APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jurusan yang Melakukan Praktikum Apakah Mengeluarkan Biaya Lebih?

Biaya praktikum menjadi salah satu poin penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah.

Photo by Chokniti Khongchum on Pexels

Pembahasan praktikum boleh dibilang baru buat anak SMA. Hanya satu-dua mapel yang melakukan praktikum di sekolah, seperti Biologi atau Kimia. Selebihnya, konsep praktikum mungkin masih tak biasa buat kebanyakan kita.

Sementara itu, praktikum menjadi rutinitas kuliah di beberapa jurusan. Kalau kamu bukan anak SMK atau mengikuti kelas Biologi dan Kimia di SMA/MA, misalnya, praktikum kuliah bisa menjadi hal baru, Sobat Pintar. Nah, apa itu praktikum kuliah? Apakah jurusan impianmu bakal melakukan praktikum juga? Yuk, kita bahas soal praktikum mahasiswa sebelum kamu masuk kuliah!

 

Apa Itu Praktikum?

jurusan yang banyak praktek
Photo by Lucas Vasques on Unsplash

Praktikum kuliah adalah kegiatan praktik yang dirancang untuk memperkuat pemahaman teoritis yang diajarkan di dalam kelas. Praktikum bisa memiliki durasi, intensitas, dan metode pelaksanaan yang berbeda-beda, tergantung mata kuliah, institusi, dan tujuannya.

 

Apa Tujuan Praktikum?

sejumlah siswa patungan untuk membeli alat praktikum
Photo by sean Kong on Unsplash

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, tujuan dari praktikum adalah untuk memperkuat pemahaman teoritis mahasiswa. Bila diuraikan lagi dengan lebih detail, tujuan atau fungsi praktikum dalam perkuliahan adalah sebagai berikut.

1. Penerapan Konsep Teori

Tujuan dari praktikum yang utama adalah penerapan teori yang telah dipelajari. Mahasiswa dapat menerapkan konsep-konsep yang dipelajari di kelas ke dalam situasi nyata atau simulasi situasi nyata.

2. Pengembangan Keterampilan Praktis

Praktikum mahasiswa dirancang untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam bidang studinya. Keterampilan praktis tersebut bisa berupa keterampilan laboratorium, penggunaan perangkat lunak atau peralatan khusus, bisa juga keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

3. Pemahaman Mendalam

Melalui mata kuliah praktikum, mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung untuk memperdalam pemahamannya tentang materi yang dipelajari. Selama praktikum, mahasiswa sering kali mendapatkan perbedaan atau penerapan yang tidak ditemukannya selama kuliah.

4. Kolaborasi dan Komunikasi

Mata kuliah praktikum memerlukan kerja tim, yang mengharuskan mahasiswa saling berkolaborasi. Praktikum juga sering kali memerlukan laporan atau presentasi. Untuk menyusun dan mempresentasikan laporan percobaan atau praktikum tersebut, dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik.

5. Eksplorasi Karier

Praktikum mahasiswa bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan wawasan tentang peluang karier setelah lulus kuliah. Melalui praktikum, mahasiswa dapat mengamati berbagai bidang pekerjaan dan menemukan minatnya.

 

Apa Saja Praktikum di Perguruan Tinggi?

apa itu praktikum kuliah
Photo by RF._.studio on Pexels

Telah disebutkan juga di atas bahwa praktikum mahasiswa bisa berbeda durasi, intensitas, dan metode pelaksanaannya. Kurikulum prodi terutama berpengaruh terhadap perbedaan tersebut. Di bawah ini beberapa contoh pratikum yang dikerjakan oleh mahasiswa di beberapa program studi yang berbeda.

1. Praktikum Laboratorium

Kimia, Fisika, Biologi, atau Ilmu Komputer adalah beberapa jurusan yang banyak praktek di laboratorium. Kegiatan praktikum pada umumnya berupa eksperimen dan observasi langsung di laboratorium untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari di dalam kelas.

2. Praktikum Lapangan

Beberapa program studi, seperti Geografi, Biologi, atau Pertanian, biasanya memiliki mata kuliah praktikum lapangan. Selama mengerjakan praktikum lapangan, mahasiswa melakukan studi atau penelitian di lokasi yang sesungguhnya. Survei lingkungan, penelitian tanah, atau observasi flora dan fauna di habitat aslinya adalah beberapa contoh kegiatan praktikum lapangan.

3. Praktikum Klinik

Mahasiswa Program Studi Kedokteran, Keperawatan, atau Psikologi Klinis biasanya melakukan praktikum klinik di rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Kegiatan praktikum mahasiswa ini meliputi pengamatan dan partisipasi dalam diagnosis, perawatan, dan penanganan pasien di bawah pengawasan tenaga medis.

4. Praktikum Pendidikan

Program studi pendidikan juga termasuk jurusan yang banyak praktek, Sobat! Kegiatan praktikum di sekolah biasanya berlangsung selama beberapa bulan. Para calon guru tersebut praktik mengajar di kelas dan mengamati pembelajaran di kelas secara langsung.

5. Praktikum Industri

Beberapa program studi teknik atau manajemen biasanya menawarkan praktikum di perusahaan atau industri terkait. Fungsi praktikum dalam perkuliahan seperti ini adalah memberikan pengalaman praktis di lingkungan kerja. Melalui praktikum, mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan teoritisnya secara nyata.

6. Praktikum Studio

Mahasiswa Seni Rupa atau Desain Grafis bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktikum di studio atau galeri seni. Dalam praktikumnya, mahasiswa jurusan-jurusan tersebut belajar teknik-teknik baru dan berkolaborasi dengan seniman lain. Kadang kala hasil pratikum bisa berupa pameran karya seni.

7. Praktikum Penelitian

Praktikum penelitian bisa menjadi pilihan di jurusan-jurusan tertentu atau wajib dikerjakan untuk tugas akhir/skripsi. Praktikum penelitian biasanya dikerjakan di bawah bimbingan dosen atau peneliti. Tujuan dari praktikum penelitian adalah mengembangkan keterampilan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan menyumbangkan pengetahuan baru dalam bidang studinya.

 

Apakah Praktikum Bikin Kuliah Mahal?

fungsi praktikum dalam perkuliahan
Photo by Juan Ramos on Unsplash

Nah, sampai sini mungkin kamu bertanya-tanya, biaya praktikum itu ditanggung secara mandiri oleh mahasiswa atau dibiayai oleh kampus? Jawabannya sangat beragam, Sobat.

Pada umumnya, mata kuliah praktikum tidak memerlukan biaya yang fantastis, bahkan bisa jadi gratis. Hanya saja, mahasiswa harus melengkapi keperluan praktikumnya sendiri, seperti menyiapkan tanaman atau hewan tertentu bagi mahasiswa Biologi. Biaya transportasi untuk praktikum lapangan juga biasanya menjadi tanggungan pribadi mahasiswa.

Keumuman lainnya dalam praktikum mahasiswa adalah status kampus negeri atau swasta. Biasanya kampus negeri tidak mengenakan biaya praktikum, sementara kampus swasta sudah menyebutkan nominal biaya praktikum kuliah bersama dengan UKT.

Perlu dicatat, keumuman seperti ini tidak bisa digeneralisasi atau dipukul rata. Akan selalu ada pengecualian kasus per kasus.

Yang pasti, tidak bisa dipungkiri bahwa kuliah di jurusan yang banyak praktek berarti harus siap dengan biaya kuliah tambahan. Seandainya pun biaya praktikum sudah gratis, tetapi karena kelompokmu atau kamu sendiri tidak sengaja merusak peralatan praktikum, misalnya, maka kalian harus mengganti peralatan tersebut.

Buat anak SMK yang sudah terbiasa praktikum, kejadian tak terduga seperti itu mungkin pernah terjadi. Bila ada sejumlah siswa patungan untuk membeli alat praktikum di sekolah, kejadian yang sama juga bisa dialami oleh mahasiswa di kampus.

Masih ada satu lagi fenomena umum perihal biaya praktikum, Sobat. UKT di jurusan yang banyak praktek cenderung lebih besar daripada UKT di jurusan-jurusan yang tidak memiliki mata kuliah praktikum, baik di kampus negeri maupun swasta.

Akan tetapi, praktikum bukan penyebab utama besarnya biaya kuliah. Memang betul, jurusan yang banyak praktek cenderung mengenakan UKT yang lebih besar. Namun bukan berarti jurusan-jurusan lain tidak memerlukan biaya penelitian untuk tugas akhir/skripsi, yang bisa jadi nominalnya juga tak sedikit.

Nah, bagaimana dengan jurusan impianmu, Sobat Pintar? Terlepas dari biayanya, pertanyaan yang tak kalah penting adalah apa kamu bakal enjoy kuliah di jurusan yang banyak praktek? Selain mengetahui kurikulum perkuliahan di jurusan impianmu, kamu juga harus memahami tipe kepribadianmu sendiri. Ikuti Tes Kepribadian sebelum menentukan jurusan kuliah, ya!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog