CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jangan Galau, Ini Info Lengkap tentang Jurusan Periklanan

Kenali lebih akrab tentang kuliah di Jurusan Periklanan.

Kamu suka memanfaatkan jeda commercial break acara televisi favoritmu untuk mengambil cemilan di dapur atau menyelesaikan hajatmu di kamar mandi, Sobat? Hampir semua orang bersikap cuek dengan yang namanya iklan, tanpa menyadari bagaimana setiap aspek hidup kita pada era ini telah dipengaruhi oleh iklan.

Coba perhatikan, kamu pakai nama produk apa saat beli air mineral kemasan, Sobat Pintar? Itu saja sudah membuktikan kalau kamu adalah korban iklan.

Kebayang gak, kalau kamu bisa bikin orang lain melabel sesuatu dengan nama produk yang kamu iklankan? Ya, dengan kuliah di Jurusan Periklanan.

 

Macam Ragam Jurusan Periklanan di Perguruan Tinggi


Photo by Will Francis on Unsplash

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Jurusan Periklanan, ada baiknya kita kupas sekilas tentang jurusan-jurusan lain yang bersinggungan dengan periklanan. Kali-kali aja nih, jurusan-jurusan lain tersebut lebih cocok sama minatmu.

Kalau di jenjang S1, Periklanan biasanya menjadi salah satu program keahlian mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Beberapa universitas menempatkan jurusan ini pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Selain pada ruang lingkup FISIP, Periklanan juga menjadi topik penting pada Jurusan Desain Komunikasi Visual yang berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain. Tak hanya berkonsentrasi pada seni desain, jurusan ini juga memberi wawasan tentang bagaimana supaya hasil desain bisa diterima sesuai dengan tujuan pembuatannya. Di sinilah ilmu tentang Advertising atau Periklanan juga diperlukan, hingga ada pula Jurusan DKV Creative Advertising.

Bila kamu melanjutkan studimu ke Politeknik, baik pada jenjang D-III maupun D-IV, seluk-beluk advertising diajarkan di jurusan yang biasanya disebut sebagai Teknik Periklanan atau Periklanan saja.

Nah, apakah kamu memang lebih tertarik pada commercial break daripada acara televisi, Sobat Pintar? Alternatif pilihan jurusan di atas bisa dipertimbangkan untuk belajar tentang Periklanan.

 

Jurusan Komunikasi Advertising dan Lulusannya


Photo by Marjan Blan | @marjanblan on Unsplash

Bila minatmu lebih berat pada bobot advertising atau periklanannya dibanding teknik desain, Ilmu Komunikasi adalah pilihan yang lebih baik pada jenjang S1. Konsentrasi jurusan ini tak hanya pada periklanannya (advertising), tapi juga menyertakan pemasaran (marketing). Di jurusan Komunikasi Advertising, kamu akan bertemu dengan mata kuliah Sosiologi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Etika Periklanan, Produksi Media Komunikasi Visual, hingga Teknik Kamera Video dan Editing. Komplit, bukan?

Selama kuliah Komunikasi Advertising, pelan-pelan kamu akan memahami bagaimana iklan disampaikan kepada publik. Melewati baliho saat melintas di jalan, atau menerima flyer saat jalan-jalan di mall, hingga melihat iklan produk di media sosial akan menjadi hal serius sehari-hari yang bisa memicu analisismu.

Bekal ilmu komunikasi, pemasaran, dan periklanan menjadikanmu tahu tentang banyak hal. Karena luasnya cakupan keilmuan pada jurusan ini, ada banyak profesi yang ditawarkan bagi lulusannya. Sebut saja account executive yang mengatur strategi pemasaran, copywriter yang bertanggung jawab pada konten iklan, atau art director yang ahli dalam hal desain dan seni periklanan.

 

Kuliah Advertising di Indonesia


Photo by Vanilla Bear Films on Unsplash

Kembali pada beragamnya Jurusan Periklanan yang telah dibahas sebelumnya, setiap perguruan tinggi memiliki perbedaan dalam hal mengelola dan memberi nama jurusannya. Namun karena hampir setiap universitas memiliki FISIP, dan tentunya Seni Rupa, kamu bisa kuliah Advertising di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, atau Universitas Sebelas Maret.

Beberapa universitas swasta juga menawarkan Jurusan Periklanan, seperti Universitas Esa Unggul, London School of Public Relations, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Kristen Petra, dan masih banyak lagi.


 

Jadi, apa kamu siap menggusur brand favorit air mineral kemasan dengan nama yang lebih populer, Sobat Pintar? Mantapkan langkahmu di untuk kuliah Periklanan dengan terlebih dahulu mengetahui potensi dan kemampuanmu di Minat Pintar.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog