redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Administrasi Negara – Seperti Apa Kuliah dan Prospeknya?

Sering dibandingkan dengan Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Negara menjadi jurusan kuliah pilihan bagi peminat ilmu pemerintahan dan birokrasi.

jurusan administrasi negara, Photo by Element5 Digital on Unsplash

Ada nggak, orang tua, kerabat, atau bahkan guru, yang merekomendasikan Jurusan Administrasi Negara kepadamu, Sobat Pintar? Terus, ketika Sobat bertanya balik, "Maksudnya, itu Jurusan Administrasi Publik?" Namun yang terjadi berikutnya adalah kalian bersikeras dengan nama jurusan masing-masing.

Santuy, Sobat. Perselisihan nama jurusan, apakah Administrasi Negara atau Administrasi Publik, sebenarnya wajar terjadi. Beberapa universitas yang ada Jurusan Administrasi Negara telah mengganti nama jurusan ini menjadi Administrasi Publik. Walau begitu, sebenarnya ada perbedaan antara kedua ilmu administrasi tersebut.

 

Administrasi Negara dan Administrasi Publik, Apa Bedanya?

jurusan ilmu administrasi negara
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Perbedaan Administrasi Negara dan Administrasi Publik mencakup beberapa hal. Pertama, orientasi Administrasi Negara adalah pada aktivitas negara atau pemerintah. Sedangkan Administrasi Publik mencakup tak hanya pihak negara, namun juga pihak swasta dan masyarakat.

Kedua, fungsi pelayanan publik pada Administrasi Negara dijalankan sepenuhnya oleh negara atau pemerintah. Sedangkan pelaksana Administrasi Publik melibatkan tiga unsur sekaligus, yaitu masyarakat, pihak swasta, serta negara atau pemerintah.

Ketiga tipe organisasi Administrasi Negara tidak dapat disebut customer oriented karena birokrasinya cenderung kaku dan mementingkan hierarki. Sedangkan Administrasi Publik memiliki konsep good governance yang diciptakan bersama oleh masyarakat, pihak swasta, dan negara atau pemerintah.

Perbedaan Administrasi Negara dan Administrasi Publik ini turut menentukan kurikulum jurusan dan apa yang dipelajari oleh mahasiswa selama kuliah. Namun pada praktiknya, kuliah di Prodi Administrasi Negara maupun Administrasi Publik akan sangat tergantung dari kultur kampus masing-masing, dosen pengampu setiap mata kuliah, dan seberapa proaktif kita belajar selama kuliah nanti, Sobat.

 

Kuliah Ilmu Administrasi Negara, Bagaimana dan di Mana?

mata kuliah administrasi negara
Photo bPexelsy Pavel Danilyuk on 

Jurusan Administrasi Negara juga dikenal sebagai Jurusan Ilmu Administrasi Negara atau Ilmu Hukum Administrasi Negara. Pada dasarnya, apa yang dipelajari dalam Ilmu Administrasi Negara adalah tentang bagaimana mengelola negara, sistem pemerintahan, merencanakan pembangunan daerah, pelayanan publik bagi masyarakat, tata kelola pemerintahan yang baik, kegiatan birokrasi, dan segala seluk beluk tentang negara.

Kuliah di Jurusan Ilmu Administrasi Negara mengharuskan kita belajar pula tentang hukum dan politik. Asal Sobat tahu nih, keduanya terkait dengan bagaimana kebijakan publik dibuat, diterapkan, dan dievaluasi. Jika meraih gelar Sarjana Administrasi Negara, Sobat Pintar harus menguasai konsep manajemen sektor publik, teori organisasi, kepentingan publik, hingga metode penyelesaian masalah administrasi publik.

Ilmu yang dipelajari di Prodi Administrasi Negara memang membutuhkan pendekatan multidisiplin, mulai dari ilmu pemerintahan, manajemen, administrasi, bahkan statistika. Sederet mata kuliah Administrasi Negara di bawah ini dapat memberimu gambaran yang lebih utuh tentang apa yang dipelajari dalam Ilmu Administrasi Negara.

Dasar-Dasar Logika

Sistem Hukum Indonesia

Azas-Azas Manajemen

Sistem Ekonomi Indonesia

Sistem Politik Indonesia

Filsafat Ilmu

Kepemimpinan

Kebijakan Publik

Organisasi dan Manajemen

Sistem Administrasi Negara Indonesia

Administrasi Pembangunan

Analisis Kebijakan Publik

Hukum Administrasi Negara

Teori Administrasi Negara

Manajemen SDM

Sistem Informasi Manajemen

Teori dan Praktek Governance

Teori Pembangunan

Evaluasi dan Pengawasan Pembangunan

Etika Administrasi Negara

Perbandingan Administrasi Negara

Perilaku dan Pengembangan Organisasi

Manajemen Pelayanan Publik

Demografi

Administrasi Pemerintahan Daerah

Organisasi Regional Internasional

Administrasi Keuangan Negara dan Daerah

Kebijakan APBD

Public Control

Perencanaan Pembangunan Daerah

Problema Pembangunan

Ekonomi Politik Pembangunan

As always, mata kuliah Administrasi Negara di atas tak selalu sama persis di setiap universitas akibat adanya perbedaan kurikulum. Sebagai referensi, beberapa universitas yang ada Jurusan Administrasi Negara dengan akreditasi A BAN-PT yaitu:

Universitas Airlangga

Universitas Lampung

Universitas Pasundan

UPN Veteran Jawa Timur

Universitas Sriwijaya

Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Pattimura

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Jember

Universitas Indonesia

Untag Surabaya

Universitas Islam Malang

Universitas Swadaya Gunung Jati

Universitas Mulawarman

Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

UIN Sultan Syarif Kasim

Universitas Palangka Raya

Universitas Negeri Makassar

Universitas Bandar Lampung

Universitas Medan Area

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Dr. Soetomo

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sumatera Utara

 

 

Lulus Administrasi Negara, Kerja Apa?

gelar sarjana administrasi negara
Photo by cottonbro from Pexels

Kalau melihat mata kuliah Administrasi Negara di atas, kira-kira profesi apa yang cocok buat lulusan Administrasi Negara, Sobat Pintar? Iya, betul. Mereka yang telah meraih gelar Sarjana Administrasi Negara sebenarnya memiliki bekal yang memadai untuk menjadi ASN dan bekerja pada birokrasi pemerintahan, baik di pemerintah pusat maupun daerah.

Pasha Ungu, misalnya, memilki gelar Sarjana Administrasi Negara dan rekam jejak menjabat sebagai Wakil Walikota sebelum kemudian menjadi Plt. Walikota Palu. Lulusan Administrasi Negara yang lain ada yang menjadi dosen, aktivis, politikus, anggota legislatif, aparat pemerintah, bahkan konsultan pemerintahan dan tata negara.

Apakah prospek kerja Jurusan Administrasi Negara ini menarik buatmu, Sobat? Adakah salah satu profesi di atas ada yang menjadi cita-citamu? Lantas, akankah Jurusan Ilmu Administrasi Negara menjadi pilihanmu saat masuk kuliah nanti?

0
40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet