CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan di Udinus Semarang (Universitas Dian Nuswantoro)

Ketahui program dan jurusan kuliah di Udinus beserta jalur masuknya.

jurusan di udinus, Photo by Clay Banks on Unsplash

Apakah jurusan di Universitas Dian Nuswantoro terbatas pada jurusan-jurusan yang terkait dengan komputer dan teknologi saja? Sobat Pintar yang tergolong tech savvy mungkin sudah tak asing dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang, bahkan mungkin punya jurusan incaran di universitas swasta ini. Tetapi bagaimana dengan Sobat yang lain, yang masih kepo tentang jurusan yang ada di Udinus Semarang?

 

Tentang Universitas Dian Nuswantoro Semarang

jurusan di universitas dian nuswantoro
Photo by RUT MIIT on Unsplash

Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang kita kenal sekarang ini pada awalnya adalah IMKA, sebuah lembaga kursus komputer. Bahkan sebelum Udinus berdiri, IMKA sudah memiliki cabang di Surakarta, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Tak sampai di situ, IMKA juga menjadi Ketua Subkonsorsium Komputer, Pengawas dan Penguji Ujian Nasional Pendidikan Komputer di tahun 1989. Empat tahun kemudian, IMKA meraih akreditasi NCC (The National Caomputing Centre) London, sehingga IMKA berwenang untuk mengajar dan menerbitkan sertifikat internasional.

Yayasan Dian Nuswantoro sendiri berdiri pada tahun 1990. Baik lembaga pendidikan maupun yayasan terus berkembang hingga Universitas Dian Nuswantoro Semarang resmi berdiri pada tahun 2001.

 

Fakultas dan Jurusan di Universitas Dian Nuswantoro

jurusan di udinus dan akreditasinya
Photo by Microsoft Edge on Unsplash

Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang kita jumpai hari ini tak hanya versi advanced-nya IMKA, yang kemudian menjadi AMIK (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer) sebelum STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer). Meskipun terkenal sebagai lembaga pendidikan komputer, bahkan anak perusahaan di bidang teknologi komputerisasi, Universitas Dian Nusantoro merangkul pula STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi), STBA (Sekolah Tinggi Bahasa Asing), dan STKES (Sekolah Tinggi Kesehatan) sebagai bagian di dalamnya. Dari bidang ilmu lembaga-lembaga tersebut, kamu bisa bayangkan ya, Sobat, apa saja kira-kira fakultas dan jurusan di Udinus saat ini.

Fakultas di Udinus: Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer merupakan fakultas yang terbesar di Udinus. Menarik bahwa fakultas ini menawarkan twinning programs, credit transfer, sit-in programs, hingga fast track. Program studi Udinus yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Komputer adalah di bawah ini.

Jenjang

Prodi Udinus

Akreditasi

D3

Teknik Informatika

A

D3

Broadcasting

B

D4/SST

Film dan Televisi

B

D4/SST

Animasi

B

S1

Teknik Informatika

A

S1

Sistem Informasi

A

S1

Desain Komunikasi Visual

A

S1

Ilmu Komunikasi

B

Fakultas di Udinus: Ekonomi dan Bisnis

Ada dua prodi Udinus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kedua jurusan Udinus Semarang tersebut sama-sama merupakan Program Sarjana. Berikut kedua jurusan di Udinus dan akreditasinya.

Akuntansi (A)

Manajemen (A)

Fakultas di Udinus: Ilmu Budaya

Di Udinus jurusan pada berbagai jenjang berada pada satu fakultas. Begitu pula di Fakultas Ilmu Budaya. Ada Program D4/Sarjana Terapan dan Sarjana/S1 di FIB Udinus Semarang.

Jenjang

Prodi Udinus

Akreditasi

D4/SST

Manajemen Perhotelan

B

S1

Sastra Inggris

A

S1

Sastra Jepang

A

Fakultas di Udinus: Kesehatan

Fakultas Kesehatan menaungi tiga jurusan yang ada di Udinus Semarang. Satu jurusan di Universitas Dian Nuswantoro tersebut merupakan Program D3.

Jenjang

Prodi Udinus

Akreditasi

D3

Rekam Medik dan Informasi Kesehatan

A

S1

Kesehatan Masyarakat

A

S1

Kesehatan Lingkungan

B

Fakultas di Udinus: Teknik

Fakultas Teknik juga menaungi tiga jurusan di Udinus. Berbeda dari fakultas sebelumnya, ketiga program studi Udinus di Fakultas Teknik merupakan Program Sarjana. Tiga jurusan di Udinus dan akreditasinya adalah sebagai berikut.

Teknik Elektro (B)

Teknik Industri (B)

Teknik Biomedis (B)

 

Masuk Kuliah di Udinus Semarang

jurusan yang ada di udinus semarang
Photo by Christin Hume on Unsplash

Dari sekian prodi Udinus di atas, adakah jurusan yang kamu incar, misalnya jurusan kewirausahaan di Jogja atau Semarang, gitu? Punya jurusan incaran itu boleh-boleh aja kok, Sobat, tapi jangan lupa gunakan Tes Penjurusan agar pemilihan jurusan kuliahmu benar-benar sesuai dengan bakat, minat dan kemampuanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengeksplorasi dan mengembangkan diri semaksimal mungkin selama kuliah.

Jika kamu memang memilih salah satu jurusan Udinus Semarang, saat ini tinggal Jalur Reguler, Sobat Pintar. Pendaftaran Gelombang IB akan ditutup 24 Juni 2022. Pendaftaran Gelombang IIA dijadwalkan 25 Juni sampai 29 Juli 2022, sedangkan Gelombang IIB tanggal 30 Juli sampai 26 Agustus 2022.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog