CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

Politeknik di Kota Surabaya ini membuka Program D3 dan D4/Sarjana Terapan.

politeknik elektronika negeri surabaya, Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Surabaya. Iya, Sobat Pintar. Kota pahlawan ini punya beberapa perguruan tinggi negeri, dan satu diantaranya adalah politeknik akreditasi A ini. Asal kamu tahu, Sobat. Politeknik negeri ini pernah menjadi bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) selama 24 tahun sampai 2012, ketika statuta baru ITS berlaku.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menjadi nama resmi kampus ini sejak tahun 1996 setelah beberapa kali mengalami perubahan nama. Lebih sering disebut PENS Surabaya, politeknik Surabaya ini memiliki reputasi yang baik di dunia robotik. PENS Surabaya tercatat memenangkan Kontes Robot Indonesia (KRI) 12 kali berturut-turut! Kalau kamu suka relate robotika dengan Jepang, PENS ternyata juga begitu, Sobat.

Sejak awal berdirinya, PENS memiliki kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). Banyak dosen PENS Surabaya yang melanjutkan studi di Jepang dan JICA juga mengirimkaan ahli-ahli teknologi dari Jepang ke PENS Surabaya.

Sebagai sebuah institusi pendidikan vokasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya membuka Program D3 dan D4/Sarjana Terapan. Jangan ditanya tentang fakultas di PENS ya, Sobat Pintar. Alih-alih fakultas, politeknik negeri ini menaungi empat departemen, yaitu Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Departemen Teknik Mekanika Energi, serta Departemen Teknologi Multimedia Kreatif.

Seluruh jurusan atau prodi PENS berada di bawah departemen yang relevan dengan bidangnya masing-masing. Pilihan jurusan di PENS sendiri sangat beragam. Karena kalian juga sudah tahu akreditasi PENS di awal tadi, berikutnya kita kepoin jurusan di PENS dan akreditasinya.

 

Program Diploma 3


Photo by Marília Castelli on Unsplash

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menaungi 10 prodi PENS. Kegiatan perkuliahan kesepuluh jurusan di PENS Surabaya tersebut tak seluruhnya dilakukan di kampus Sukolilo, Kota Surabaya. Sebagian jurusan berkampus di kota-kota lain seperti Lamongan atau Sumenep. Bahkan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya juga membuka program PJJ (Pendidikan Jarak Jauh).

1. Teknik Elektronika (A)

2. Teknik Telekomunikasi (A)

3. Teknik Elektro Industri (A)

4. Teknik Informatika (A)

5. Teknologi Multimedia Broadcasting (B)

6. Teknik Informatika Kampus Lamongan (Baik)

7. Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Lamongan (Baik)

8. Teknik Informatika Kampus Sumenep (Baik)

9. Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Sumenep (Baik)

10. PJJ Teknik Informatika (B)

 

Program Diploma 4/Sarjana Terapan


Photo by Hung Nguyen Phi on Unsplash

Jumlah jurusan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada Program D4/Sarjana Terapan tak terlampau jauh dari jumlah Program D3. Di PENS jurusan untuk Program D4/Sarjana Terapan ada 11.

1. Teknik Elektronika (A)

2. Teknik Telekomunikasi (A)

3. Teknik Elektro Industri (A)

4. Teknik Informatika (A)

5. Teknik Mekatronika (A)

6. Teknik Komputer (A)

7. Sistem Pembangkitan Energi (B)

8. Teknologi Game (B)

9. Teknologi Rekayasa Internet (Baik)

10. Teknologi Rekayasa Multimedia (Baik)

11. PJJ Teknik Telekomunikasi (B)

 

Kuliah di PENS Surabaya

jurusan di pens surabaya
Photo by Clint Patterson on Unsplash

Bagaimana, Sobat Pintar? Apakah kamu menemukan jurusan incaranmu dari dua daftar program studi di PENS tersebut? Jika kamu masih memerlukan bantuan untuk menentukan pilihan, Sobat bisa menggunakan Tes Penjurusan Kuliah. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat itu penting loh, biar kamu nanti bisa menjalani perkuliahan dengan enjoy.

Terus, kalau kamu sudah yakin dengan pilihan jurusan di PENS, seleksi masuknya gimana, nih? Tergantung jenjang pendidikan jurusan yang kamu pilih, calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/sederajat dapat memilih lima jalur masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya berikut ini.

1. SNMPTN

Jalur masuk PENS Surabaya ini ditujukan bagi calon mahasiswa Program D4/Sarjana terapan saja. Jadwal SNMPTN sama persis dengan jadwal yang dirilis oleh LTMPT. Jadi, pendaftaran jalur masuk ini sudah ditutup dan peserta SNMPTN 2022 tinggal menunggu pengumuman yang akan berlangsung tanggal 29 Maret nanti.

2. SNMPN

Jalur masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini ditujukan bagi calon mahasiswa Program D3 saja. Pendaftaran SNMPN 2022 ditutup tanggal 19 Maret dan hasilnya akan diumumkan tanggal 16 April.

3. SBMPTN

Sama seperti SNMPTN, jadwal SBMPTN PENS Surabaya mengikuti jadwal dari LTMPT. Sobat Pintar bisa mengikuti jalur seleksi ini bila jurusan pilihanmu merupakan Program D4/Sarjana Terapan.

4. SBMPN

Jalur seleksi bagi calon mahasiswa Program D3 ini dimulai tanggal 6 April dan akan berakhir pada tanggal 9 Juli 2022.

5. SIMANDIRI

Seleksi Mandiri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini menyaring calon mahasiswa baru pada Program D3 dan D4/Sarjana Terapan sekaligus. Jadwal PMB PENS pada jalur Mandiri akan dibuka tanggal 9 Juli sampai 8 Agustus 2022.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
kuntul
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog