APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ini Daftar Jurusan Lengkap di Universitas Bangka Belitung (UBB) – Ada yang Baru!

UBB menerima mahasiswa baru di tahun akademink2023/2024 pada seluruh jurusannya.

Photo by Ivan Samkov on Pexels

Jurusan di Universitas Bangka Belitung (UBB) itu ada banyak dan beragam banget, Sobat Pintar. Jurusan-jurusan favorit yang sering dipilih calon mahasiswa pasti ada, dong. Bahkan UBB baru mendapatkan izin operasional Prodi Kedokteran di awal tahun 2023 ini. Kalau begitu, jurusan apa saja yang ada di Universitas Bangka Belitung? Yuk, kita cari tau.

 

Mengenal Universitas Bangka Belitung

universitas bangka belitung akreditasi
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Universitas negeri di Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ini resmi berdiri tanggal 12 April 2006. Pada awalnya, UBB menyatukan Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). Polman Timah kemudian terpisah sebelum UBB berstatus sebagai universitas negeri. Saat ini Universitas Bangka Belitung akreditasi B.

 

Pilihan Jurusan di Universitas Bangka Belitung

jurusan universitas bangka belitung
Photo by cottonbro studio on Pexels

Penasaran dong, apakah jurusan yang ada di UBB sekarang masih berada dalam bidang ilmu ketiga perguruan tinggi di atas? Di bawah ini selengkapnya fakultas dan jurusan di UBB, Sobat Pintar.

Fakultas Teknik

Terdapat 11 jurusan atau program studi di Fakultas Teknik UBB. Kesebelas jurusan UBB tersebut yaitu:

S1

D3

Teknik Mesin

Keperawatan

Teknik Elektro

 

Teknik Pertambangan

 

Teknik Sipil

 

Fisika

 

Kimia

 

Matematika

 

Teknologi Informasi

 

Arsitektur

 

Perencanaan Wilayah & Kota

 

Khusus untuk Fakultas Teknik, Teknik Sipil adalah jurusan di UBB dengan jumlah mahasiswa paling banyak, mencapai 400 orang di tahun 2023. Sementara itu, Arsitektur memiliki jumlah mahasiswa paling sedikit, dengan jumlah sebanyak 31 orang.

Fakultas Ekonomi

Pada awal berdirinya, Fakultas Ekonomi menaungi 3 jurusan di Universitas Bangka Belitung. Khusus untuk Program S1 FE, jurusan yang ada di UBB yaitu:

S1

Akuntansi

Manajemen

Ilmu Ekonomi

Bisnis Digital

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Ada tiga jurusan atau program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Ketiga jurusan Universitas Bangka Belitung yang menjadi bagian dari FISIP adalah:

S1

Sosiologi

Ilmu Politik

Sastra Inggris

Jumlah mahasiswa pada tiga jurusan yang ada di UBB tersebut berturut-turut adalah 211, 163, dan 161 orang. Adapun akreditasi jurusan, berturut-turut adalah B, Baik, dan C.

Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi

Fakultas ini terbilang unik karena jarang dijumpai ada di universitas-universitas lain. Disingkat FPPB, fakultas ini menaungi tujuh program studi S1 atau jurusan di UBB, yakni:

S1

Agribisnis

Agroteknologi

Akuakultur

Biologi

Ilmu Kelautan

Manajemen Sumberdaya Perairan

Perikanan Tangkap

Fakultas Hukum

Prodi S1 Ilmu Hukum UBB terakreditasi B oleh BAN PT. Terdapat empat peminatan di jurusan UBB ini, yaitu Hukum Pidana, Hukum Keperdataan, Hukum Tata Negara, dan Hukum Internasional.

Fakultas Kedokteran

Apakah di Universitas Bangka Belitung ada Jurusan Kedokteran? Sebagaimana telah disebutkan di awal, Prodi Kedokteran UBB baru dibuka tahun 2023. Selama beberapa angkatan pertama, jumlah mahasiswa baru Jurusan Kedokteran UBB dialokasikan sebanyak 40 orang. Menariknya, 16 mahasiswa baru SNBT tahun 2023 berasal dari Bangka Belitung. Jurusan Kedokteran UBB sendiri memiliki tingkat keketatan 5,88 persen di SNBT 2023.

Perkuliahan di Jurusan Kedokteran UBB mendapatkan pendampingan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (UNSRI) sekurang-sekurangnya selama enam tahun ke depan. Selain S1 Kedokteran, Fakultas Kedokteran UBB juga menaungi Pendidikan Profesi Dokter.

 

Jalur Masuk Universitas Bangka Belitung

jurusan yang ada di ubb
Photo by Yan Krukau on Pexels

Sebagai universitas negeri, UBB menerima mahasiswa baru melalui SNBP dan SNBT. Pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, UBB menerima 732 mahasiswa di Jalur SNBP dan 1001 mahasiswa di Jalur SNBT. UBB juga membuka seleksi mahasiswa baru di Jalur SMMPTN BARAT 2023. Tak sedikit calon mahasiswa Jurusan Kedokteran UBB yang menggunakan jalur seleksi ini loh, Sobat Pintar.

Total jumlah peminat Jurusan Kedokteran UBB di tahun 2023 saja sudah mencapai 500 pendaftar. Biaya kuliah UBB di Jurusan Kedokteran meliputi BKT sebesar Rp23.314.000,00 dan UKT berkisar antara Rp500.000,00 (Golongan 1) sampai Rp20.000.000,00 (Golongan 6).

Masa pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran Jalur Mandiri UBB saat ini sudah ditutup. Pengumuman kelulusan tahap verifikasi sudah dirilis pada 28 Juli 2023.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog