CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut

Politeknik negeri di Kalimantan Selatan ini membuka beberapa jurusan pada Program D3 dan D4.

jurusan di politeknik negeri tanah laut, Photo by Barney Yau on Unsplash

Pilihan jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) memang tak banyak, tetapi kampus ini merupakan alternatif tempat kuliah yang patut dipertimbangkan khususnya oleh Sobat Pintar yang tinggal di Kalimantan Selatan. Pertanyaan pentingnya, apa yang kamu ketahui tentang Politeknik Tanah Laut? Apa pula pilihan jurusan dan program studi di Politala Pelaihari Kalimantan Selatan ini?

 

Politala, Sebuah Politeknik Negeri di Kalimantan Selatan

program studi politeknik negeri tanah laut
Photo by Christin Hume on Unsplash

Politeknik Tanah Laut adalah sebuah politeknik negeri di Provinsi Kalimantan Selatan. Kampus vokasi ini dahulunya bernama Politeknik Industri Tanah Laut. Asal kamu tahu, Sobat. Kabupaten Tanah Laut merupakan sebuah kawasan industri khusus di mana terdapat perusahaan tambang, perkebunan sawit, usaha pakan ternak, perkebunan karet, peternakan unggas, dan berbagai usaha menengah yang lain.

Wilayah Tanah Laut sendiri kaya akan berbagai bahan tambang seperti bijih besi maupun batubara, produksi pertanian seperti padi, jagung, hingga kelapa sawit, bahkan menyuplai sampai 40% kebutuhan daging kambing dan sapi di Kalimantan Selatan. Oleh sebab itu, Politala Pelaihari Kalimantan Selatan mengambil peran yang cukup penting dengan mendidik tenaga-tenaga terampil yang dapat diserap sepenuhnya oleh dunia industri setempat.

Pada tahun 2009, politeknik di Kalimantan Selatan ini mendapatkan surat izin operasional untuk menyelenggarakan perkuliahan bagi Jurusan Mesin Otomotif, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Informatika. Status dan nama resmi Politeknik Negeri Tanah Laut kemudian diperoleh pada tahun 2014. Tempat perkuliahannya sempat berpindah-pindah, namun kini lokasi kampusnya berada di wilayah Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Program Studi Politeknik Negeri Tanah Laut

jurusan yang ada di politala
Photo by Hung Nguyen on Unsplash

Pilihan prodi di Politala saat ini masih sangat terbatas, jadi jangan berangan-angan kamu akan mendapatkan sederet nama fakultas di Politeknik Negeri Tanah Laut, Sobat. Meski begitu, akreditasi Poltek Negeri Tanah Laut sudah tercatat B, loh.

Emangnya apa saja sih, jurusan yang ada di Politala itu? Berikut daftar prodi atau jurusan di Politala pada Program D3 dan D4, Sobat Pintar.

Program D3

Ada empat prodi atau jurusan Politeknik Negeri Tanah Laut pada Program D3. Pilihan jurusan kuliah diploma Politala adalah sebagai berikut.

Teknologi Otomotif

Agroindustri

Teknologi Informasi

Akuntansi (B)

Program D4

Ada tiga pilihan prodi atau jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut untuk Program D4. Ketiga program studi Politeknik Negeri Tanah Laut tersebut adalah sebagai berikut.

Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan

Teknologi Pakan Ternak

Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan

 

Jalur Seleksi Masuk Politeknik Tanah Laut

jurusan politeknik negeri tanah laut
Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Dari daftar prodi di Politala di atas, adakah yang kamu incar, Sobat Pintar? Awas, jangan asal incar, ya. Pastikan jurusan incaranmu itu memang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu. Caranya gampang, kamu tinggal gunakan saja Tes Penjurusan Kuliah. Tesnya enggak menyita waktu, enggak ngabisin uang sakumu pula. Udah gitu, kamu bakal mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah. Asyik gak, tuh?

Setelah memilih jurusan, berikutnya memilih tempat kuliah. Jika jurusan pilihanmu ada di Politala Pelaihari Kalimantan, bagaimana cara masuknya?

Secara umum ada lima cara untuk menjadi mahasiswa salah satu jurusan yang ada di Politala, Sobat. Apa saja jalur seleksinya?

1. SNMPTN

Masuk Politeknik Tanah Laut melalui SNMPTN? Iya, kamu bisa mengikuti SNMPTN dan memilih satu dari tiga jurusan di Politala pada Program D4.

2. SNMPN

SNMPN juga berbasis prestasi. Bedanya, kamu bisa memilih jurusan Politeknik Negeri Tanah Laut pada Program D3 melalui seleksi ini.

3. SBMPTN

Kamu juga bisa masuk ke salah satu jurusan di Politeknik Negeri Tanah Laut melalui SBMPTN. Melalui jalur tes ini, pilihan jurusanmu terbatas pada Program D4 saja, ya.

4. SBMPN

Kamu mulai menebak kalau jalur tes ini hanya untuk Program D3? Betul, Sobat. Jika jurusan incaranmu adalah satu dari empat program studi Politeknik Negeri Tanah Laut di atas, kamu bisa mengikuti SBMPN.

5. Jalur Mandiri

Jika kamu ingin memilih sekaligus Program D3 dan D4 di Politeknik Tanah Laut, Sobat Pintar bisa mengikuti seleksi calon mahasiswa baru pada Jalur Mandiri. Disampingg tes tulis, jalur ini juga menerapkan seleksi melalui wawancara.

 

Sekarang kamu sudah tahu lebih banyak tentang Politala Pelaihari Kalimantan kan, Sobat? Kamu juga sudah tahu apa saja prodi di Politala. Lantas, jalur seleksi manakah yang akan kamu pilih untuk masuk dan kuliah di Politeknik Tanah Laut?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog