redesain-navbar Portlet

null

Blog

Ingin Kuliah Kedokteran? Ketahui tentang Ilmu dan Profesinya

Kedokteran adalah salah satu jurusan kuliah favorit yang memerlukan persiapan matang sebelum masa studinya.

Kuliah Kedokteran, photo by Luis Melendez on unsplash

Bukan rahasia lagi, Jurusan Kedokteran menjadi jurusan favorit dalam seleksi masuk kuliah dari tahun ke tahun. Sobat Pintar juga ingin kuliah di Fakultas Kedokteran? But what did you know about Med School? Yuk, kita mengakrabkan diri dengan segala sesuatu tentang Kedokteran, mulai profesinya hingga biaya kuliahnya.

 

Profesi Kedokteran

Kenapa kuliah di Fakultas Kedokteran? Jika mendapat pertanyaan seperti ini, jawaban yang otomatis kita berikan adalah ingin menjadi dokter. Ya, profesi apa lagi yang diincar setelah belajar Ilmu Kedokteran? Tentu saja dokter!

As surprising as it sounds, alumni Jurusan Kedokteran tak harus menjadi dokter, kok. Tapi hampir setiap mahasiswa Kedokteran memang ingin melanjutkan ke Program Profesi Dokter setelah lulus dari Jurusan Kedokteran. Why is that so? Iya, karena mereka ingin menjadi dokter.

Setelah lulus dari Program Profesi Dokter, barulah Sobat memperoleh gelar dr. dan diikuti dengan program internship. Setelah menyelesaikan program internship, Sobat Pintar dapat membuka praktik dokter mandiri sebagai seorang dokter umum. Jika ingin menjadi dokter spesialis, kita harus kuliah lagi di Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

 

Ilmu Kedokteran

Ilmu Kedokteran adalah ilmu tentang pemeliharaan kesehatan serta pencegahan, pengobatan, hingga penatalaksanaan penyakit. Belajar Ilmu Kedokteran berarti kita belajar tentang tubuh manusia – bagaimana sistem kerjanya, kesetimbangannya, hingga cara menjaga kesetimbangan tersebut.

Karena begitu pentingnya peran Ilmu Kedokteran, tak heran bila proses untuk menjadi dokter membutuhkan waktu yang tak sebentar. Dan jika kita mempelajari spesialisasinya di Program Pendidikan Dokter Spesialis, Ilmu Kedokteran masih bercabang lagi menjadi ilmu kesehatan anak (pediatri), ilmu penyakit saraf (neurologi), dan lain-lain. Yes, it's a long journey, Sobat.

 

Kode Etik Kedokteran

Saat menjalani profesinya, seorang dokter berpegang pada kode etik kedokteran. Kode etik profesi dokter tersebut mengatur kewajiban seorang dokter secara umum, pada pasien, teman sejawat, dan diri sendiri.

Kewajiban umum profesi dokter misalnya mengamalkan sumpah dokter, tidak memuji diri, memberikan pelayanan medis, dan masih banyak lagi. Sedangkan kepada pasien, salah satu kewajiban profesi dokter adalah merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang pasien.

Seorang dokter juga berkewajiban memperlakukan teman sejawatnya sebagaimana ia sendiri ingin diperlakukan. Dan pada dirinya sendiri, dokter wajib memelihara kesehatannya agar dapat bekerja dengan baik. Itulah sebagian dari kode etik profesi dokter di Indonesia.

 

Kuliah Kedokteran

As it's mentioned earlier, perjalanan atau proses untuk menjadi seorang dokter itu cukup panjang. Kuliah kedokterannya sendiri terbagi pada jenjang S1 di Jurusan Kedokteran, diikuti dengan Program Profesi Dokter. Again, ada empat tahapan yang harus dilalui hingga seorang dokter dapat berpraktik secara mandiri.

Setelah itu, jika ingin menjadi dokter spesialis, ada beberapa pilihan spesialisasi di Program Pendidikan Dokter Spesialis. (PPDS). Beberapa spesialisai profesi dokter yang ada di Indonesia yaitu spesialisasi anak, akupuntur medik, bedah, gizi klinik, kedokteran jiwa, kedokteran olahraga, patologi anatomi, penyakit dalam, radiologi, dan masih banyak lagi.

 

Kampus-Kampus dengan Fakultas Kedokteran Favorit

Meskipun seleksi masuknya tak bisa dibilang mudah, Jurusan Kedokteran tetap menjadi favorit. Bahkan ada beberapa Fakultas Kedokteran yang lebih difavoritkan, Sobat!

Kampus-kampus dengan Fakultas Kedokteran favorit tersebut antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran. Yeah, bukan tanpa alasan bila Fakultas Kedokteran di universitas-universitas ini difavoritkan. Did you know one of the reasons? Iya, karena mereka adalah Fakultas Kedokteran terbaik!

 

Biaya Kuliah Kedokteran

Lolos seleksi masuk Jurusan Kedokteran itu satu hal. Adalah hal lain lagi kalau kita membahas tentang biaya kuliahnya. Yup! Nggak ada yang bilang kuliah kedokteran itu murah.

Baik di universitas negeri maupun swasta, Jurusan Kedokteran selalu berada di posisi teratas dalam urutan biaya kuliah. UKT Jurusan Kedokteran Universitas Airlangga, misalnya, mencapai Rp25.000.000,00. Di universitas swasta, seperti di Universitas Islam Indonesia, total biaya kuliah di Fakultas Kedokteran berkisar antara Rp326.680.000,00 hingga Rp376.680.000,00.

 

Beasiswa Kedokteran

It's a lot sum of money, isn't it? Bagaimana bila kita memiliki keterbatasan dana untuk kuliah di Jurusan Kedokteran? Don't you worry, Sobat Pintar. Ada beasiswa untuk mahasiswa Jurusan Kedokteran yang dapat membantu kelancaran studimu.

Universitas Indonesia, misalnya, menawarkan Beasiswa Paripurna untuk Bangsa. Universitas-universitas swasta, seperti Universitas Pelita Harapan atau Universitas Atma Jaya, pun menawarkan beasiswa untuk kuliah di Jurusan Kedokteran. Isn't it a good offer, Sobat?

All in all, persiapkan diri sebaik mungkin untuk belajar Ilmu Kedokteran. Perjalanannya akan cukup panjang dan berliku, jadi kita harus bersiap bekal. And don't forget to enjoy the journey along the way.

160

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Kunjungi Pameran