redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Kuliah IPS Terfavorit di SBMPTN 2019 dan 2020 Soshum

Beberapa jurusan IPS/ Soshum diyakini cukup menjanjikan sehingga dibanjiri banyak peminat.

Jurusan Kuliah IPS, image credit Green Chameleon

Benar nggak sih, Sobat, kalau jurusan kuliah IPS itu ramai? Abisnya, peminat jurusan kuliah Soshum nggak cuma anak IPS, tapi juga anak IPA yang lintas jurusan.

And you know what? Anak IPS dan anak IPA seringnya milih jurusan kuliah Soshum yang itu-itu juga. Alhasil, empat jurusan kuliah ini punya tingkat keketatan yang tertinggi di SBMPTN Soshum 2019 dan SBMPTN Soshum 2020 karena banyaknya peminat. Apa saja keempat jurusan kuliah IPS favorit itu?

 

1. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum adalah jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan – begitulah yang diyakini kebanyakan orang. Tokoh-tokoh masyarakat dengan gelar Sarjana Hukum biasanya berprofesi sebagai pengacara atau notaris. Don't they all look successful, Sobat?

Dibutuhkan perjalanan panjang untuk menjadi seorang pengacara atau notaris. Biasanya profesi-profesi ini mengambil peminatan Ilmu Hukum pada Hukum Pidana atau Hukum Perdata. Selain kedua peminatan tersebut, masih ada pula peminatan Hukum Internasional, Hukum Acara, Hukum Ekonomi, Hukum Lingkungan, serta Hukum dan Teknologi.

Setelah menyelesaikan pendidikan S1, seorang Sarjana Hukum biasanya akan magang atau bekerja di sebuah firma hukum. Setelah beberapa waktu, mereka akan mengambil tes advokat. Dan untuk menjadi seorang notaris, Sobat harus sudah menyelesaikan kuliah Hukum pada jenjang S2.

Pada SBMPTN 2019, Hukum Universitas Diponegoro difavoritkan sebagai jurusan kuliah untuk anak IPS. Kampus incaran berikutnya untuk jurusan ini adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Sebelas Maret. Ilmu Hukum pada ketiga PTN tersebut memang telah terakreditasi A BAN-PT.

 

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi tak jarang disebut sebagai jurusan kuliah untuk anak IPS. Sama seperti Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi juga ada peminatannya yaitu Hubungan Masyarakat atau Public Relations, Advertising, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Massa, Jurnalistik, dan Broadcasting.

Sesuai dengan peminatan yang diambilnya, mahasiswa Ilmu Komunikasi belajar tentang produksi film, pembuatan iklan, fotografi, animasi, desain, maupun jurnalisme. Nah, tak heran bila Ilmu Komunikasi memang dikenal sebagai jurusan untuk anak IPS, bukan?

Pada SBMPTN 2019, Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menerima pendaftar paling banyak. Sedangkan pada SBMPTN 2020 di rumpun Soshum, Ilmu Komunikasi dengan keketatan tertinggi berada di Universitas Indonesia, disusul oleh Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Gadjah Mada.

 

3. Manajemen

Ketika ditanya, anak SMA jurusan IPS kuliah jurusan apa? Atau, jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja? Jawaban yang hampir selalu muncul adalah Manajemen atau Ekonomi. Entah bagaimana Manajemen lekat dengan status kuliah jurusan IPS.

Peminatan Manajemen cukup beragam, meliputi Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Syariah, dan Manajemen Produksi. Barangkali keragaman inilah salah satu faktor yang mendorong keyakinan bahwa Manajemen merupakan jurusan kuliah IPS yang menjanjikan.

Pada SBMPTN 2019, Manajemen terfavorit berada di Universitas Negeri Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jakarta, dan UPN Veteran Jawa Timur. And yes, Manajemen di universitas-universitas tersebut telah terakreditasi A BAN-PT.

Pada SBMPTN Soshum 2020, Manajemen Universitas Padjadjaran memiliki keketatan teretinggi. Peminat terbanyak jurusan kuliah Soshum ini berikutnya berada di Universitas Gadjah Mada.

 

4. Hubungan Internasional

Banyak isu-isu global, seperti keamanan, lingkungan, politik, hingga perdagangan dunia, yang menjadi bahasan menarik selama kuliah di jurusan IPS ini. Beberapa minat kajian yang ditawarkan di Jurusan Hubungan Internasional antara lain Politik Internasional, Kerjasama dan Pembangunan Internasional, dan Keamanan Asia Pasifik.

Alumni HI tak harus menjadi Diplomat atau Duta Besar meskipun keduanya memang karier idaman kebanyakan mahasiswa HI. Tapi peluang kerja HI sebenarnya lebih luas dari yang kita duga selama ini, seperti bekerja di start up, media berita, bahkan perbankan. Tak heran kalau HI dikenal sebagai jurusan kuliah IPS yang menjanjikan.

Hubungan Internasional Universitas Indonesia menjadi jurusan kuliah IPS kedua terketat pada SBMPTN Soshum 2020. HI dengan peminat terbanyak berikutnya berada di Universitas di Gadjah Mada.

 

Bagaimana dengan jurusan incaranmu, Sobat? Apakah salah satu jurusan kuliah Soshum di atas? Did you answer yes? Kalau begitu, sudah siap untuk secure satu seat di SBMPTN mendatang?  

150

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
ilmu hukum
00
kak mau tanya dong, kalo anak ipa mau linjur ke ips itu ambil utbk soshum apa ipc? terima kasih
00
manajemen dan ilmu hukum
00

CssBlog

metablog-web Portlet