redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Politeknik Negeri Jakarta, Akreditasi, dan Seleksi Masuk

Politeknik Negeri Jakarta menawarkan pilihan jurusan kuliah dan seleksi masuk yang berbeda.

jurusan politeknik negeri jakarta, Photo by Dids on Pexels

Jakarta punya banyak politeknik, tapi pilihan jurusan di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membuat kampus ini cukup menonjol. Di Politeknik Negeri Jakarta jurusan kuliah yang dapat dipilih oleh Sobat Pintar yang akan lulus sekolah tersedia pada Program D1, D3, dan D4. Apa saja jurusan-jurusan itu?

 

Jurusan dan Program Studi Politeknik Negeri Jakarta

politeknik negeri jakarta jurusan

Photo by olia danilevich on Pexels

Setiap jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jakarta menaungi beberapa program studi (prodi). Sebelum menjatuhkan pilihan, di Politeknik Negeri Jakarta jurusan dan akreditasi prodinya apa saja, sih? Selengkapnya berikut ini pilihan jurusan dan program studi Politeknik Negeri Jakarta beserta akreditasinya masing-masing.

Jurusan Teknik Sipil

- D3 Konstruksi Gedung (A)

- D3 Konstruksi Sipil (A)

- D4 Perancangan Jalan dan Jembatan (B)

- D4 Teknik Konstruksi Gedung (B)

Jurusan Teknik Mesin

- D3 Teknik Mesin (A)

- D3 Teknik Konversi Energi (B)

- D3 Teknik Alat Berat (B)

- D4 Manufaktur (B)

- D4 Pembangkit Tenaga Listrik (A)

Jurusan Teknik Elektro

- D3 Elektronika Industri (B)

- D3 Teknik Listrik (B)

- D3 Telekomunikasi (B)

- D4 Instrumentasi dan Kontrol Industri (B)

- D4 Broadband Multimedia (B)

- D4 Teknik Otomasi Listrik Industri (B)

Jurusan Akuntansi

- D3 Akuntansi (A)

- D3 Keuangan dan Perbankan (B)

- D4 Akuntansi Keuangan (B)

- D4 Keuangan dan Perbankan (B)

- D4 Keuangan dan Perbankan Syariah (A)

- D4 Manajemen Keuangan (B)

Jurusan Administrasi Niaga

- D3 Administrasi Bisnis (B)

- D4 Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif, dan Pameran (B)

- D4 Administrasi Bisnis Terapan (B)

Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan

- D3 Teknik Grafika (B)

- D3 Penerbitan (B)

- D4 Desain Grafis (C)

- D4 Teknologi Industri Cetak dan Kemasan (B)

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer

- D1 Teknik Komputer dan Jaringan (B)

- D4 Teknik Informatika (B)

- D4 Teknik Multimedia dan Jaringan (B)

- D4 Teknik Multimedia Digital B)

- D4 Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

Sebagian dari jurusan-jurusan di atas merupakan program kerja sama antara Politeknik Negeri Jakarta dengan B2PLKLN (BLK Cevest Bekasi) dan Asia e-University Malaysia. Bahkan politeknik di Jakarta ini juga membuka program inklusi yang ditujukan khusus bagi calon mahasiswa berkebutuhan khusus, yaitu D3 Manajemen Pemasaran.

 

Program Kerja Sama Politeknik Negeri Jakarta

jurusan di pnj
Photo by Fox on Pexels

Seperti politeknik pada umumnya, Politeknik Negeri Jakarta menyelenggarakan program pendidikan vokasi saja. Dari daftar jurusan dan program studi Politeknik Negeri Jakarta di atas, Sobat Pintar bisa melihat bahwa prodi PNJ memang terdiri dari Program D1, D3, dan D4. Meskipun lama waktu studi ketiganya berbeda, program vokasi selalu bertitik berat pada ilmu terapan dan praktikum daripada perkuliahan teori. Oleh sebab itu, Politeknik Negeri Jakarta menjalin kerja sama dengan banyak pihak seperti PT Jasa marga, LNG Academi, Holcim Academy, B2PLKLN (BLK Cevest Bekasi), dan Asia e-University Malaysia, sebagaimana telah disebutkan di atas.

 

Seleksi Masuk Politeknik Negeri Jakarta

jurusan favorit di PNJ
Photo by Daniel Chekalov on Unsplash

Karena jurusan di PNJ terdiri dari Program D1, D3, dan D4, Sobat Pintar bisa mengikuti SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri), SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), bahkan Seleksi Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk menjadi mahasiswa PNJ. Ragam pilihan ini dapat memberimu kesempatan memilih seleksi dengan peluang lolos terbesar loh, Sobat.

Pada tahun 2021, pendaftaran SNMPN berlangsung sejak 11 Januari hingga 19 Maret. Sementara itu, registrasi akun SNMPTN berlangsung sejak 4 Januari hingga 1 Februari. Untuk pendaftaran SBMPN, pendaftaran dimulai 10 Mei sampai 10 Juni. Jika Sobat Pintar memperhatikan, registrasi akun untuk SBMPTN 2021 dijadwalkan mulai 7 Februari sampai 12 Maret. Jadwal seleksi masuk Politeknik Negeri Jakarta 2022 mungkin akan berbeda, tetapi tanggal-tanggal di atas dapat digunakan sebagai patokan buat mengecek info pendaftaran di politeknik di Jakarta ini.

Perlu dicatat, pilihan prodi PNJ di SBMPTN tersedia pada jenjang D4 saja ya, Sobat. Pada SBMPTN 2021, ada beberapa jurusan favorit di PNJ, seperti Teknik Informatika, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Multimedia Digital, Akuntansi Keuangan, Manajemen Keuangan, dan Administrasi Bisnis Terapan. Apakah salah satunya adalah jurusan incaranmu, Sobat Pintar?

Ketahui lebih banyak tentang jurusan incaranmu melalui Cari Jurusan. Sobat Pintar juga bisa mencari tahu tentang politeknik di Jakarta yang lain melalui Cari Kampus.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet