PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Jadwal Seleksi Mandiri, photo via summerspringboard.com

Jadwal Seleksi Mandiri 2019

Perkiraan waktu Seleksi Mandiri membatu persiapan lebih baik.

Selain SNMPTN dan SBMPTN yang penuh hal-hal baru setiap tahunnya, Sobat Pintar masih punya kesempatan masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri. The test is very distinctive, varied from one university to another, including the specific name each university uses. Kalau di UI Seleksi Mandirinya bernama Simak UI, UGM beda lagi – UM UGM, misalnya.

Oleh karena sifatnya yang cukup eksklusif, alangkah baiknya bila Sobat Pintar tak terlupa memastikan jadwal ujian pada kampus pilihan. Namun sebagai gambaran, Aku Pintar mengacu pada um.ujiantulis.com untuk memprediksi waktu pelaksanaan Seleksi Mandiri – seperti berikut ini.

 

Diawali pada Bulan April, Sudah Tahukah Sobat?

Wherever you are now, get ready for April. Pada bulan ini, pendaftaran Seleksi Mandiri akan dimulai pada banyak PTN. Catat baik-baik ya, jangan sampai Sobat Pintar melewatkan bulan penting ini.

 

Mei, Ujian Mulai Dilaksanakan – Sobat Pintar Sudah Siap?

Bulan berikutnya, yaitu bulan Mei, Ujian Mandiri akan mulai dilaksanakan di beberapa PTN. Di Universitas Indonesia, Simak UI terjadwal untuk Vokasi (D3), S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional. Di Universitas Padjadjaran, Ujian Mandiri akan dilangsungkan untuk S1 Kelas IUP.

Selain kedua universitas besar tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia juga menjadwalkan UM/SM UPI pada bulan Mei. Khusus di UPI, Seleksi Mandiri 2019 akan dilaksanakan dengan data nilai SBMPTN 2019.

Sobat Pintar yang berencana kuliah di UIN, pelaksanaan ujian masuknya kemungkinan besar pada bulan Mei juga. Don't miss it!

 

Bulan Juli, Lebih Banyak Lagi Seleksi Mandiri yang Dijadwalkan

Kebanyakan PTN menjadwal Seleksi Mandiri pada bulan Juli. Simak UI pada bulan ini dijadwalkan untuk S1 Ekstensi dan S1 Paralel lulusan D3. UM Undip, UM UGM, UM Unnes, SMM Unila, SMM Unib, SMM ISI, SMM UPR, SPMB PKN STAN, USMB Unsri, UTMI IPB, SM UNY, SM UPN Veteran Yogyakarta, dan SPMB Unesa untuk D3 dan S1 juga pada bulan Juli.

Pada bulan yang sama, dijadawalkan pula pengumuman Seleksi Mandiri di UI untuk Vokasi/D3, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional. Pengumuman Seleksi Mandiri di Undip, UGM, Unair, ISI, UNJ, Unsri, dan UNY juga pada bulan ini.

 

Masih ada Ujian Lagi Dibulan Agustus, Selain Pengumuman

Universitas Diponegoro masih mengadakan ujian pada bulan Agustus untuk Vokasi/D3 dan Sarjana Terapan. Selain Undip, UIN Walisongo juga menjadwalkan Seleksi Mandiri pada bulan Agusuts.

Anyway, August will be the most expected month as you will get your test result. Jika Sobat Pintar mengikuti SIMAK UI, UM Undip, SPBM PKN STAN, SM UIN Walisongo, SM UNY, dan SPMB Unesa, pengumuman hasil ujian akan dilaksanakan pada bulan Agustus.

 

Walaupun sekedar perkiraan atau gambaran, setidaknya Sobat Pintar sekarang tahu kapan harus memeriksa jadwal Seleksi Mandiri pada kampus impian. Banyak yang harus dikerjakan selama bulan-bulan kedepan, ya? Keeping a timetable may be a good idea to keep yourself organized. Tetap semangat, Sobat Pintar!

Lebih masukan Blog

Makan Sayur? Ini 5 Kode Warnanya

Meskipun gaya hidup dan pola makan vegetarian semakin menarik bagi sebagian kalangan, makan...

Kenapa Pilih Jurusan Kuliahmu Sendiri? Ini 5 Alasannya

Some people find it natural to make a decision, but for others it's almost like an...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru