redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan? Ketahui sebelum Memilih

Mengetahui dan memahami setiap pilihan jurusan itu penting sebelum menentukan salah satunya.

jurusan ilmu sosial dan politik, Photo by Marco Oriolesi on Unsplash

Apakah Sobat Pintar sudah terlanjur suka sama si dia, ilmu pemerintahan? Eits, tunggu dulu. Jangan keburu memilih kuliah Ilmu Pemerintahan sebelum kenal sama Ilmu Politik. Bukankah kita memilih setelah mengenal semuanya, dan memutuskan bahwa salah satu adalah yang terbaik buat kita? (Kita lagi nggebahas apa, sih?)

Jurusan kuliah. Nggak ke mana-mana kok, Sobat. Kita masih ngebahas soal jurusan kuliah di sini – kali ini, Ilmu Politik. Seperti apa sih, kuliah Ilmu Politik itu? Di mana jurusan Ilmu Politik terbaik di Indonesia? Dan, bagaimana prospek kerja Jurusan Ilmu Politik?

 

Kuliah di Jurusan Ilmu Politik

prospek kerja jurusan ilmu politik
Photo by Arnaud Jaegers on Unsplash

Di berbagai universitas dengan Jurusan Ilmu Politik, kita dapat dengan mudah menemukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmi Politik (FISIP). Bukan Jurusan Ilmu Sosial dan Politik ya, Sobat. Asal Sobat Pintar tahu nih, satu fakultas terdiri dari beberapa jurusan atau program studi. Kalau di FISIP, salah satu jurusan itu adalah Ilmu Politik.

Terus, Jurusan Ilmu Politik belajar apa, sih? Kalau dilihat dari mata kuliahnya, banyak banget yang kita pelajari, Sobat. Sebagian diantaranya yaitu Etika Sosial dan Politik, Sistem Politik Indonesia, Filsafat Ilmu, Sejarah Politik dan Pemerintahan Indonesia, Sistem Hukum di Indonesia, E-Governance, Pranata Sosial, Teori Sosiologi Modern, Komunikasi Pemasaran, Teori Perbandingan Politik, Pemikiran Politik Barat, dan masih banyak lagi.

Selama kuliah Ilmu Politik, kita belajar tak hanya tentang teori tapi juga praktik politik. Sebelum meraih gelar Sarjana Politik, mahasiswa jurusan ini selalu aktif mengikuti perkembangan dan permasalahan sosial-politik. Lebih dari sekedar mengamati, mahasiswa Jurusan Ilmu Politik juga terlatih untuk menganalisis sampai mengeksplorasi kemungkinan solusi bagi berbagai isu politik. Makanya, tak heran kalau mereka yang kuliah Ilmu Politik rata-rata punya pengetahuan yang memadai dalam memandang situasi politik, baik di dalam maupun luar negeri.

 

Universitas dengan Jurusan Ilmu Politik

Tertarik kuliah Ilmu Politik, Sobat Pintar? Di mana nih, kuliahnya? Banyak kok, universitas dengan Jurusan Ilmu Politik di Indonesia. Kalau Sobat Pintar menginginkan kuliah di Jurusan Ilmu Politik terbaik di Indonesia, akreditasi prodi dari BAN-PT bisa digunakan sebagai salah satu kriteria. Mau tahu rekomendasi universitas dengan Jurusan Ilmu Politik dengan akreditasi A? Lihat list di bawah ini, deh.

Universitas Brawijaya

Universitas Padjadjaran

Universitas Sumatera Utara

Universitas Hasanuddin

Universitas Indonesia

UIN Syarif Hidayatullah

Universitas Airlangga

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dari daftar di atas, ada universitas negeri, dan ada pula universitas swasta. Kalau begitu harus pilih yang mana, nih? Konon katanya, alumni universitas negeri itu lebih sukses dibanding alumni universitas swasta. Benarkah begitu? Nah, soal ini bakal jadi perbincangan seru di Battle Pintar malam ini, Sobat. Jangan lewatkan, ya!


 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik


Photo by Kyle Glenn on Unsplash

Nah, kita tahu apa itu Jurusan Ilmu Politik, sudah tahu juga universitas-universitas terbaik di mana jurusan ini berada. Tapi Sobat sudah tahu belum, bagaimana prospek kerja Jurusan Ilmu Politik? Apakah lulusannya banyak yang menjadi politisi atau aparat pemerintahan?

Tidak harus, Sobat. Pekerjaan Jurusan Ilmu Politik yang dapat dilakoni oleh seseorang dengan gelar Sarjana Politik cukup beragam. Lulusan jurusan ini bisa menjadi politisi yang handal maupun aparat dalam birokrasi pemerintahan. Akan tetapi, banyak juga alumni jurusan ini yang kemudian menjalani profesi sebagai anggota legislatif, anggota partai politik, jurnalis, diplomat, atase, dosen, aktivis LSM, bahkan penyiar berita.

 

 

Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan?

Kembali ke dilema kita di bagian awal, Sobat. Mau pilih kuliah Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan? Segala tentang Ilmu Politik sudah diuraiakan di atas. Bagaimana dengan Ilmu Pemerintahan?

Kalau membandingkan mata kuliahnya, mahasiswa Ilmu Pemerintahan belajar Pemerintahan Nasional, Kebijakan Sektor Publik, Hukum Tata Pemerintahan, Internet of Things, Teori Politik dan Pemerintahan, Pelayanan Sektor Publik, Komunikasi Pemerintahan, Birokrasi Pemerintahan, Pemerintahan Desa, Kebijakan Anti Korupsi,                 Pemilu dan Parpol, dan masih banyak lagi. Singkatnya, Ilmu Pemerintahan lebih banyak mengajarimu tentang teori ilmu pemerintahan, administrasi, organisasi, manajemen, hingga kepemimpinan di badan-badan eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

Kalau begitu, Sobat Pintar pilih yang mana, nih? Jika dibandingkan antara alasan memilih Jurusan Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, kira-kira lebih cocok yang mana buatmu?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet