redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jaga Nilai Sekolah dengan 5 Tips Belajar di Rumah Ini

Belajar dari rumah secara maksimal dapat menjaga nilai sekolah tetap baik.

Jaga Nilai Sekolah, image via www.latrobe.edu.au

Berkaca pada Sobat-Sobat yang mengikuti SNMPTN 2020, mereka tak mengalami sejeda masa penuh ketidakpastian ketika UTBK 2020 dijadwal ulang akibat pandemi. Tapi mengikuti SNMPTN membutuhkan nilai rapor yang baik, bukan? Bagaimana kalau kita sendiri masih berjuang mempertahankan setiap nilai tugas, bahkan dari rumah sekalipun?

Tenang, Sobat. Coba lihat beberapa tips berikut ini agar nilai sekolahmu tetap terjaga sambil terus belajar dari rumah.

 

1. Jangan Bolos

Kita cenderung mengasosiasikan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai dan istirahat. Memang butuh waktu untuk mulai menyesuaikan bahwa kita juga punya jadwal kelas maya di rumah. Tapi bukan berarti kebiasaan baru ini memberi kita hak untuk bolos kelas, Sobat! Just do your best to not skip classes.

 

2. Perhatikan Setiap Guru

Idealnya, guru tidak membebanimu dengan setumpuk tugas tanpa bimbingan. Tapi boleh jadi, dalam keadaan belajar jarak jauh seperti sekarang, setiap guru menerapkan cara mengajar yang berbeda. Tak semua guru akrab dengan teknologi saat mengajar. As a tech savvy generation, why don't we try to understand them?

Tak perlu dibawa sewot, Sobat. Take it easy. Ikuti saja setiap kelas dengan ringan. Usahakan sebaik mungkin untuk memenuhi tenggat waktu tugas. Kalau perlu, bantu gurumu yang mengalami kesulitan menggunakan teknologi. It's once in a lifetime experience, isn't it?

 

3. Rapikan Meja Belajar dan Kegiatan Sehari-Hari

Seandainya kegiatan sehari-hari kita berada di atas meja belajarmu, seperti apa keadaannya, Sobat? Rapi dan teratur atau kececeran dan berantakan? Saat meja belajar berantakan, bagaimana rasanya ketika hendak mulai belajar? Jadi lebih bersemangat atau justru ogah-ogahan?

Kalau selama ini kita terbiasa dengan jadwal sekolah, sekaranglah saatnya untuk memiliki jadwal sendiri. Buatlah jadwal untuk kelas maya, belajar secara mandiri, membantu orang tua, hingga waktu istirahat. Semakin rapi kita mengatur kegiatan kita, semakin banyak hal yang dapat kita tuntaskan – entah itu tugas sekolah atau game favorit.

 

4. Work Hard to Play Hard

Agar kita punya waktu untuk menikmati bermain game favorit, pertama-tama kita harus punya waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas. Itulah sebabnya, sebisa mungkin jangan menunda-nunda mengerjakan tugas, Sobat. Semakin cepat tugasmu tuntas, semakin banyak waktumu untuk mengerjakan hal-hal menyenangkan yang lain.

Salah satu trik untuk menuntaskan tugas adalah dengan mengerjakannya sedikit demi sedikit. Misalnya Sobat Pintar diharuskan menulis esai 10 lembar, kerjakan satu lembar saja setiap harinya. Fokus dulu pada satu lembar itu setiap hari, maka tak terasa tugas esai 10 lembar itu akan selesai juga.

 

5. Berlatih Soal

Jika gurumu tak memberi terlalu banyak tugas, lucky you! Jadi lebih banyak waktu untuk main game? Eitts, tunggu dulu, Sobat. Kenapa tak gunakan gadget-mu untuk mengakses soal-soal latihan di Belajar Pintar?

Bukan hanya materi pelajaran yang mudah untuk dipahami, Belajar Pintar juga menyediakan soal-soal latihan. Nanti bila ada PAS yang harus dikerjakan dari rumah, Sobat Pintar sudah terbiasa berhadapan dengan soal ujian.

 

Dengan persiapan yang matang, nilai sekolah tak perlu lagi membuatmu khawatir, Sobat. Belajar dari kejadian tahun ini, tak ada salahnya mempersiapkan diri mengikuti SNMPTN ditahun-tahun depan, bukan? So, keep doing your best and hoping for the best.

140

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp