APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah di Universitas Jenderal Soedirman, Pilih Jurusan di SNBP dan SNBT dengan Tepat

Kenali dahulu apa saja pilihan jurusan dan akreditasinya masing-masing, serta peluang lolosnya di setiap jalur masuk, sebelum kuliah di Unsoed.

Photo by lil artsy: https on Pexels

Jurusan yang ada di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) itu boleh dibilang lengkap, Sobat Pintar. Kamu mau kuliah sains? Di sini ada. Mau belajar ilmu di bidang sosial humaniora? Bisa banget kuliah di Unsoed. Namun tunggu sebentar deh, kamu sudah tau tentang Unsoed atau belum sih? Universitas Jenderal Soedirman negeri atau swasta? Kalau kamu masih belum yakin dengan jawabanmu, yuk kita kenalan dahulu.

 

Tentang Universitas Jenderal Soedirman

universitas jenderal soedirman jurusan
Photo by Miguel Á. Padriñán on Pexels

Universitas di Purwokerto, Jawa Tengah, ini berdiri pada tahun 1963. Sebagai perguruan tinggi di bawah Kemendikbudristek, status akreditasi Unsoed saat ini adalah A. Dengan demikian, Unsoed memenuhi kelayakan untuk menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Berstatus sebagai PTN BH, Unsoed memiliki keleluasaan untuk mengelola aset serta keuangannya secara mandiri.

 

Daftar Jurusan di Unsoed dan Akreditasinya

jurusan universitas jenderal soedirman
Photo by Zhu Peng on Pexels

Pada awal berdirinya, Unsoed memiliki tiga fakultas. Jumlah tersebut sekarang sudah bertambah menjadi 12 fakultas. Berikut selengkapnya daftar jurusan di Unsoed dan akreditasinya pada tiap-tiap fakultas.

Pertanian

Di Universitas Jenderal Soedirman jurusan pertaniannya terdiri dari Program D3, S1, hingga S2. Khusus untuk Program D3 dan S1, pilihan jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Unsoed adalah sebagai berikut.

D3

Akreditasi

Agribisnis

B

Perencanaan Sumber Daya Lahan

B

S1

Akreditasi

Agribisnis

A

Teknik Pertanian

A

Agroteknologi

A

Teknologi Pangan

A

Biologi

Boleh dikata Biologi jarang berdiri sendiri sebagai sebuah fakultas, tetapi Unsoed memang beda, Sobat. Apa saja pilihan jurusan Universitas Jenderal Soedirman di Fakultas Biologi, khusus buat lulusan SMA sederajat?

D3

Akreditasi

Budi Daya Ikan

B

S1

Akreditasi

Biologi

A

Ekonomi dan Bisnis

Fakultas ini sepertinya tidak pernah kehilangan peminat di hampir semua perguruan tinggi. Ini dia, ragam jurusan di Universitas Jenderal Soedirman buat kamu peminat Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Program D3 dan S1.

D3

Akreditasi

Administrasi Bisnis

Unggul

Administrasi Perkantoran

B

Akuntansi

Unggul

Bisnis Internasional

Unggul

S1

Akreditasi

Ekonomi Pembangunan

Unggul

Manajemen

Unggul

Akuntansi

Unggul

Pendidikan Ekonomi

B

Peternakan

Peternakan juga berdiri sebagai sebuah fakultas di Universitas Jenderal Soedirman. Khusus pada Program D3 dan S1, apa saja jurusan Unsoed yang menjadi bagian dari Fakultas Peternakan?

D3

Akreditasi

Budi Daya Ternak

A

S1

Akreditasi

Peternakan

A

Ilmu Budaya

Di Unsoed jurusan humanioranya menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Budaya. Berikut ragam pilihan jurusan-jurusan tersebut.

D3

Akreditasi

Bahasa Inggris

B

Bahasa Mandarin

A

S1

Akreditasi

Sastra Inggris

A

Sastra Indonesia

A

Sastra Jepang

A

Pendidikan Bahasa Indonesia

B

Pendidikan Bahasa Inggris

Unggul

Hukum

Hukum adalah salah satu fakultas yang hampir pasti dapat dijumpai di berbagai perguruan tinggi, termasuk juga di Universitas Jenderal Soedirman. Jenjang Sarjana Prodi Unsoed di Fakultas Hukum hanya ada satu, yakni Hukum, yang saat ini terakreditasi A.

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, fakultas ini gudangnya ilmu-ilmu sosial. Bisa dipastikan FISIP menaungi banyak jurusan yang ada di Unsoed. Khusus untuk Program S1, berikut jurusan-jurusan yang dimaksud.

S1

Akreditasi

Sosiologi

A

Administrasi Publik

Unggul

Ilmu Komunikasi

A

Ilmu Politik

A

Hubungan Internasional

A

Kedokteran

Ada ga, di Universitas Jenderal Soedirman Jurusan Kedokteran? Ada dong, Sobat. Ada dua jurusan kedokteran Program S1 di Fakultas Kedokteran Unsoed.

S1

Akreditasi

Kedokteran (Pendidikan Dokter)

Unggul

Kedokteran Gigi

Unggul

Teknik

Siapa nih, yang punya cita-cita menjadi mahasiswa teknik? Sini, cari tau dahulu apa saja pilihan jurusan Universitas Jenderal Soedirman di Fakultas Teknik, Program S1.

S1

Akreditasi

Teknik Elektro

A

Teknik Sipil

Unggul

Teknik Geologi

B

Informatika

B

Teknik Industri

Baik Sekali

Ilmu-Ilmu Kesehatan

Di samping Fakultas Kedokteran, Unsoed juga memiliki Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Khusus pada Program S1, berikut ragam jurusan di Universitas Jenderal Soedirman yang dinaungi oleh fakultas ini.

S1

Akreditasi

Kesehatan Masyarakat

Unggul

Keperawatan

A

Farmasi

Baik Sekali

Ilmu Gizi

A

Pendidikan Jasmani

A

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jangan ngaku anak IPA kalau kamu enggak tertarik sama fakultas ini, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Mau tau apa saja jurusan yang ada di Universitas Jenderal Soedirman buat kamu? Berikut daftar Program S1 di FMIPA Unsoed.

S1

Akreditasi

Kimia

A

Matematika

A

Fisika

B

Perikanan dan Ilmu Kelautan

Ada tiga jurusan Unsoed yang menjadi bagian dari fakultas ini. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed menaungi Program S1 berikut.

S1

Akreditasi

Manajemen Sumberdaya Perairan

A

Akuakultur

Baik Sekali

Ilmu Kelautan

Unggul

Masa pendaftaran Seleksi Mandiri Unsoed, baik Jalur UTBK maupun nonUTBK, saat ini sudah ditutup. Pada SNBT 2023, jurusan Unsoed yang paling sepi peminat antara lain Fisika, Pendidikan Jasmani, Akuakultur, Ilmu dan Kelautan, Pendidikan Ekonomi, Manajemen Sumberdaya Pertanian, Sastra Jepang, Teknik Pertanian, serta Matematika. Sementara di SNBP, Keperawatan, Farmasi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Dokter, Hukum, Akuntansi, Informatika, Kesehatan Masyarakat, dan Ilmu Gizi adalah jurusan di Unsoed dengan peminat terbanyak.

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog