redesain-navbar Portlet

Blog

Internet Susah/Lemot Saat Mengajar Online? Atasi dengan Cara Berikut Ini!

3 tips atasi masalah jaringan saat mengajar online

Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Banyak kendala yang ditemui baik guru maupun siswa saat belajar online. Kendala pembelajaran online yang dihadapi diantaranya adalah rasa jenuh yang melanda guru dan siswa, terbatasnya interaksi, gagap teknologi, jaringan internet yang bermasalah, dan lain sebagainya. Keluhan belajar online ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Masalah Pendidikan tidak dapat dianggap sepele karena menyangkut masa depan bangsa.

Kendala pembelajaran daring yang sampai saat ini sangat sering dikeluhkan baik oleh guru maupun siswa adalah masalah jaringan saat mengajar. Internet lemot saat mengajar dapat mengganggu proses belajar mengajar dan dapat berpengaruh pada tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Bagaimana caranya mengatasi masalah jaringan yang kerap muncul saat mengajar online?

1. Memilih aplikasi penunjang yang tidak membutuhkan internet kuat

Atasi masalah jaringan saat mengajar online
Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels

Saat mengajar online, Guru Pintar biasanya menggunakan sistem pembelajaran campuran atau blended learning. Sistem pembelajaran campuran memadukan pola belajar sinkron dan asinkron. Pembelajaran sinkron untuk menerangkan konsep dan menjaga interaksi supaya tetap terjalin komunikasi aktif antara guru dan siswa. Sedangkan pembelajaran asinkron untuk memberi kesempatan siswa mengerjakan tugas, mengeksplorasi pengetahuan secara lebih mendalam secara mandiri.

Pembelajaran sinkron secara daring/online membutuhkan jaringan internet yang cukup kuat karena menggunakan aplikasi-aplikasi video conference. Jika jaringan internet lemot, maka video dapat tiba-tiba berhenti atau suara yang putus-putus. Permasalahan teknis seperti ini menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif dan siswa tidak akan menyerap informasi yang disampaikan oleh Guru Pintar secara utuh.

Yang dapat Guru Pintar lakukan adalah mengubah moda belajar atau aplikasi belajar yang tidak membutuhkan internet yang besar. Misalnya mengganti aplikasi pembelajaran sinkron yang biasanya menggunakan aplikasi video conference dengan whatsapp atau telegram. Guru Pintar juga dapat menerangkan konsep pembelajaran melalui video live melalui media sosial seperti Instagram, di mana siswa tetap dapat berinterksi dengan guru.

2. Mengubah strategi belajar


Foto oleh Monstera dari Pexels

Tips mengatasi internet susah saat mengajar lainnya adalah mengubah strategi belajar. Misalnya membatasi jumlah pembelajaran sinkron dan mengganti dengan pembelajaran berbasis proyek yang lebih banyak memberi kesempatan siswa bereksplorasi, melakukan eksperimen, dan menghasilkan sesuatu. Dengan demikian akan terbentuk karakter siswa yang mandiri.

Apa peran Guru Pintar jika pembelajaran menggunakan strategi ini? Guru Pintar merupakan mentor atau coach yang akan membimbing dan mengarahkan siswa. Berikan kesempatan siswa untuk dapat berkonsultasi baik itu melalui telepon atau pesan. Supaya lebih disiplin, Guru Pintar tentukan waktu kapan siswa dapat berkomunikasi misalnya pukul 07.00-15.00.

Strategi lain yang dapat Guru Pintar terapkan adalah dengan memanfaatkan aplikasi asinkron semaksimal mungkin untuk mengunggah materi pembelajaran. Sehingga waktu pembelajaran sinkron dapat dimaksimalkan untuk membahas masalah yang penting saja. Dengan demikian masalah internet lemot atau kuota mahal dapat diminimalisir karena tidak harus melakukan kegiatan yang membutuhkan jaringan kuat setiap hari.

3. Memilih provider yang tepat


Foto oleh ThisIsEngineering dari Pexels

Banyak sekali provider yang mengklaim mampu menyediakan jaringan internet stabil. Guru Pintar jangan sampai termakan iklan. Guru Pintar harus memastikan bahwa provider yang akan dipilih benar-benar bagus. Terkadang ada provider yang mampu memberikan layanan bagus di suatu area, tetapi tidak di area lainnya. Oleh karena itu Guru Pintar harus selektif dalam memilih provider.

Bagaimana caranya? Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai provider yang akan dipilih. Guru Pintar dapat bertanya melalui customer service secara online, atau mendatangi kantor dan bertanya secara langsung. Cara lainnya adalah dengan bertanya pada orang sekitar yang telah menggunakan provider tersebut. Dengan informasi yang didapat, Guru Pintar dapat memutuskan provider mana yang paling tepat sehingga mengajar online tak lagi terhambat.

Nah Guru Pintar, jangan sampai masalah internet membuat pembelajaran menjadi macet. Dengan menerapkan solusi pembelajaran di atas, koneksi internet saat mengajar tidak akan menjadi masalah lagi.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet