redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Kreatif Menggunakan Power Point untuk Media Pembelajaran

8 cara kreatif membuat power point untuk pembelajaran

Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Power point media pembelajaran sudah umum digunakan dalam dunia pendidikan saat ini. Guru Pintar pasi sudah sangat familiar dengan power point ini. Microsoft Power Point adalah sebuah software yang dapat membantu Guru Pintar dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional, dan juga mudah. Media powerpoint dapat membantu Guru Pintar dalam menyampaikan materi pembelajaran mejadi lebih menarik dan jelas.  Media powerpoint sangat cocok diaplikasikan untuk siswa berbagai usia. Guru Pintar tinggal menyesuaikan kontendan juga template-nya saja.

Power point sebagai media pembelajaran memiliki banyak keunggulan. Power point merupakan cara membuat presentasi yang menarik tidak hanya bagi masyarakat umum, tetapi juga untuk guru-guru yang mengajardi kelas. Membuat power point menarik tidak rumit begitu pula cara mengoperasikannya juga mudah. Hal yang perlu Guru Pintar pikirkan adalah bagaimana membuat media power point yang semenarik dan sekreatif mungkin sehingga dapat menjadi media pembelajaran yang efektif sekaligus alat untuk membangkitkan minat belajar siswa.

Berikut ini adalah 8 cara kreatif membuat power point untuk pembelajaran yang dapat Guru Pintar coba:

1. Membuat Killer Opening Slide yang kreatif


Foto oleh Mikael Blomkvist dari Pexels

Cara membuat ppt yang menarik perhatian siswa salah satunya dengan membuat killer opening slide. Apa itu killer opening slide? Killer opening slide adalah sebuah slide pembuka presentasi yang dapat mengundang perhatian audiensnya atau dalam hal ini adalah siswa. Awal presentasi merupakan titik di mana Guru Pintar harus dapat membuat siswa tertarik dan penasaran pada materi yang akan diajarkan.

Tips untuk membuat pembuka presentasi yang menarik adalah dengan menggunakan gambar-gambar yang menarik dan unik. Jangan lupa untuk menggunakan juga warna-warna yang mencolok namun tetap sedap dilihat. Awal presentasi adalah penentu keberhasilan keseluruhan presentasi. Jika awal presentasi Guru Pintar cukup menarik, maka siswa akan tertarik untuk terus memperhatikan presentasi sampai akhir.

2. Menggunakan Tema

Media pembelajaran Power point
Photo by Jess Bailey on Unsplash

Membuat power point menarik tidaklah sulit. Jika tidak bisa membuat sendiri, Guru Pintar dapat menggunakan tema atau theme custom dari Power Point. Biasanya Microsoft sudah menyediakan tema-tema yang dapat Guru Pintar gunakan secara gratis. Guru Pintar juga dapat mendapatkan tema-tema yang unik dan menarik dari website yang memang menyediakan tema power point secara gratis. Tentu saja tema-tema gratis ini sangat populer dan banyak digunakan oleh orang lain juga. Jika menginginkan tampilan presentasi yang berbeda, Guru Pintar dapat membuat sendiri atau dapat juga menggunakan tema premium dari website penyedia tema PowerPoint.

Tema-tema ini tidak hanya membuat power point semakin menarik, namun juga dapat menjadi pemantik ide karena mengandung banyak gagasan. Jadi tema tidak hanya sekedar menyuguhkan seperangkat warna dan font pilihan yang menarik, tetapi juga juga hadir dengan gagasan untuk desain slide presentasi Guru Pintar.

3. Menggunakan Slide Master

Cara membuat power point pembelajaran yang menarik memang penting. Tetapi sebuah presentasi yang baik juga harus memiliki kesinambungan dan konsistensi antar slide-slide dalam presentasi. Di sinilah peran fitur Slide Master sangat dibutuhkan.  Fitur ini dapat menjaga konsistensi elemen-elemen slide seperti font atau gaya tulisan, gambar, warna latar belakang slide, dan lain-lain. Fitur yang satu ini juga dapat membuat Guru Pintar lebih menghemat waktu pembuatan. Slide Master dapat digunakan sebagai template sesuai keinginan dalam waktu yang lebih singkat.

4. Gunakan Teks yang Tepat dan Mudah Dibaca

PPT materi media pembelajaran yang menarik sebaiknya tidak mengandung terlalu banyak tulisan apalagi full tulisan seperti buku pelajaran. Tuliskan teks-teks penting yang memuat poin utama saja. Selain itu, Guru Pintar harus memastikan teks yang ada dalam presentasi mudah dibaca. Gunakan ukuran font yang cukup besar sehingga tetap terlihat dengan baik dan dapat dibaca oleh murid yang duduk di kursi paling belakang sekalipun. Pemilihan warna juga penting supaya materi yang ingin disampaikan dapat terbaca dengan baik.

5. Jangan Pindahkan Isi Buku ke Power Point

Seperti sudah disampaikan pada poin nomor 4, presentasi dalam power point hendaknya singkat dan padat. Bukan memindahkan isi buku pelajaran. Tuliskan poin-poin pentingnya saja. Elaborasi akan poin-poin dapat Guru Pintar sampaikan secara lisan saat memberikan presentasi. Dengan penulisan poin-poin penting, siswa akan lebih mudah mengingat pelajaran.

6. Menggunakan Gambar dan Video yang Mendukung

Dapat dikatakan bahwa power point ini merupakan media yang berbasis multimodal. Guru Pintar tidak hanya dapat menggunakan teks saja, tetapi juga dapat memasukkan audio dan juga video pada presentasi power point. Gambar dan video dapat Guru Pintar jadikan sebagai alat untuk menjelaskan poin-poin penting yang dipresentasikan sehingga makin mudah dipahami oleh siswa.

7. Menyajikan Presentasi dalam Bentuk Video

Selain dapat memasukkan video dalam slide presentasi, Guru Pintar juga dapat membuat video dari presentasi yang dibuat dengan power point. Cara membuat video pembelajaran dengan powerpoint cukup mudah kok, Guru Pintar. Setelah semua slide selesai dibuat, Guru Pintar tinggal mengekspor file ke dalam bentuk video. Caranya klik file, kemudian klik export, dan yang terakhir klik create a video.

8. Membuat Permainan Edukatif

Power point menyajikan materi tentu sudah biasa. Hal kreatif yang dapat Guru Pintar buat dengan power point adalah membuat permainan edukatif berbasis power point. Salah satu games atau permainan edukatif yang dapat Guru Pintar buat menggunakan power point adalah memory games. Tutorial membuat permainan ini sudah banyak ditemukan di berbagai artikel ataupun video di Youtube.

Nah, demikianlah 8 cara kreatif membuat power point untuk pembelajaran. Tunggu apa lagi, Guru Pintar? Ayo segera buat media yang menarik dengan power point ini.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet