PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Ovita

Kamu Perlu Tahu: Jurusan atau Program Studi di Universitas Multimedia Nusantara

Dunia Kampus

Dikenal sebagai kampusnya para YouTuber, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebenarnya tak hanya melahirkan calon-calon content creator. Meskipun tak bisa dipungkiri, nama-nama beken seperti Kevin Anggara, Martha Patricia, atau Chandra Liow adalah sebagian dari alumninya, UMN sebenarnya punya jurusan-jurusan lain yang tak kalah menterengnya dibanding DKV.

 

Teknik Informatika

Sarjana Komputer (S.Kom) UMN nantinya akan lulus dengan kecakapan computer science dan software engineering. Selain cakap dibidangnya, S.Kom UMN juga dibekali dengan critical thinking, analytical thinking, self learning, teamwork, interpersonal skill, work ethics,dan keterampilan-keterampilan lain yang mendukungnya untuk bekerja.

Kamu yang berasal dari kelas SMA IPA, SMK Teknik Informatika, dan SMK Teknik Komputer bisa masuk kejurusan ini. Lulusan Teknik Informatika UMN banyak yang kemudian berprofesi sebagai Network Programmer, Computer System Engineer, Software Engineer, dan masih banyak lagi.

 

Sistem Informasi

Jika kamu ingin menjadi System Analyst, Database System Engineer, Web Developer, ataupun profesi lain dibidang serupa, kuliah di Jurusan Sistem Informasi bisa menjadi langkah awal yang baik. Sistem Informasi (SI) UMN memiliki kurikulum yang membuat mahasiswanya cakap dalam mengintegrasikan Information and Communication Technology (ICT) kedalam proses bisnis. Dengan kata lain, alumni SI UMN dapat merancang sistem berbasis data, menciptakan sistem infrastruktur, mengembangkan application tools, hingga merancang dan membangun smart system.

Asyiknya, jurusan ini terbuka buat kamu dari kelas SMA IPA maupun IPS. Kamu yang dari SMK Teknik Informatika maupun Teknik Komputer dan Jaringan juga boleh banget masuk ke Jurusan Sistem Informasi.

 

Manajemen

Jangan berpikir tentang ilmu manajemen yang sudah usang di kampus-kampus. Manajemen UMN akan membuatmu melek ICT sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan bisnis dengan cara yang berbeda – kecakapan istimewa yang akan kamu butuhkan saat menjadi manajer kelak.

Manajemen UMN memiliki tiga peminatan: Human Resource Management, Marketing Management, dan Finance Management. Jurusan ini terbuka buat kamu dari kelas SMA IPA dan IPS. Kalau kamu dari SMK, program keahlian yang sesuai untuk kuliah Manajemen adalah Bisnis dan Keuangan.

 

Akuntansi

Jurusan Akuntansi UMN juga menawarkan tiga peminatan, yaitu Auditing, Taxation, dan Accounting Information System. Lagi-lagi, Sarjana Ekonomi dari Jurusan Akuntansi UMN juga akan cukup melek ICT. Jika ingin kuliah dijurusan ini, sebaiknya kamu berangkat dari SMK Bisnis dan Keuangan. Pelajar dari kelas SMA IPA ataupun IPS juga sama-sama bisa kuliah di Akuntansi UMN. Alumni Akuntansi UMN banyak yang menjalani profesi sebagai Accounting Manager, konsultan pajak, perencana keuangan, hingga auditor profesional.

 

Ilmu Komunikasi

Jurusan yang terbuka bagi kamu dari kelas SMA IPA, IPS, maupun Bahasa ini memiliki dua peminatan, yaitu Multimedia Journalism dan Multimedia Public Relation. Oleh sebab itu, tak jarang jurusan ini lebih dikenal sebagai Multimedia Communication. Alumninya banyak dijumpai pada berbagai profesi seperti Marketing Communication Executive, PR Executive, TV Program Producer, ataupun jurnalis. Jika suka berinteraksi dengan banyak orang, kamu tentu bakal betah kuliah tentang Ilmu Komunikasi.

 

Sistem Komputer

Bagi kamu yang ingin menjadi System Designer, Computer Network Administrator, System Programmer, Computer Network Designer, atau semacamnya, pertimbangkan untuk kuliah di Jurusan Sistem Komputer (SK). Jurusan ini akan mengajarimu tentang perancangan sistem komputer dan pengembangan mobile technology. Nantinya, kamu dapat merancangan dan membangun jaringan komputer serta komunikasi data. Bahkan, alumni jurusan ini juga cakap dalam merancang berbagai perangkat berbasis teknologi digital.

Maka pastinya, kamu harus berasal dari kelas SMA IPA. Kalau dari SMK, jurusan ini terbuka bagi lulusan Teknik Komputer dan Jaringan.

 

Desain Komunikasi Visual

Jurusan yang banyak diminati Gen Z ini juga ada di UMN. Malahan, peminatannya ada empat: Desain Grafis, Animasi, Digital Cinematography, dan Interactive Media Design. Sama seperti Ilmu Komunikasi, DKV terbuka untuk semua kelas, baik IPA, IPS, maupun Bahasa. Jika berangkat dari SMK, tak ada persyaratan khusus untuk menjadi mahasiswa DKV asalkan program keahlianmu mengajarkan teknik menggambar.

Selain menjadi YouTuber sebagaimana telah disinggung diawal, alumni DKV UMN sebenarnya punya pilihan profesi yang lain juga, kok. Visual Effect Artist, Illustrator, 3D Animation Executive, Animator, Script Writer, Movie Director, Art Director, ataupun Graphic Designer adalah pilihan-pilihan profesi yang terbuka lebar bagi alumni DKV UMN.

 

Selain jurusan-jurusan yang futuristik – cukup techology friendly dalam mempersiapkan mahasiswanya menyongsong masa depan – Universitas Multimedia Nusantara juga menawarkan fasilitas yang tak kalah futuristiknya. Lihat saja Gedung New Media Tower yang berbentuk sarang Pterodactyl di Scientia Square Park. Pula, fasilitas kampus yang lengkap dengan 16 lab komputer, studio TV, stasiun radio, studio fotografi, dan lain sebagainya.

Lebih masukan Blog

Kenali Lebih Dekat: Universitas Prasetiya Mulya

Perjalanan panjang Prasetiya Mulya sejak berdiri pada tahun 1982 berakhir dengan Keputusan...

Ikut Organisasi Kampus: Pentingkah?

Tak sedikit anjuran agar kamu mengikuti organisasi atau unit kegiatan mahasiswa di kampus....

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru