CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)

Politeknik negeri di Surabaya ini membuka jurusan-jurusan khusus di bidang perkapalan.

jurusan politeknik perkapalan negeri surabaya, Photo by Andy Li on Unsplash

Sudah tahu jurusan yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) itu apa saja, Sobat Pintar? Kenapa pula Poltek Perkapalan Surabaya patut menjadi salah satu alternatif tempat kuliahmu? Kalau kamu masih belum mendapatkan jawaban dari dua pertanyaan ini, kayaknya kudu baca sampai tuntas, deh.

 

Tentang Poltek Perkapalan Surabaya

jurusan politeknik perkapalan negeri surabaya
Photo by alexey turenkov on Unsplash

Cikal bakal Poltek Perkapalan Surabaya berawal di tahun 1979 dari sebuah Program Non Gelar Pendidikan Ahli Teknik (PAT) Jurusan Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dalam perjalanannya, program tersebut kemudian menjadi sebuah Politeknik Perkapalan pada tahun 1986.

Disingkat PPNS, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya adalah salah satu politeknik terbaik di Indonesia. Bukan hanya akreditasi PPNS yang saat ini sudah berstatus A, tetapi juga kelengkapan fasilitas perkuliahannya sebagai sebuah institusi pendidikan vokasi. Beberapa fasilitas praktik jurusan di PPNS antara lain:

- Laboratorium: uji bahan, motor bakar, mesin fluida, otomasi dan robotika, mesin listrik, elka daya, reparasi listrik, fisika dan instrumentasi, pemadam kebakaran, kimia, ergonomi, pengembangan bisnis maritim, pengolan limbah, komputer, integrasi, dan lain-lain;

- Bengkel: non metal, permesinan, reparasi mesin, dan lain-lain.

Kok banyak banget laboratoriumnya? Justru itulah yang membuat PPNS Surabaya menjadi salah satu yang terbaik, Sobat Pintar. Perguruan tinggi vokasi ini menerapkan kurikulum yang klop dengan kebutuhan dunia industri (link and match). Kurikulum yang tepat memungkinkan mahasiswa Poltek Perkapalan Surabaya untuk mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, misalnya, melalui kegiatan magang atau on the job training di berbagai mitra PPNS Surabaya.

 

Jurusan di Politeknik Perkapalan Surabaya

jurusan di politeknik perkapalan surabaya
Photo by Scott Blake on Unsplash

Lantas, adakah jurusan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu, Sobat Pintar? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu tinggal mengikuti Tes Penjurusan Kuliah yang sudah tersedia gratis.

Namun jika kamu ingin menjawab pertanyaan di awal, tentang jurusan di Politeknik Perkapalan Surabaya, berikut daftar jurusan dan program studinya masing-masing. Satu jurusan biasanya terdiri dari prodi D3 dan D4/Sarjana Terapan. Sekali lagi jurusan ya, Sobat, bukan fakultas di PPNS Surabaya.

Teknik Bangunan Kapal

Di Jurusan Teknik Bangunan Kapal, kamu belajar tentang desain, bahan, produksi, pengoperasian, hingga perawatan kapal. Jurusan ini terdiri dari lima program studi di PPNS.

D3

Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

(A)

 

Teknik Bangunan Kapal

(A)

D4

Teknik Pengelasan

(A)

 

Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal

 

 

Manajemen Bisnis

(B)

Teknik Permesinan Kapal

Kalau kamu ingin belajar tentang mesin dan kapal, kuliahnya di jurusan ini. Tak hanya Permesinan Kapal, melainkan masih ada pilihan prodi yang lain, Sobat Pintar. Berikut pilihan prodi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, khusus buat kamu yang pengin belajar lebih banyak tentang mesin kapal.

D3

Teknik Permesinan Kapal

(B)

D4

Teknik Perpipaan

(A)

 

Teknik Permesinan Kapal

(B)

 

Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja

(A)

 

Teknik Pengolahan Limbah

(B)

 

Teknik Desain dan Manufaktur

(B)

Teknik Kelistrikan Kapal

Disebabkan oleh kebutuhan akan engineers yang menguasai kompetensi pendukung industri maritim, dibukalah sebuah jurusan yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya khusus pada bidang kelistrikan kapal. Di PPNS Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal terdiri dari tiga program studi.

D3

Teknik Kelistrikan Kapal

(B)

D4

Teknik Otomasi

(B)

 

Teknik Kelistrikan Kapal

(B)

 

Sistem Perkuliahan di PPNS surabaya

prodi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Photo by Scott Blake on Unsplash

Telah disebutkan di atas tentang link and match-nya perkuliahan di Poltek Perkapalan Surabaya. Penyesuaian materi kuliah dengan kebutuhan dunia industri menghasilkan pada Ahli Madya dan Sarjana Terapan yang senantiasa ter-update dengan perkembangan teknologi yang digunakan di dunia industri. Disamping itu, perkuliahan di PPNS Surabaya juga mengharuskan mahasiswa untuk memproduksi dan melakukan pekerjaan seperti di dunia industri (production based learning).

Untuk Program D3, beban kuliah yang harus dituntaskan minimal 110 SKS. Sedangkan untuk Program D4, beban kuliah minimalnya adalah 144 SKS. Ketentuan ini berlaku untuk mahasiswa di seluruh jurusan di PPNS. Asal Sobat Pintar tahu, 1 SKS di PPNS Surabaya setara dengan 50 menit tatap muka, 50 menit tugas terstruktur, dan 50 menit tugas mandiri. Rancangan ini berbeda dari beban kuliah mahasiswa di luar program vokasi. Kalau begitu, apakah kamu akan kuliah di salah satu prodi di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Sobat?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog