APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

4 Tips Lolos SNBP dengan Nilai Rapor

Pahami langkah-langkah penting dalam seleksi jalur prestasi akademik untuk masuk PTN.

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Nilai raport bagus itu penting banget kalau kamu mau masuk kuliah pakai jalur SNBP, Sobat Pintar. Kamu pasti sudah tau kan, bahwa salah satu strategi SNBP terbaik adalah mengikuti seleksi dengan nilai rapor yang bagus. Bisa dibilang nilai rapormu itu modal dasar buat masuk kuliah di jalur tanpa tes ini. Pertanyaannya, cara lolos SNBP dengan nilai rapor itu sebenarnya bagaimana?

 

1. Disiplin dan Konsisten Belajar Mandiri

cara meningkatkan nilai raport
Photo by RAMSHA ASAD on Unsplash

Belajar adalah koentji cara meningkatkan nilai raport. Idealnya nilai rapormu sudah bagus sejak kelas X untuk mengikuti SNBP, tetapi masih belum terlambat untuk memperbaikinya bila kamu belum puas dengan nilai seluruh mata pelajaran.

Belajar enggak kudu menunggu sampai ada guru ataupun teman. Kamu bisa belajar secara mandiri, apalagi sekarang sudah ada Belajar Pintar yang bisa membantumu mengakses banyak materi pelajaran yang dibutuhkan. Kamu juga bisa menggunakan Ruang Pintar kalau merasa kesepian saat belajar sendiri di rumah. Boleh banget kok, bikin diri kamu sendiri merasa nyaman belajar agar misi meningkatkan nilai rapor itu tercapai.

 

2. Pahami Komponen Seleksi dalam SNBP

cara lolos snbp dengan nilai rapor
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Pada proses seleksi di tahun-tahun sebelumnya (SNMPTN), nilai dari mapel-mapel tertentu seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan mapel yang relevan dengan jurusan pilihanmu sangat diperhitungkan. Di SNBP 2023, enggak cuma nilai rapor semester 1-5, tetapi nilai mata pelajaran pendukung juga menentukan. Bila masih digunakan sebagai salah satu komponen penilaian pada SNBP yang akan datang, pastikan nilai rapor pada mapel-mapel pendukung yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud tersebut bagus ya, Sobat. Kalau mau masuk jurusan Kimia, misalnya, kamu butuh nilai rapor yang bagus dari mapel Kimia dan/atau Matematika.

Penilaian SNBP 2023 enggak cuma dari mapel pendukung, tetapi juga mencakup portofolio dan/atau prestasi akademik lainnya. Bobot penilaian seluruh komponen ini antara nol persen sampai 50 persen. Komponen sisanya dan kriteria penilaian lainnya, termasuk nilai rata-rata rapor semester 1-5, sampai keputusan hasil SNBP sepenuhnya menjadi otoritas PTN yang dituju.

 

3. Mengikuti Saran dan Arahan Guru

nilai seluruh mata pelajaran
Photo by  Hữu Thanh Cái on Pixabay

Salah satu cara mendapatkan nilai yang bagus adalah dengan menjadi siswa yang baik. Misalnya, jangan suka bolos sekolah karena kehadiran dapat memengaruhi bahkan, mungkin saja, mengubah nilai rapor. Bila ada materi pelajaran yang kurang dipahami atau membutuhkan bantuan guru, jangan segan bertanya.

Saat kamu sudah membulatkan tekad akan mengikuti SNBP, konsultasikan dengan Wali Kelas dan ikuti arahan beliau. Kamu mau tau nilai raport di ambil dari nilai apa saja? Konsultasikan dengan beliau. Bila perlu, kamu bisa minta bantuan beliau atau guru favoritmu untuk menganalisis nilai rapor semester 1-5. Bila ada pemeringkatan di sekolah untuk menyaring peserta SNBP, ikuti prosesnya dengan sebaik-sebaiknya.

 

4. Siapkan Plan B dan C selain SNBP

cara mendapatkan nilai yang bagus
Photo by Christiano Sinisterra on Pexels

Untuk saat ini, kamu bisa menghitung nilai rapor dari semester 1-5 sendiri, kan? Dari perkiraanmu serta hasil analisis dan konsultasi dengan guru-guru di sekolah, apakah nilai rapormu itu sudah siap "diadu" di SNBP? Ingat, ada ratusan ribu peserta SNBP dan nilai rapormu bersaing dengan nilai rapor mereka.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk menyiapkan plan B atau rencana cadangan setelah SNBP. Di jalur tes atau SNBT, nilai raport bagus memang takkan berpengaruh. Namun bukan berarti juga kamu enggak belajar dengan tekun, dong! Justru sebaliknya, kamu mesti meningkatkan nilai rapor sekaligus belajar untuk persiapan UTBK.

Selain SNBP dan SNBT, masih ada Seleksi Mandiri buat masuk PTN. Di Seleksi Mandiri, biasanya ada jalur prestasi yang juga bakal membutuhkan nilai seluruh mata pelajaran di rapormu. Nah, enggak pernah ada ruginya kan, kalau nilai rapormu itu bagus?

Kalau begitu, balik lagi ke square one, Sobat Pintar. Cara lolos SNBP dengan nilai rapor adalah dengan belajar dan belajar, terutama secara mandiri. Terus, jangan sampai ketinggalan update segala informasi tentang SNBP, terutama jadwal dan komponen penilaiannya. Bertanyalah pada guru di sekolah bila ada informasi penilaian SNBP dari PTN yang kamu tuju. Selama proses seleksi, kamu bakal butuh bantuan dari banyak pihak di sekolah. Sambil mengikuti prosesnya, jangan lupa rencanakan langkah-langkahmu berikutnya setelah SNBP. Yang terakhir, dan yang terpenting, terus berdoa, ya!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog