redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.powerschool.com

Kamu Pengguna Earphone? 3 Risiko Seram Ini Patut Dicermati

Gaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa

Earphone sudah menjadi bagian dari lifestyle kita masa kini. Bagaimana denganmu? Seberapa sering kamu menggunakan aksesoris smartphone ini? Sama tak terpisahkannya seperti kamu dengan smartphonemu? Padahal, sebenarnya penggunaan earphone yang berlebihan dapat mengakibatkan beberapa masalah, lho.

 

1. Gangguan Pendengaran

Kamu bisa mendengar saat temanmu berbisik-bisik membicarakanmu dengan teman yang lain? Enggak? Selamat! Berarti kamu manusia normal yang hanya bisa mendengar suara percakapan wajar pada kisaran 60 desibel (dB).

Pendengaran kita masih bisa mentolerir, bahkan menikmati, suara yang cukup keras pada 80 dB. Akan tetapi, 5 dB diatasnya, pendengaran kita sudah mencapai ambang batas aman. Bila kamu tak ingin kehilangan pendengaran, jangan sampai mendengarkan suara diatas 85 dB – apalagi mendengarkannya cukup sering dan dalam durasi yang lama.

Sebagai gambaran, suara mesin pemotong rumput mencapai 90 dB dan konser musik rok sekitar 120 dB. Bagaimana dengan earphone? Sebagian besar earphone menghasilkan suara pada kisaran 95-108 dB – yup, lebih keras dari suara mesin pemotong rumput. Artinya, ketika menggunakan earphone dalam waktu yang cukup lama, kamu telah merusak syaraf telingamu dengan sengaja.

Coba perhatikan, saat hening tak ada suara dari luar, apakah ada suara mendenging di telingamu? Gesekan earphone dengan telinga dalam durasi yang lama dapat mengakibatkan dengung suara tersebut. Dan bisa jadi, gangguan ini adalah awal dari penurunan pendengaran – dalam hal ini, tak terkait dengan usia, ya!

 

2. Infeksi Telinga

Saat ini, kamu bisa menemukan beragam model earphone dipasaran. Disisi lain, masing-masing manufacturer saling berkompetisi untuk menghasilkan produk (earphone) yang paling keren dan berkualitas. Semakin jernih suara yang dihasilkan melalui earphone, maka semakin bagus pula kualitasnya. Setidaknya, begitulah keyakinan konsumen dan pasar saat ini secara umum.

Sayangnya, demi kualitas suara yang bening dan jernih, manufacturer biasanya kurang memperhatikan desain earphone yang mendukung proses eksresi telinga. Telinga kita secara alami memproduksi minyak yang membasahi dinding lorong bagian dalam, kemudian membawa kotoran keluar. Saat telinga kita tertutup earphone cukup lama, dan tak ada aliran udara keluar masuk, proses ekskresi tersebut jadi terganggu.

Lama-kelamaan, tumpukan kotoran di dalam lubang telingamu akan mengeras sehingga perlu bantuan dokter THT untuk mengeluarkannya. Lebih parah lagi, kamu bisa mengalami infeksi telinga – sebuah kondisi yang sama-sama membutuhkan penanganan dari dokter THT.

 

3. Berakibat Kematian

Wuih, serius, nih? Yup, sebenarnya udah banyak kejadian orang meninggal gegara earphone. Eitts, bukan gegara ditelan! Tapi karena perangkat elektronik yang digunakan, biasanya smartphone, sedang tersambung pada listrik – kalau smartphone, biasanya sedang charging. Dari tahun ketahun, kecelakaan seperti ini terjadi diberbagai negara, misalnya di Malaysia, UK, Rusia, dan lain-lain.

 

Jika kamu tak bisa lepas dari earphone, gunakan saja waktu charging smartphonemu sebagai waktu istirahat telingamu dari earphone. Meskipun sebenarnya, disarankan untuk melepas earphone setelah digunakan selama 15 menit. Selain itu, jangan dibiasakan mendengarkan dengan volume suara yang terlalu keras – biasanya kita suka nggak nyadar mengeraskan volume suara earphone saat berada dalam suasana ramai atau berisik.

Yang tak kalah penting, untuk mengurangi kemungkinan infeksi telinga, sebaiknya jangan saling pinjam-meminjam earphone. By the way, tahukah kamu kapan terakhir kali temanmu membersihkan telinganya sebelum kamu meminjam earphone miliknya?

Lebih masukan Blog

Yuk, Lihat Lagi 3 Jalur Masuk PTN

Kamu sudah tahu bedanya antara SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri? Selamat deh , kalau sudah...

Kenapa Tetap Bangun Pagi saat Liburan? Ini 4 Alasannya

Bangun pagi gegara jam masuk sekolah? Itu biasa saja, nggak ada istimewa-istimewanya. Tapi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line