redesain-navbar Portlet

null

Blog

Jurusan Teknik Telekomunikasi: Pilihan Peminat Komputer Jaringan

Ilmu telekomunikasi yang dipelajari di Teknik Telekomunikasi bukan hanya tentang jaringan kabel, tapi juga komputer.

jurusan teknik telekomunikasi, photo by islandworks on Pixabay

Bukan hanya ilmu komunikasi, namun ilmu telekomunikasi pun terhitung penting saat ini. Ingatkah, Sobat Pintar? Sekolah dan kuliah masih dilakukan secara tatap muka sampai tahun lalu. Sekarang kita harus mengikuti seluruh kelas secara daring. Suka atau tidak, terpaksa atau sukarela, perkembangan teknologi memengaruhi, bahkan mengubah, cara kita berkomunikasi. Komunikasi kita sekarang melibatkan sinyal, transmisi data, dan jaringan komputer.

 

Mengenal Ilmu Telekomunikasi di Perguruan Tinggi

jaringan telekomunikasi digital
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Apa itu ilmu telekomunikasi? Ilmu telekomunikasi merupakan ilmu tentang penyebaran informasi dan data melalui gelombang elektromagnetik. Di perguruan tinggi, kita belajar tentang ilmu telekomunikasi di Jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Jaringan Telekomunikasi, Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara.

Dari ketiga jurusan tersebut, Teknik Telekomunikasi terbilang paling populer. Sobat Pintar tahu apa itu Jurusan Teknik Telekomunikasi? Pengertian Teknik Telekomunikasi dapat kita runut dari kata tele dan komunikasi. Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Sedangkan tele dalam Bahasa Inggris berarti jauh.

Maka, apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Telekomunikasi akan senantiasa melibatkan dua komponen tersebut. Dengan kata lain, ilmu telekomunikasi yang kita pelajari di Jurusan Teknik Telekomunikasi terkait dengan cara berkomunikasi jarak jauh.

Here comes the fun fact, Sobat Pintar. Ilmu telekomunikasi berakar dari ilmu elektro bidang arus lemah. Walaupun begitu, ilmu telekomunikasi sejatinya merupakan ilmu interdisipliner. Selain ilmu elektro, belajar ilmu telekomunikasi di Jurusan Teknik Telekomunikasi membuat kita belajar pula tentang ilmu komputer, ekonomi, manajemen, matematika, dan sains. Dengan begitu, kita memiliki bekal ilmu yang memadai untuk belajar ilmu rekayasa atau teknik di bidang telekomunikasi.

 

Kuliah di Jurusan Teknik Telekomunikasi

mata kuliah teknik telekomunikasi
Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Jika memilih kuliah di Jurusan Teknik Telekomunikasi, Sobat Pintar pastinya bakal belajar tentang rekayasa di bidang telekomunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, rekayasa telekomunikasi yang dipelajari tak hanya terkait dengan pemasangan kabel atau jaringan radio. Akan tetapi, ilmu telekomunikasi yang dipelajari juga mencakup rekayasa digital dan komunikasi seluler.

Agar dapat terus mengikuti perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi, apa yang dipelajari di Jurusan Teknik Telekomunikasi pun senantiasa updated. Jika menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Telekomunikasi, Sobat Pintar akan belajar berbagai mata kuliah Teknik Telekomunikasi seperti:

Literasi Manusia

Fisika

Kalkulus

Biologi

Harmony Excellence and Integrity

Algoritma dan Pemrograman

Matriks dan Ruang Vektor

Pemrograman Phython

Variabel Kompleks

Persamaan Diferensial dan Aplikasi

Matematika Diskret

Jaringan Telekomunikasi

Teknik Digital

Probabilitas dan Statistika

Elektromagnetika

Pengolahan Sinyal Waktu Kontinyu

Jaringan Komunikasi Data

Literasi Data

Sistem Komunikasi Optik

Elektromagnetika Telekomunikasi

Pengolahan Sinyal Waktu Diskret

Sistem Antrian

Pemrograman Berbasis Objek

Mikroprosesor dan IoT

Antena dan Propagasi

Kriptografi dan Keamanan Jaringan

Komunikasi Akses Wireless

Manajemen Proyek

Perlu diingat, kurikulum setiap perguruan tinggi tak selalu sama, Sobat. Mata kuliah Teknik Telekomunikasi pada satu kampus tak dapat dibandingkan dengan kampus yang lain. Perbedaan jenjang, apakah DIII, DIV, atau S1, juga membedakan mata kuliah antara satu Jurusan Teknik Telekomunikasi dengan yang lain.

Kalau begitu, di mana sajakah Jurusan Teknik Telekomunikasi terbaik di Indonesia? Berikut ini referensi universitas yang ada Jurusan Teknik Telekomunikasi dengan akreditasi A atau Unggul sesuai dengan jenjang pendidikannya masing-masing.

DIII Jurusan Teknik Telekomunikasi

- Politeknik Negeri Bandung

- Politeknik Elektronik Negeri Surabaya

DIV Jurusan Teknik Telekomunikasi

- Politeknik Negeri Bandung

- Politeknik Elektronik Negeri Surabaya

S1 Jurusan Teknik Telekomunikasi

- Institut Teknologi Bandung

- Universitas Telkom

Sebagai referensi tambahan, Jurusan Jaringan Telekomunikasi Digital bisa menjadi alternatif pembanding jika Sobat Pintar masih menimbang-nimbang kuliah di Jurusan Teknik Telekomunikasi. Jurusan Jaringan Telekomunikasi Digital ada di Politeknik Negeri Malang dan saat ini terakreditasi B.

 

Bekerja di Bidang Telekomunikasi

ilmu telekomunikasi
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Melihat cara belajar kita yang dapat berubah begitu drastis hanya dalam satu tahun belakangan, bagaimana dengan cara kita berkomunikasi dalam tahun-tahun ke depan? Bukankah potensi perubahan dan perkembangan cara kita berkomunikasi akan semakin besar? Jika demikian, peluang kerja teknik telekomunikasi tak dapat dipandang sebelah mata.

Prospek kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi saat ini terutama di berbagai perusahaan-perusahaan telekomunikasi ataupun jaringan internet. Profesinya cukup beragam, mulai dari operator, mekanik, arsitek jaringan komputer, arsitek sistem komputer, administrator sistem jaringan dan komputer, arsitek database, manajer sistem komputer dan informasi, analis sistem komputer, hingga konsultan di bidang telekomunikasi.

Karena kuatnya dasar tentang ilmu komputer jaringan yang dipelajari di Jurusan Teknik Telekomunikasi, hacking menjadi hal yang tak sulit untuk dilakukan oleh alumni jurusan ini. Namun alih-alih menjadi hacker, profesi ahli jaringan komputer sepertinya lebih keren sih, Sobat. Apalagi kalau Sobat Pintar sudah memperoleh sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA), bakal jadi keren kuadrat, tuh!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet