CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Sanata Dharma University Yogyakarta

USD adalah sebuah universitas swasta dengan pilihan jurusan-jurusan kuliah terbaik.

jurusan di universitas sanata dharma yogyakarta, Photo by Mohammad Ali Dahaghin on Unsplash

Jurusan terbaik di Universitas Sanata Dharma (USD) itu apa? Well, semua jurusan kuliah itu sebenarnya baik kok, Sobat. Yang jadi pertanyaan adalah apa jurusan yang terbaik buatmu.

Nah, kalau soal jurusan terbaik, yang sesuai dengan bakat minat dan dapat mengembangkan kemampuanmu, ada cara mudah untuk mengetahuinya. Kamu tinggal gunakan Tes Penjurusan Kuliah. Di situ ada serangkaian pertanyaan seputar dirimu sendiri, jadi pasti gampang banget ngejawabnya. Ujung-ujungnya, kamu bakal dapetin tuh, rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Oke, itu soal jurusan terbaik. Gimana kalau soal, balik lagi, jurusan di Universitas Sanata Dharma? Adakah jurusan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang sesuai dengan minat dan bakatmu? Yuk, cari tahu.

 

Tentang Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

jurusan di universitas sanata dharma
Photo by Jake Schumacher on Unsplash

Sanata Dharma Jogja adalah sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Pada awalnya USD, begitu kampus ini lebih sering disingkat, merupakan sebuah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Resmi berdiri pada tahun 1955, PTPG Sanata Dharma mengawali kiprahnya di dunia pendidikan tinggi dengan empat jurusan, yakni Ilmu Mendidik, IPA, Sejarah, dan Bahasa Inggris.

Sempat menjadi IKIP, Sanata Dharma Jogja berstatus universitas sejak tahun 1993. Lantas sebagai Universitas Sanata Dharma jurusan apa saja yang dibuka di kampus ini?

 

Fakultas dan Jurusan di Sanata Dharma

jurusan terbaik di universitas sanata dharma
Photo by Jason Goodman on Unsplash

Sanata Dharma Jogja saat ini terdiri dari delapan fakultas dan 25 Program Sarjana. Mau tau apa saja fakultas di Sanata Dharma University itu? Apa pula pilihan jurusan di Sanata Dharma dan akreditasinya? Berikut selengkapnya, Sobat Pintar.

Vokasi

Ada tiga jurusan yang ada di Universitas Sanata Dharma pada Program D3. Beserta akreditasi jurusan, ketiga program studi Universitas Sanata Dharma tersebut adalah sebagai berikut.

Mekatronika (B)

Teknologi Elektromedis (B)

Teknologi Perancangan Mekanik (B)

Ekonomi

Fakultas Ekonomi menaungi tiga jurusan di Universitas Sanata Dharma. Apa saja ketiga jurusan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ini?

Akuntansi (B)

Ekonomi (Baik)

Manajemen (Baik Sekali)

Farmasi

Untuk Program Sarjana, fakultas ini membuka satu saja jurusan yang ada di Universitas Sanata Dharma. Iya, Sobat Pintar tentu tahu, jurusan tersebut adalah Farmasi. Akreditasi Farmasi USD saat ini adalah A.

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pernah menjadi IKIP, tak usah heran kalau fakultas ini memiliki paling banyak jurusan di Sanata Dharma. Lengkap dengan akreditasi jurusan di Universitas Sanata Dharma, inilah ragam pilihanmu bila berencana kuliah di USD.

Bimbingan dan Konseling (A)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (A)

Pendidikan Bahasa Inggris (A)

Pendidikan Biologi (A)

Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi (A)

Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Ekonomi (A)

Pendidikan Fisika (A)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (A)

Pendidikan Keagamaan Katolik (A)

Pendidikan Kimia (Baik)

Pendidikan Matematika (A)

Pendidikan Sejarah (A)

Psikologi

Sama seperti Fakultas Farmasi, fakultas ini juga membuka satu saja program studi Universitas Sanata Dharma. Iya, prodi tersebut adalah Psikologi, yang saat ini terakreditasi A oleh BAN-PT.

Sains dan Teknologi

Ada empat jurusan di Universitas Sanata Dharma pada Fakultas Sains dan Teknologi. Apa saja pilihan jurusan Saintek di sini?

Informatika (B)

Matematika (B)

Teknik Elektro (B)

Teknik Mesin (B)

Sastra

Fakultas Sastra menaungi tiga jurusan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Salah satunya, tentu Sobat masih ingat, adalah jurusan tertua di Sanata Dharma Jogja: Sejarah. Apa lagi pilihan jurusan kuliah di Fakultas Sastra selain Sejarah? Ini dia, pilihan jurusan yang ada di Universitas Sanata Dharma buat kalian.

Sastra Indonesia (A)

Sastra Inggris (A)

Sejarah (B)

Teologi

Sejak dicetuskan oleh Mohammad Yamin, salah seorang pahlawan nasional dan Mendikbud RI pada waktu itu, berdirinya Sanata Dharma Jogja tak lepas dari para imam Katolik Ordo Societas Jesus. Hingga kini, peran penting keagamaan di USD masih bisa dijumpai di Fakultas Teologi, Program Sarjana Filsafat Keilahian. Jurusan di Sanata Dharma ini telah mengantongi akreditasi A.

 

Itulah pilihan dan akreditasi jurusan di Universitas Sanata Dharma pada Program Vokasi dan Sarjana buat Sobat Pintar lulusan SMA/sederajat. Jika merujuk hasil Tes Penjurusanmu, bakal lanjut kuliah USD atau enggak, nih?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog