redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Kesehatan Masyarakat: Ilmu, Kuliah, sampai Peluang Kerjanya

Ilmu kesehatan masyarakat adalah ilmu penting yang cukup menentukan kesehatan dan kesejahteraan bersama dalam suatu komunitas.

jurusan kesehatan masyarakat, Photo by Sara Bakhshi on Unsplash

Apa yang Sobat Pintar ketahui tentang Jurusan Kesehatan Masyarakat? Iya, ada jurusan kuliah yang bernama Kesehatan Masyarakat di perguruan tinggi, loh. Di beberapa kampus, bahkan, Kesehatan Masyarakat adalah sebuah fakultas. Fakultas Kesehatan Masyarakat atau FKM adalah sebuah fakultas yang menaungi beberapa jurusan di bidang ilmu kesehatan masyarakat.

Oke, tapi apa itu kesehatan masyarakat? Nah, kita pelajari bareng-bareng, yuk!

 

Tentang Ilmu Kesehatan Masyarakat

jurusan ilmu kesehatan masyarakat
Photo by Chris McLay on Unsplash

Untuk memahami tentang ilmu kesehatan masyarakat, kita pelajari dulu apa itu kesehatan masyarakat. Dikutip dari Pedia Ilmu, kesehatan masyarakat diartikan sebagai aplikasi dan kegiatan terpadu antara sanitasi dan pengobatan dalam mencegah penyakit yang melanda penduduk atau masyarakat. Kesehatan masyarakat memadukan antara teori (ilmu) dan praktik (seni) yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan penduduk (masyarakat). Kesehatan masyarakat merupakan aplikasi keterpaduan antara ilmu kedokteran, sanitasi, dan ilmu sosial dalam mencegah penyakit yang terjadi di masyarakat.

Konsep kesehatan masyarakat sebenarnya sudah berkembang sejak dulu. Di Indonesia, kesehatan masyarakat menjadi penting ketika kita mengatasi wabah kolera dan cacar pada masa pendudukan Belanda di abad ke-16. Pada 1851 pemerintah Belanda mendirikan sekolah dokter untuk pribumi, disusul sekolah dokter berikutnya di Surabaya pada 1931. Kemudian pada 1951, dr. Abdoel Patah dan dr. Johannes Leimena merumuskan Bandung Plan yang mengenalkan konsep preventif dan kuratif dalam kesehatan masyarakat. Kini, dua konsep penting ini diusung dalam perkuliahan di Jurusan Kesehatan Masyarakat.

 

Kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat

apa itu kesehatan masyarakat
Photo by National Cancer Institute on Unsplash

Dikenal juga dengan nama Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, di sini Sobat Pintar belajar tentang cara meningkatkan kesehatan dan taraf hidup masyarakat. Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat mempelajari baik ilmu medis maupun ilmu sosial. Sebagai gambaran, mata kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat yang akan Sobat temui nanti antara lain:

Etika dan Hukum Kesehatan

Sosiologi dan Antropologi Kesehatan

Filsafat Ilmu

Studi Kependudukan

Kesehatan Reproduksi Masyarakat

Komunikasi Kesehatan

Promosi dan Pendidikan Kesehatan

Epidemiologi Penyakit Menular

Pengembangan Kelompok Kesehatan Masyarakat

Biostatistika Inferensial

Kewirausahaan di Bidang Kesehatan

Epidemiologi Penyakit Tidak Menular

Sistem Informasi Kesehatan

SDM dan Produktivitas Bidang Kesehatan

Wabah dan Manajemen Bencana

Surveilan Kesehatan Masyarakat

Analisis Kualitas Lingkungan

Ekonomi Kesehatan

Sebelum memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat, mahasiswa jurusan ini diharuskan untuk memilih satu peminatan. Di Universitas Indonesia, misalnya, mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat dihadapkan pada peminatan Biostatistik, Epidemiologi, Informatika Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, Manajemen Asuransi Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Manajemen Pelayanan Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Promosi Kesehatan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta Kesehatan Lingkungan. Selain di Universitas Indonesia, gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat dapat diraih di Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan berbagai universitas yang ada Jurusan Kesehatan Masyarakat lainnya.

Selepas kuliah dan meraih  gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat, Sobat Pintar diharapkan sudah memiliki bekal untuk menjadi seorang manajer, innovator, researcher, apprentice, communitarian, leader, dan sekaligus educator. Namun tentu saja, perkuliahan dan mata kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat antar universitas tak selalu sama persis. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat pada setiap universitas, penting untuk menguasai basic skills di atas agar Sobat siap untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah di tengah-tengah masyarakat.

 

Prospek Sarjana Kesehatan Masyarakat

fkm adalah
Photo by Daniel Frank on Unsplash

Lantas setelah selesai kuliah, lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat kerjanya apa? Salah satu profesi yang relevan dengan keadaan pandemi seperti sekarang adalah epidemiolog. Seorang ahli epidemiologi yang lulus dari Jurusan Kesehatan Masyarakat dapat berperan di tengah masyarakat dengan memberikan edukasi protokol kesehatan atau mengampanyekan vaksinasi.

Luasnya cakupan ilmu kesehatan masyarakat membuka prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat yang lapang. Gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat dapat mengantarkanmu untuk menjalani profesi sebagai ahli biologi, manajer data klinis, koordinator riset klinis, peneliti medis, manajer layanan medis, pengendali mutu produk, ahli gizi, penyuluh kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya.

Ragam profesi di atas menunjukkan bahwa ruang lingkup kerja lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat cukup fleksibel. Seseorang dengan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat dapat bekerja di Puskesmas ataupun perusahaan pertambangan. Prospek kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat menawarkan posisi teknis lapangan hingga jajaran manajerial. Kalau begitu, enggak perlu ditanya lagi alumni Jurusan Kesehatan Masyarakat kerjanya apa, ya!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet