransikan.

  • Manajemen Klaim

Bidang pekerjaan yang bertugas memastikan bahwa klaim yang diajukan diproses dengan cepat dan tepat sampai pengambilan keputusan untuk penggantian (settlement) atau ditolak setelah dilakukan analisa sesuai dengan terms and conditions yang tercantum dalam polis.

  • Manajemen Aktuaria

Bidang pekerjaan yang bertugas sebagai penilai risiko, penaksir risiko, penerjemah risiko, pengkalkulasi probabilitas risiko yang mengaplikasikan ilmu keuangan dan teori statistik untuk menyelesaikan persoalan bisnis yang aktual.

  • Manajemen Asuransi Syariah

Bidang pekerjaan dengan aktivitas memasarkan, menganalisa risiko, dan mengelola perusahaan secara keseluruhan berdasarkan kepada prinsip-prinsip syariah.

  • Manajemen Pialang Asuransi

Bidang pekerjaan yang tugasnya bertindak sebagai intermediary dan konsultan dari nasabah asuransi sehingga diperlukan kemampuan menganalisa risiko, menerapkan terms and conditions yang relevan untuk dinegoisasikan dengan pihak penanggung (perusahaan asuransi).

3. Program Diploma Tiga (D3)

Nah, untuk kamu yang ingin mempelajari keahlian terapan tertentu dan kuliah dengan waktu yang lebih cepat, mengambil program diploma adalah pilihan yang tepat. Jangan salah, program D3 Asuransi juga ada praktiknya, lho. Kamu bisa memilih salah satu dari dua program berikut ini:

  • Program Studi Asuransi Jiwa

Di program studi ini kamu akan mendapatkan pengetahuan teori dan praktik tentang Manajemen Risiko, Underwriting, Aktuaria, produk-produk Asuransi Jiwa, Penangan Klaim, dan materi-materi yang berkenaan dengan Manajemen Asuransi Jiwa, sehingga kamu akan siap untuk bekerja.    

  • Program Studi Asuransi Kerugian

Kalau di program studi Asuransi Kerugian kamu akan mendapatkan pengetahuan teori dan praktik tentang Manajemen Risiko, Underwriting, Aktuaria, Penangan Klaim, Reasuransi, produk-produk Asuransi Kerugian, dan materi lainnya yang berkenaan dengan Manajemen Asuransi Kerugian.

Gimana ? Banyak pilihan kan! Jika kamu ingin berpartisipasi dalam perkembangan industri yang sangat dinamis ini, STMA Trisakti bisa menjadi salah satu pilihan kamu!

00

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet