APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips Memahami Bacaan yang Panjang

Ada cara tertentu yang bisa diterapkan untuk membaca sekaligus memahami teks panjang dengan cepat.

Photo by Pixabay on Pexels

Pemahaman membaca itu bisa dipengaruhi oleh keadaan diri kita sendiri loh, Sobat Pintar. Terkadang bahasan yang mudah sekalipun menjadi sulit dicerna hanya karena kita merasa bosan, lelah, atau mengantuk.

Pernahkah kamu merasa penat atau bahkan mengantuk ketika diminta untuk memahami bacaan panjang? Selama membaca, otot mata kita bekerja keras. Semakin panjang teks, semakin lama otot mata kita fokus dan berkonsentrasi. Otak kita juga bekerja dengan menafsirkan kata atau kalimat setiap tulisan. Lelah yang bertumpuk-tumpuk mengakibatkan rasa kantuk itu sulit untuk dihindari.

Apalagi, terkadang kalimat atau kata-kata yang digunakan di dalam bacaan terbilang rumit. Penggunaan bahasa asing atau istilah-istilah yang jarang diketahui kebanyakan orang membuat bacaan menjadi lebih sulit untuk dipahami. Akibatnya, informasi yang kita serap tidak akan maksimal. Lalu bagaimana cara membaca dan memahami isi teks atau buku dengan cepat? Yuk, simak tips dan trik membaca teks panjang berikut, Sobat!

 

Pahami Judul dan Subjudul Teks 

cara memahami bacaan yang panjang
Photo by Dominika Roseclay on Pexels

Cara cepat membaca bacaan panjang, pertama-tama, adalah dengan memperhatikan judul dan subjudul teks terlebih dahulu. Judul dan subjudul dapat memberimu gambaran tentang topik, tujuan, dan arah pembacaan teks.

Setelah itu, periksa kata kunci dan frasa yang terkait dengan topiknya. Membaca judul bacaan suatu teks dapat membantumu lebih fokus pada isi teks, sehingga kamu akan lebih mudah memahami isinya meskipun teksnya panjang. Jika ada kata yang tidak dimengerti, catat dan cari tahu maknanya. Dengan menerapkan cara membaca yang efektif yang seperti ini, waktu yang dibutuhkan untuk membaca akan lebih singkat dan pemahaman kosakatamu juga bertambah! 

 

Gunakan Teknik Membaca yang Sesuai 

mengingat apa yang dibaca
Photo by Matias North on Unsplash

Agar dapat membaca sejumlah teks panjang dengan batasan waktu tertentu, dibutuhkan kemampuan untuk membaca dengan cepat. Nah, cara mudah memahami teks bacaan yang panjang dalam waktu yang terbatas adalah dengan menggunakan teknik membaca super cepat, yaitu skimming dan scanning.

Skimming merupakan teknik membaca sekilas. Dalam skimming, kita mengambil gagasan utama dari setiap paragraf saja dan melewati yang tidak penting. Cara cepat membaca bacaan panjang seperti ini adalah dengan memilih subbab tertentu, sesuai kebutuhan. Kita bisa menerapkan teknik skimming untuk membaca cepat tulisan yang belum dikenal dan dipahami sebelumnya.

Sedangkan scanning adalah teknik baca cepat, tetapi mendetail. Teknik membaca dengan cepat ini bisa diterapkan pada ulisan yang sudah pernah dikenali dan dibaca.

 

Usahakan Membaca Teks dengan Suara Pelan

membaca dan memahami isi teks atau buku
Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

Ada nggak, Sobat Pintar yang merasa lebih mudah memahami teks bacaan dengan membaca keras-keras? Sebagian orang memang tipe membaca keras, sebagian lagi auto membaca dalam hati. Namun jika ingin meningkatkan kemampuan baca cepat, usahakan membaca dengan suara pelan saja ya, Sobat! Pasalnya, kebiasaan menggerakkan bibir dan bersuara keras dapat melambatkan kecepatan membaca teks.

Membaca dengan suara keras biasanya dibutuhkan untuk tipe teks seperti puisi atau drama. Puisi dan drama adalah teks yang sengaja ditulis untuk dipentaskan, jadi sulit membaca teks semacam ini tanpa suara. Bahkan, membaca dengan suara keras dapat membantu pemahaman membaca teks puisi atau drama dengan lebih baik. Sulit membaca teks puisi atau drama dengan cepat kecuali kita sudah terbiasa membaca atau menulis kedua teks tersebut.

 

Terapkan Pengulangan

cara cepat membaca bacaan panjang
Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Jika sudah paham dan punya informasi yang cukup terkait teks yang dibaca, kita tinggal melakukan pengulangan saja, Sobat. Pengulangan membantu kita mengingat bacaan. Bahkan salah satu tips baca buku yang cukup penting adalah dengan mengulang isinya.

Pengulangan dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti menjelaskan ulang isi bacaan kepada orang lain atau melakukan resume di blog, catatan, ataupun diary pribadi. Kamu juga bisa melakukan perbandingan isi bacaan dengan teks serupa lainnya. Selain memperkuat pemahaman teks, mengulang isi bacaan juga dapat membantumu mengingat apa yang dibaca meskipun teks tersebut disajikan dalam bentuk yang cukup panjang.

Sampai sini dahulu materi mengenai cara memahami bacaan yang panjang ya, Sobat Pintar. Kamu bisa belajar materi Bahasa Indonesia yang lebih lengkap melalui aplikasi Aku Pintar di fitur Belajar Pintar.

 

 

Penulis: Kak Nia

Penyunting: Deni Purbowati

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog