redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Teknik Lingkungan: Kuliahnya, Kampusnya, Hingga Prospeknya

Ketahui semua tentang Jurusan Teknik Lingkungan, mulai dari ilmunya hingga ragam profesinya.

Jurusan Teknik Lingkungan, photo by oxonimage on pixabay

Jurusan teknik itu nggak melulu Teknik Sipil atau Teknik Elektro, tapi ada juga Jurusan Teknik Lingkungan! Udah kenal ama jurusan ini, Sobat? Apa itu Teknik Lingkungan? Apa yang dipelajari di Teknik Lingkungan? Di mana kuliahnya? Bagaimana pula peluang kerjanya? Yuk, kepoin!

 

Apa Itu Teknik Lingkungan?

Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu tentang pengelolaan lingkungan yang sehat, konservasi sumber daya air, pengendalian pencemaran akibat limbah, dan berbagai permasalahan lingkungan yang lain beserta solusinya. Pada dasarnya, Teknik Lingkungan adalah ilmu tentang teknik pengolahan air, limbah, dan berbagai hal lain yang terkait dengan lingkungan.

Kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan akan membekalimu dengan ilmu teknik. Untuk menyelesaikan berbagai masalah lingkungan, seperti yang telah disebutkan di atas, kita memanfaatkan teknologi guna mempermudah pekerjaan dan mangurangi human error.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Lingkungan?

Kalau begitu, apa yang dipelajari di Teknik Lingkungan? Ilmu Teknik Lingkungan sendiri cukup dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mengurangi penggunaan plastik dalam keseharian kita, misalnya, adalah salah satu kontribusi praktis dalam mengendalikan pencemaran lingkungan.

Namun di Jurusan Teknik Lingkungan, kita belajar tentang berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya yang lebih kompleks. Beberapa mata kuliah yang akan Sobat pelajari di Jurusan Teknik Lingkungan adalah Mekanika Fluida, Kesehatan Lingkungan, Hidrologi dan Hidrogeologi, Epidemiologi Lingkungan, Pengelolaan Persampahan, Pencemaran Udara, Sewerage & Drainase Berkelanjutan, Rekayasa Lingkungan, Infrastruktur dan Sanitasi, Pengelolaan Limbah Industri, dan masih banyak lagi.

Selain ilmu tentang Teknik Lingkungan, mahasiswa Jurusan Teknik Liingkungan juga dapat mengembangkan skills penting selama kuliah. Beberapa diantaranya yaitu keterampilan eksperimen, desain, penelitian, menulis, analisis, aplikasi Matematika, aplikasi rekayasa, aplikasi sains, teamwork, maupun problem solving.

 

Di Mana Kuliah Teknik Lingkungan?

Permasalahan lingkungan saat ini sangat kompleks. Kebutuhan akan ahli-ahli lingkungan, seperti konsultan lingkungan, pun terus meningkat. Demi memenuhi kebutuhan ini, berbagai universitas negeri dan swasta membuka Jurusan Teknik Lingkungan.

Di mana sajakah universitas yang ada Jurusan Teknik Lingkungan? Let's list them all, Sobat Pintar. Universitas negeri dengan Jurusan Teknik Lingkungan terakreditasi A antara lain Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Mulawarman, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Brawijaya, dan Universitas Indonesia.

Bagaimana dengan universitas swasta? Adakah universitas yang ada Jurusan Teknik Lingkungan? Tentu saja, Sobat! Jurusan Teknik Lingkungan dengan akreditasi A di universitas swasta terdapat di Universitas Pasundan, Universitas Trisakti, dan Institut Teknologi Nasional Bandung.

 

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Lingkungan?

As it's mentioned earlier, kebutuhan akan ahli lingkungan saat ini semakin meningkat. Di pemerintahan, peluang kerja Teknik Lingkungan antara lain di Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PUPR, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, dan lain-lain.

Di sektor swasta, prospek Teknik Lingkungan justru lebih luas lagi, Sobat. Bidang pertambangan, petrokimia, hingga perkebunan membutuhkan alumni Jurusan Teknik Lingkungan. Beberapa perusahaan yang menjadi idola setelah mahasiswa Teknik Lingkungan lulus kuliah antara lain PT Unilever, Chevron, Total, dan lain sebagainya.

Baik di pemerintahan maupun sektor swasta, prospek kerja Teknik Lingkungan dikenal membawa pundi penghasilan yang tak sedikit. Gaji Teknik Lingkungan diketahui berkisar antara Rp3 jutaan sampai Rp16 jutaan per bulan. Tentunya, pengalaman kerja dan jabatan pekerjaan turut mempengaruhi seberapa besar gaji Teknik Lingkungan yang dibawa pulang.

Tapi apa tepatnya profesi-profesi yang dijalani oleh para alumni Jurusan Teknik Lingkungan? Tiga profesi di bawah ini merupakan peluang kerja Teknik Lingkungan yang cukup populer.

1. Aparatur Sipil Negara

Telah disebutkan sebelumnya beberapa kementerian yang membutuhkan Sarjana dari Jurusan Teknik Lingkungan. Pernah memimpikan bekerja di Kementerian sebagai ASN, Sobat Pintar?

2. Konsultan Lingkungan

Seorang konsultan lingkungan banyak melakukan penelitian. Adalah tugas konsultan lingkungan untuk mengidentifikasi kontaminasi di darat, air, maupun udara. Profesi konsultan lingkungan dibutuhkan di lembaga pemerintah dan perusahaan swasta.

3. Entrepreneur

Skills yang kita pelajari selama kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan dapat mengantarkan kita menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha. Meskipun tak ada batasan ruang lingkup entrepreneurship-nya, bidang-bidang yang terkait dengan lingkungan, seperti pengolahan limbah ataupun perpipaan, bisa menjadi langkah awal.

Tentu saja, prospek Teknik Lingkungan tidak terbatas pada ketiga profesi di atas. Perusahaan-perusahaan besar, seperti Krakatau Steel, Aneka Tambang, ataupun Pertamina, membutuhkan ahli-ahli lingkungan yang memahami betul tentang permasalahan dan peraturan yang terkait dengan lingkungan.

Di sinikah minatmu, Sobat? Bila perlu, gunakan Tes Kepribadian untuk mengetahui kemampuan terbaikmu. Dengan mengenali diri sendiri, menjadi entrepreneur atau pegawai akan menjadi pilihan yang sama baiknya.

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet