APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rumus Simpangan Baku Data Tunggal dan Kelompok, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap

Ayo mengenal apa itu simpangan baku, rumus simpangan baku, dan cara mencari simpangan baku beserta contoh soalnya!

Photo by Burak The Weekender on Pexels

Apa itu simpangan baku? Tau ngga, kalau materi tentang simpangan baku itu nyambung sama statistika? Selain mean, median, dan modus, ternyata masih banyak yang bisa kita pelajari dari statistika loh, Sobat Pintar!

Salah satu submateri dalam statistika adalah ukuran letak data. Bisa tebak ga, ukuran letak data terbagi menjadi berapa macam? Ukuran letak data itu ada jangkauan, simpangan kuartil, simpangan rata-rata, serta simpangan baku. Nah, kali ini kita belajar apa itu simpangan baku, yuk!

 

Pengertian Simpangan Baku

apa itu simpangan baku
Photo by RDNE Stock project on Pexels

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, simpangan baku erat kaitannya dengan rata-rata. Simpangan baku, atau bisa juga disebut dengan standar deviasi, digunakan untuk mengukur seberapa dekat masing-masing data dengan rata-ratanya. Kalau begitu, apa itu simpangan baku?

Mengenai pengertiannya sendiri, simpangan baku adalah ilmu statistika yang dimanfaatkan untuk mencari tahu kedekatan sebaran data pada sampel dengan rata-ratanya. Lebih sederhananya, apakah sampel data yang diambil mewakili seluruh populasi data atau tidak. Dengan begitu, peneliti bisa mengetahui tingkat homogenitas dari suatu data kelompok atau sampel datanya.

 

Rumus Simpangan Baku

cara menghitung simpangan baku
Photo by Anna Nekrashevich on Pexels

Sebelum belajar cara mencari simpangan baku dengan rumus, kita mesti tahu rumus simpangan rata-rata (varians) terlebih dahulu. Kenapa begitu?

Sobat Pintar, simpangan baku adalah hasil akar kuadrat dari varians. Apabila hasil nilai simpangan baku semakin besar, maka penyebaran datanya juga semakin besar. Akibatnya, tingkat homogenitasnya akan semakin rendah.

Kalau begitu, bagaimana cara menghitung simpangan baku? Cara mencari simpangan baku adalah dengan menentukan jenis datanya terlebih dahulu. Jenis data terbagi menjadi dua, yaitu data tunggal dan data kelompok.

Rumus Simpangan Baku Data Tunggal

Data tunggal merupakan data yang memuat satu jenis variabel dengan banyak data, umumnya kurang dari 30. Data tunggal dapat disebutkan datanya satu per satu. Data tunggal terbagi menjadi dua jenis, yaitu data sampel dan data populasi. Di bawah ini rumus simpangan baku data tunggal.


Photo by Aku Pintar

Rumus Simpangan Baku Data Kelompok

Data kelompok terdiri atas banyak data, biasanya di atas 30 data. Karena datanya terlalu banyak, data tersebut diubah terlebih dahulu menjadi tabel distribusi frekuensi. Sama seperti data tunggal, data kelompok  juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu data sampel dan data populasi. Rumusnya juga hampir sama dengan data tunggal. Berikut rumus simpangan baku data kelompok.


Photo by Aku Pintar

 

Contoh Soal Simpangan Baku (Standar Deviasi)

Contoh 1

Diketahui data dari populasi 20 siswa di suatu kelas : 10, 10, 10, 9, 8, 10, 6, 2, 5, 6, 10, 3, 3, 3, 6, 6, 10, 8, 10, 9. Simpangan bakunya adalah ….

Pembahasan

Cari nilai rata-ratanya terlebih dahulu:

Setelah tahu nilai rata-ratanya, maka langsung kita subtitusikan saja ke rumusnya ya, Sobat!

Contoh 2

Perhatikan tabel data berkelompok populasi suatu kelas berikut! 

Nilai simpangan bakunya adalah ….

Pembahasan

Pada contoh soal simpangan baku ini, kita perlu mencari nilai rata-ratanya terlebih dahulu. Untuk mempermudah perhitungan, kita gunakan bantuan tabel, ya! Kamu juga boleh menghitung dengan bantuan kalkulator kok, Sobat! Mantap kan, ya?

Berdasarkan tabel distribusi frekuensi di atas, dapat kita cari rata-ratanya dengan rumus berikut:

Berdasarkan tabel di atas, simpangan bakunya adalah:

Nah, kita belajar materi simpangan baku sampai sini dahulu ya, Sobat Pintar. Ternyata cara menghitung simpangan baku itu mudah, bukan? Kamu juga bisa langsung meluncur ke sini buat belajar tentang Jangkauan, Hamparan, dan Simpangan Kuartil.

 

 

 

Penulis: Kak Sophia

Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog