PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

SMK Berkualitas di Indonesia, photo via bandungberita.com

Ingin Melanjutkan ke SMK? Ini 9 SMK Berkualitas di Indonesia

Beberapa SMK terbaik di Indonesia memiliki prestasi akademik yang menakjubkan.

SMK mengalami perkembangan cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Hari ini, SMA bukan satu-satunya pilihan bagi Sobat Pintar untuk melanjutkan pendidikan dari jenjang SMP. Tapi, SMK Negeri mana saja yang berpredikat terbaik bila mengacu pada Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) Kemendikbud? Berikut sembilan diantaranya.

 

1. SMK Negeri 10 Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Rerata IIUN SMK Negeri 10 selama enam tahun berada pada angka 96.62. SMK Negeri ini memilik dua bidang keahlian dan empat kompetensi keahlian. Bidang keahlian di SMK Negeri 10 yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Bisnis dan Manajemen.

Untuk Bisnis dan Manajemen, terdapat empat kompetensi keahlian yaitu Pemasaran, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. Sedangkan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi, kompetensi keahliannya yaitu Rekayasa Perangkat Lunak.

 

2. SMK Negeri 1 Tamansari Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung

Di Provinsi Bangka Belitung, SMK Negeri 1 Tamansari adalah yang pertama meraih Adiwiyata Mandiri. Sejak tahun pelajaran 2014/2014, sekolah ini mulai menerapkan Kurikulu 2013 – ya, tanpa tunda! Tiga tahun sebelumnya, SMK Negeri 1 Tamansari bahkan telah menjadi Sekolah Pendidikan Karakter.

Begitu banyaknya prestasi yang diraih sekolah ini. Tak ayal, nilai rerata IIUN SMK Negeri 1 Tamansari selama enam tahun mencapai 98.14.

 

3. SMK Negeri 1 Pekanbaru Kota Pekanbaru, Riau

Mengenai Kurikulum 2013, SMK Negeri 1 Pekanbaru adalah salah satu sekolah pilot project. Membanggakan sekali, bukan? Nilai rerata IIUN sekolah ini selama enam tahun sebesar 96.24.

 

4. SMK Negeri 2 Klaten Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Tahukah Sobat, berapa nilai rerata IIUN SMK Negeri 2 Klaten? 100! Yeah, it's a perfect score! Isn't it amazing?

Sekolah ini diresmikan sebagai STM Negeri pada tahun 1965. Sekarang SMK Negeri 2 Klaten memiliki delapan kompetensi keahlian, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Pengecoran Logam, Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Audio-Video.

 

5. SMK Negeri 1 Cimahi Kota Cimahi, Jawa Barat

Tak seluruh SMK memiliki program belajar empat tahun, namun SMK Negeri 1 Cimahi adalah salah satunya. Nilai rerata IIUN sekolah ini selama enam tahun mencapai 99.27.

Kegiatan Belajar Mengajar SMK Negeri 1 Cimahi telah berlangsung sejak tahun 1974. Kini, sekolah ini memiliki kompetensi keahlian Produksi Film dan Program Televisi, Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mekatronika, Instrumentasi dan Otomatisasi Proses, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Otomasi Industri, Daya dan Komunikasi, Teknik Elektronika, serta Teknik Elektronika Industri.

 

6. SMK Negeri 2 Semarang Kota Semarang, Jawa Tengah

Pada awal berdirinya tahun 1951, sekolah ini merupakan SMEA Negeri Semarang. Dengan statusnya sebagai SMK Negeri 2 Semarang sekarang, sekolah ini berprestasi dengan nilai rerata IIUN 96.38.

 

7. SMK Negeri 4 Surakarta Kota Surakarta, Jawa Tengah

Tata Boga, Perhotelan, Tata Busana, dan Tata Kecantikan adalah kompetensi keahlian di sekolah yang berdiri tahun 1964 ini. Pada tahun tersebut, SMK Negeri 4 Surakarta dikenal sebagai Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas (SKKA) dengan satu jurusan saja, yaitu Kerajinan Batik.

Kini, dengan keempat kompetensi keahlian yang dimilikinya, SMK Negeri 4 Surakarta mampu mempertahankan nilai rerata IIUN pada angka 99.36 selama enam tahun. Memang layak menjadi salah satu yang terbaik ya, Sobat?

 

8. SMK Analisis Kesehatan Nasional Surakarta Kota Surakarta, Jawa Tengah

Pada awalnya, SMK Analisis Kesehatan Nasional Surakarta berdiri disebabkan oleh ditutupnya Sekolah Asisten Apoteker (SAA) Negeri pada 1973. Untuk mencukupi kebutuhan tenaga analisis kesehatan, Yayasan Pendidikan Farmasi Nasional (YPFN) mendirikan Sekolah Analisis Kesehatan.

Sekolah ini menunjukkan kualitasnya dengan mampu mempertahankan nilai rerata IIUN-nya pada 96.46. Meskipun SAA Swasta masih tetap ada, bukan tanpa alasan bila SMK Analisis Kesehatan Nasional menjadi primadona.

 

9. SMK Negeri 1 Magelang Kota Magelang, Jawa Tengah

SMK ini merupakan sekolah kejuruan favorit di Kota Magelang. Didirikan tahun 1965, SMK Negeri 1 Magelang sekarang berprestasi dengan rerata IIUN-nya yang mencapai 97.52.

 

Perlu dicatat, Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) akan terus berubah. Akan tetapi, kestabilan nilainya selama beberapa tahun menunjukkan konsistensi kualitas belajar mengajar yang tak sembarangan. Beruntunglah Sobat Pintar yang berada pada zonasi sekolah-sekolah diatas.

Lebih masukan Blog

Siapkan Diri untuk SM UNS

Sobat Pintar tak asing dengan sosok Kahiyang Ayu, bukan? Kahiyang Ayu adalah seorang alumnus...

6 Tips Meredam Ego dan Menjadi Lebih Dewasa

Setiap kita memiliki ego. Menurut Sigmund Freud, ego adalah bagian tak terpisahkan dari...

Menambah Komentar

Muhammad Divi Jaya Nuryanto 3 Bulan Lalu
SMK yang bagus di Malang apa ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
Muhammad Divi Jaya Nuryanto 3 Bulan Lalu
SMK yang bagus di Malang apa ya?
Harap sign in untuk melanjutkan.
S
salsa putri safira 3 Bulan Lalu
smk negeri 4 malang
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru