CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Laporan Percobaan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, dan Contoh Laporan percobaan.

Mengenal teks laporan percobaan tujuan, ciri-ciri, struktur, hingga contohnya

Photo by SDI Productions on iStock

Halo, Sobat Pintar! Berdasarkan gambar tersebut, tentu yang kita bahas kali ini adalah eksperimen atau percobaan. Jika sobat pintar telah melakukan sebuah percobaan, tentu setelahnya harus melaporkannya bukan? Nah, laporan tersebut umumnya disebut sebagai teks laporan percobaan. Oleh karena itu, agar sobat pintar paham bagaimana menyusun sebuah teks laporan percobaan, yuk simak materinya berikut ini!

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Secara umum, teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, hasil eksperimen atau laporan praktikum yang di dalamnya memaparkan bahan, alat, dan proses percobaan.  Mengutip dari buku Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMP & MTs Kelas 3 oleh Dawud dkk, percobaan dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap suatu objek.
Biasanya, seseorang atau kelompok yang  akan melakukan percobaan punya dugaan hasil atau hipotesis. Hipotesis tersebutlah yang harus diuji dan dibuktikan dalam kegiatan percobaan.

Sebenarnya teks laporan percobaan tidak jauh berbeda dengan teks laporan observasi. Namun, jika dicermati dengan saksama, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses eksperimen yang dilakukan.

Tujuan Teks Laporan Hasil Percobaan

Tujuan percobaan adalah memahami suatu materi dengan cara eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan cara pengamatan guna mengenali hubungan sebab akibat antara gejala. Jadi, isi dari teks laporan percobaan dimulai dengan pemaparan tujuan, proses, sampai percobaan yang dibuat secara sistematis.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Percobaan 

Teks laporan hasil percobaan memiliki ciri-ciri berikut ini:
1. Melaporkan hasil percobaan.
2. Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu.
3. Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan.
4. Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.
5. Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan.
6. Memaparkan pencatatan hasil percobaan.
7. Di akhir laporan dipaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan.

Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan

Umumnya, teks laporan percobaan terdiri dari 5 struktur. Simak struktur berikut ini sebelum lanjut ke contoh teks laporan percobaan ya, Sobat!

1. Tujuan

Pada bagian ini, sobat harus menjelaskan latar belakang mengapa percobaan ini perlu dilakukan.

2. Bahan dan Alat

Tuliskan alat-alat yang memang benar digunakan pada saat percobaan. Bahan yang memang benar digunakan ditulis sesuai dengan apa yang digunakan saat percobaan.

3. Langkah percobaan

Sebutkan dan deskripsikan secara rinci proses atau langkah sistematis dalam proses percobaan yang sobat lakukan. Selain itu, sampaikan langkah percobaan atau cara kerja menggunakan kalimat aktif bukan kalimat suruh sehingga menceritakan  apa  yang telah dilakukan saat percobaan.

4. Hasil Percobaan

Pada bagian ini, sobat dapat menjelaskan hasil pengamatan sesuai dengan apa yang didapatkan saat percobaan. Uraikan hasil percobaan secara detail.

5. Kesimpulan

TTerakhir, buat kesimpulan dari seluruh rangkaian proses percobaan yang sobat lakukan hingga ke hasil yang sobat peroleh. Kesimpulan merupakan jawaban dari hipotesis yang diajukan.

Contoh teks Laporan Observasi


Ilustrasi by Tyas on iStock

Percobaan Membuat Telur Asin

Tujuan 

Telur asin adalah telur yang dibuat dari telur bebek yang sudah melalui proses pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi sehingga mengkonsumsi telur asin bisa bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi telur asin adalah menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi penglihatan. Proses pembuatan telur asin sangat mudah dan sederhana dan dilakukan dengan cara tradisional. 

Alat dan bahan

Telur bebek
Abu gosok
Tanah liat
Garam
Ampelas

Langkah-langkah percobaan

1. Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis.
2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam hingga merata.
3. Lapisi telur yang sudah diamplas menggunakan bahan campuran tadi.
4. Diamkan telur pada suhu ruang hingga 20 hari atau 3 minggu.

Kesimpulan

Dari hasil percobaan telur asin di atas menghasilkan kandungan gizi yang cukup lengkap dan cocok dikonsumsi oleh segala usia, kecuali bagi penderita darah tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya kandungan garam pada telur asin. Meskipun telur asin memiliki kandungan gizi yang lengkap, tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Nah, segitu dulu ya Sobat pembahasan kita kali ini! Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

Writer: Ranti Minhaqillah
Editor: Khusnia

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog