APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Ini Ketentuan Baru SNBP 2024 – Update Penting!

Seleksi masuk kuliah jalur prestasi sudah di depan mata, persiapkan segala sesuatunya!

Photo by Vadim Bozhko on Unsplash

Aturan baru SNBP tahun 2024 udah keluar nih, Sobat Pintar! Dirjen Dikti Ristek sudah mewanti-wanti bahwa ada beberapa aturan SNBP 2024 yang berbeda dari SNBP tahun sebelumnya. Kamu mau ikutan seleksi jalur SNBP buat masuk kuliah di 2014? Kuy sekilidi eh, selidiki apa aja yang beda di SNBP kali ini, biar proses seleksi yang kamu ikuti nanti lancar!

 

Tentang SNBP 2024

ketentuan baru SNBP
Photo by StockSnap dari Pixabay

Pertama-tama, let's get the basics right, Sobat. Kamu tau dong, kalau SNBP itu kependekan. SNBP singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. SNBP adalah satu dari tiga jalur seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri. Dua jalur seleksi lainnya yaitu SNBT dan Seleksi Mandiri.

SNBP dan SBT sepenuhnya diselenggarakan oleh panitia SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru). SNPMB 2024 sendiri diikuti oleh 76 PTN akademik, 45 PTN vokasi, serta 24 PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dengan 3.417 prodi Sarjana, 604 prodi Sarjana Terapan/D4, dan 585 prodi D3. Ini artinya, kamu bisa memilih Program S1, D4, maupun D3 yang tersedia di PTN akademik dan PTN vokasi serta prodi-prodi umum di PTKIN melalui seleksi jalur SNBP.

 

Proses Seleksi Jalur SNBP di Sekolah

persyaratan snbp 2024
Photo by Judit Peter on Pexels

Namanya saja seleksi berdasarkan prestasi. Maka dari itu, persyaratan SNBP 2024 yang wajib dipenuhi adalah prestasi akademik dan/atau nonakademik. Prestasi akademik ditunjukkan dari nilai rapor selester satu sampai lima (tujuh bagi siswa SMK yang masa belajarnya empat tahun). Prestasi yang dinilai, baik akademik maupun nonakademik, adalah tiga terbaik.

Siswa yang memenuhi syarat SNBP disebut sebagai siswa eligible. Agar dapat disebut eligible, siswa dalam SNBP harus memenuhi persyaratan di bawah ini:

1. berprestasi unggul

2. WNI dan punya NIK

3. punya NISN serta terdaftar di PDSS.

4. nilai rapor sudah diisikan di PDSS.

5. mengunggah portofolio untuk prodi Olahraga; Seni Rupa, Desain, dan Kriya; Seni Tari; Seni Musik; Seni Karawitan; Etnomusikologi; Teater; Fotografi; Film Televisi; Seni Pedalangan; Sendratasik

6. kesehatan tidak mengganggu proses studi

7. punya prestasi akademik serta memenuhi persyaratan dari PTN yang dituju.

Pemeringkatan di sekolah juga turut menentukan apakah kamu eligible SNBP atau tidak. Bagaimana prosesnya? Nilai semua mapel di rapormu mulai semester satu sampai lima bakal dirata-rata. Sekolah bisa menambahkan kriteria pemeringkatan bila nilaimu sama dengan siswa lain. Sekolah dengan Kurikulum Merdeka dapat menggunakan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sebagai kriteria tambahan.

Berapa banyak siswa yang bisa mengikuti SNBP? Tergantung akreditasi sekolah masing-masing. Sekolah dengan akreditasi A berhak mengikutikan siswa eligible SNBP sebanyak 40% terbaik, akreditasi B sebanyak 25% terbaik, dan akreditasi C sebanyak 5 terbaik. Adapun PDDS, pengisian datanya dilakukan oleh sekolah.

 

Penilaian dan Ketentuan SNBP

aturan baru SNBP tahun 2024
Photo by Kaleidico on Unsplash

Seberapa besar peluangmu lolos di SNBP dipengaruhi juga oleh kuota yang tersedia di PTN yang dituju. Mengenai kuota minumum 2024, ketentuan SNBP kurang lebih sama seperti sebelumnya, yakni 20%. Artinya, PTN yang kamu tuju boleh menyediakan kuota yang lebih besar. Pada prinsipnya, seleksi jalur SNBP dilakukan dengan memperhitungkan:

1. nilai rapor serta prestasi lainnya

2. rekam jejak sekolah

3. lintas jurusan atau tidak

4. kriteria seleksi nasional serta kriteria dari PTN yang dituju.

Bagaimana jika, misal, prestasi nonakademikmu lebih menonjol? Apakah kamu masih bisa mengikuti SNBP? Menurut Permendikbud Ristek RI Nomor 48 Tahun 2022, ada dua komponen penilaian dalam seleksi jalur SNBP:

1. rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran bobotnya paling sedikit 50 persen

2. nilai rapor paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi bobotnya paling banyak 50 persen.

Tiap-tiap PTN dapat menentukan sendiri komposisi komponen pertama berapa persen dan komponen kedua berapa persen selama tetap mengikuti batasan di atas hingga mencapai total 100 persen. Setiap PTN juga menentukan sendiri apa prestasi yang dimaksud pada ketentuan SNBP di atas.

Pada dasarnya komponen penilaian seleksi jalur SNBP di atas memang bukan hal baru. Menurut portal SNPMB BPPP kemdikbud.go.id, jumlah pilihan prodi juga tak berbeda dari tahun sebelumnya. Kamu bisa memilih dua prodi dari satu atau dua PTN, dengan ketentuan:

- jika memilih dua prodi, salah satunya di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asal

- jika memilih satu prodi, kamu bebas memilih PTN di provinsi mana pun.

Seleksi dilakukan berdasarkan urutan prodi yang kamu pilih. Prodi yang berada di urutan pilihan pertama menjadi prioritas. Jika tidak lulus di pilihan pertama, kamu akan diikutkan seleksi pada prodi pilihan kedua.

 

Ketentuan Baru SNBP di 2024

siswa dalam SNBP harus
Photo by Ivan Samkov on Pexels

Sebagaimana telah disebutkan di awal, ada aturan baru SNBP tahun 2024 yang kamu harus tahu. Peserta SNBP yang lolos seleksi dilarang mengikuti SNBT dan Seleksi Mandiri. Aturan SNBP 2024 ini sebenarnya tidak membatasi peluang kita untuk kuliah di kampus negeri, melainkan mengajarkan kita untuk bertanggung jawab atas pilihan yang diambil.

Sebenarnya ketentuan baru SNBP ini juga berlaku untuk SNBT. Peserta yang lolos SNBT nanti juga dilarang mengikuti Seleksi Mandiri.

Bayangin, deh. Seandainya kamu lolos seleksi jalur SNBP dan berhak atas satu kursi di prodi A kampus X. Terus kamu ikutan SNBT dan lolos. Kamu pilih kuliah sesuai hasil SNBT itu. Kalau begitu, siapa yang bakal menempati kursimu di SNBP tadi? Kosong, kan? Sayang ga sih, karena teman kita yang lain sebenarnya bisa mendapatkan kesempatan kuliah di situ. Kampus juga dirugikan karena kuota mahasiswa barunya tidak terpenuhi. Kalau, misal, tahun depan kuotanya dikurangi, adik kelas kita deh yang dirugikan... hiks...

Maka dari itu, ikutan SNPMB-nya jangan pakai jurus coba-coba, ya! Mesti tahu betul bakat, minat, dan kemampuan kita di bidang apa biar enggak sampai salah pilih prodi. Adiffa Qur'annisa Buatan, Sobat Pintar kelas 11 SMA dari Kota Sorong, Papua Barat, awalnya download aplikasi Aku Pintar buat nyobain tes minat dan bakat saja. Eh, ternyata doi juga bisa nyari tau info berbagai jurusan dari berbagai universitas melalui satu aplikasi saja! Kamu juga bisa nyiapin pilihan prodi dan kampus buat seleksi jalur SNBP pakai aplikasi ini, loh!

 

Jadwal SNBP 2024


Photo by Elena Mozhvilo on Unsplash

Nah, sudah siap mengikuti pendaftaran SNBP 2024, Sobat? Jangan sampai ketinggalan, ini dia jadwal SNBP 2024.

Sumber: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Sekarang kamu udah tau kan, apa saja persyaratan SNBP 2024 serta bagaimana ketentuan baru SNBP dan SNBT yang akan diberlakukan? Kamu juga sudah mengantongi jadwal SNBP 2024, loh! Next, apa lagi yang mesti dikerjakan?

Jangan lupa masuk ke portal SNPMB BPPP kemdikbud.go.id untuk registasi akun SNPMB sesuai jadwal, Sobat Pintar. Wish you the best of luck di SNBP-nya, ya!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog