redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan di Polinema Malang dan Jalur Seleksi Masuknya

Calon mahasiswa pelu tahu apa saja jurusan dan jalur seleksi masuk Poltek Malang.

jurusan di polinema, Photo by Jessica Ruscello on Unsplash

Kira-kira ada nggak, jurusan di Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang klop sama bakat, minat, dan kemampuanmu? Eitts, jangan dikira-kira doang, Sobat Pintar. Pastikan saja jurusan kuliahmu menggunakan Tes Penjurusan. Enggak kayak tes di sekolah, tes yang satu ini asyik! Udah gitu, gratis pula. Jadi, kenapa nggak dicoba aja?

Adapun jurusan di Polinema, pilihan prodinya terbilang cukup beragam. Enggak heran. Pasalnya, politeknik di Malang ini terus berkembang dan jumlah jurusannya pun terus saja bertambah. Nah, apa saja pilihan jurusan Politeknik Negeri Malang?

 

Tentang Politeknik Negeri Malang

Jurusan di Politeknik Negeri Malang
Photo by Tra Nguyen on Unsplash

 

Politeknik Negeri Malang, yang lebih dikenal dengan Polinema, pada awalnya merupakan sebuah Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Universitas Brawijaya. Hingga tahun 2004, politeknik di Malang ini dikenal sebagai Politeknik Universitas Brawijaya.

Di Polinema jurusan tersedia pada jenjang D3 dan D4/Sarjana Terapan. Jurusan-jurusan D3 di Polinema ditempuh selama enam semester, dengan satu semester akhir digunakan sebagai Praktik Kerja Lapangan (PKL). Begitu pula dengan jurusan-jurusan D4/Sarjana Terapan di Polinema. Untuk Program D4/Sarjana Terapan, masa kuliahnya ditempuh dalam delapan semester, dengan satu semester terakhir untuk PKL. Lantaran menyelenggarakan program pendidikan vokasi, kurikulum perkuliahan di setiap prodi Polinema terdiri dari 55% praktik dan 45% teori.

 

Bidang Keahlian di Polinema

jurusan yang ada di politeknik negeri malang
Photo by sean Kong on Unsplash

Sebagai satu dari enam politeknik perintis, Politeknik Negeri Malang berdiri dengan empat bidang keahlian atau jurusan. Keempat jurusan yang ada di Politeknik Negeri Malang pada tahun 1982 yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Listrik, dan Teknik Elektronika. Seiring tahun berjalan, jumlah jurusan Polinema Malang terus bertambah.

Sobat Pintar tahu ada berapa program studi di Polinema saat ini? Berikut daftar selengkapnya, dengan akreditasi jurusan di Politeknik Negeri Malang.

Teknik Elektro

Prodi Polinema

Akreditasi

D3 Teknik Elektronika

A

D4 Teknik Elektronika

B

D3 Teknik Listrik

B

D3 Teknik Telekomunikasi

B

Teknik Mesin

Prodi Polinema

Akreditasi

D3 Teknik Mesin

B

D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan

B

D4 Teknik Otomotif Elektronik

B

Teknologi Informasi

Prodi Polinema

Akreditasi

D4 Teknik Informatika

B

D3 Manajemen Informatika

B

Teknik Kimia

Prodi Polinema

Akreditasi

D3 Teknik Kimia

A

D4 Teknologi Kimia Industri

B

Akuntansi

Prodi Polinema

Akreditasi

D3 Akuntansi

A

D3 Akuntansi Kampus Kediri

B

D4 Akuntansi Manajemen

A

D4 Keuangan

B

Administrasi Niaga

Prodi Polinema

Akreditasi

D4 Manajemen Pemasaran

B

D3 Administrasi Bisnis

A

D3 Bahasa Inggris

B

D4 Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

Baik

Teknik Sipil

Prodi Polinema

Akreditasi

D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi

A

D3 Teknik Sipil

Unggul

D3 Teknologi Konstruksi Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air

Baik

Prodi Polinema di Luar Domisili

Dari sekian jurusan di Politeknik Negeri Malang, ada sebagian yang kegiatannya diselenggarakan di luar Kota Malang (Program Studi di Luar Domisili). Disebut sebagai Akademi Komunitas (AK), jurusan di Polinema yang dimaksud merupakan pendidikan vokasi D1 dan D2, yang saat ini berada di Blitar, Bojonegoro, Jepara, Trenggalek, dan Sumbawa Barat. Akademi Komunitas menyelenggarakan pembinaan, pengawasan, dan pendampingan dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga terampil dunia usaha dan dunia industri yang berbasis pada keunggulan lokal. Salah satu kegiatan Akademi Komunitas yaitu membuat aplikasi terkomputerisasi.

 

Pendaftaran Polinema 2022

akreditasi jurusan di politeknik negeri malang
Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Ingin menjadi mahasiswa Polinema, Sobat Pintar? Ada beberapa cara untuk menjadi mahasiswa dari salah satu jurusan Politeknik Negeri Malang di atas.

1. Jalur Undangan PMDK-PN/PSB

Untuk mengikuti jalur ini, kamu harus mendaftar melalui sekolah. Berkas seluruh pendaftar akan dikirimkan ke Polinema secara kolektif. Jika ada salah satu prodi Polinema yang diincar melalui jalur ini, Sobat harus sudah memperhatikan informasi pendaftaran sejak sekitar bulan Februari. Jalur ini tanpa tes, tetapi kamu harus punya prestasi akademik yang jempolan.

2. Jalur Undangan Bidikmisi

Sama-sama gratis seperti jalur pendaftaran sebelumnya, pendaftaran jalur undangan Bidikmisi juga dilakukan oleh pihak sekolah. Akan tetapi, jalur Bidikmisi biasanya dijadwalkan setelah PMDK-PN, sekitar bulan Maret.

3. SBMPN/UMPN

SBMPN adalah Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri. Pendaftaran jalur ini dilakukan secara individual, diperkirakan berlangsung mulai bulan Mei. Di jalur seleksi ini, kamu bisa memilih satu prodi atau jurusan yang ada di Politeknik Negeri Malang dan satu prodi lagi di poltek negeri yang lain. Berikutnya, kamu harus memperhatikan jadwal pengumuman seleksi akademik, tes, dan wawancara.

4. Seleksi/UMPN Mandiri

Biaya pendaftaran jalur ini relatif lebih tinggi ketimbang biaya pendaftaran SBMPN, tetapi biasanya masa pendaftaran Mandiri Polinema berlangsung setelah pengumuman SBMPN. Itulah sebabnya jalur Seleksi Mandiri sering menjadi plan B-nya masuk Polinema meskipun kamu harus siap mengikuti tes tulisnya.

 

Nah, kamu bakal memilih jalur mana untuk masuk Polinema, Sobat Pintar? Pertimbangkan baik-baik agar jurusan Polinema Malang yang kamu pilih dapat mengembangkan bakat dan kemampuanmu dan sesuai dengan bidang minatmu. Kamu juga dapat melihat referensi kampus-kampus lain di sini, sedangkan referensi pilihan jurusan dapat dilihat di sini.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

Pahit Manisnya Menjadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi

avatar penulis

deni purbowati

02 September 2018

Baca Selengkapnya
image article

Perbedaan SNMPTN dan SNMPN

avatar penulis

deni purbowati

19 Januari 2022

Baca Selengkapnya
image article

Kuliah di Jogja? Ini 7 Referensi Perguruan Tinggi yang Bisa

avatar penulis

deni purbowati

09 November 2018

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet