redesain-navbar Portlet

null

Blog

Karir Pramugari: Ini Dia, Pekerjaan yang Bisa Membuatmu Jalan-Jalan

Ketahui semua tentang pekerjaan pramugari, mulai dari persyaratan hingga keuntungan yang diperoleh.

Karir Pramugari, photo by SandraTropp on Pixabay

Sobat Pintar, adakah yang bercita-cita menjadi pramugari pesawat terbang? Kayaknya kok enak gitu kerjanya, dari satu provinsi ke pulau lain, dari satu negara ke belahan bumi yang lain... Eh, tapi beneran gitu nggak, sih?

 

Siapa Itu Pramugari?

Apa yang Sobat tahu tentang pramugari? Ternyata profesi ini ada padanan namanya dalam Bahasa Inggris loh, Sobat. Dalam bahasa asing ini, ada stewardees (perempuan) dan steward (laki-laki). Namun terdapat pergeseran sehingga profesi stewardees dan steward berubah menjadi flight attendant, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Dalam Bahasa Indonesia pun begitu. Pramugari cenderung mengacu pada perempuan, sedangkan pramugara lebih identik dengan laki-laki. Namun untuk memudahkan, kali ini kita sebut saja pramugari secara umum – tanpa memaknai profesi ini khusus untuk perempuan.

 

Apa Itu Pramugari?

Menurut KBBI, pengertian pramugari adalah karyawati perusahaan pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang. Para petugas yang melayani penumpang di berbagai jenis angkutan umum, seperti pesawat udara, kereta api, dan kapal laut, adalah pramugari. Artinya, karir pramugari sebenarnya tak terbatas pada pramugari pesawat terbang saja.

Akan tetapi, kemudian terjadi penyempitan makna. Sekarang ini kita memahami pengertian pramugari sebagai pramugari pesawat terbang saja.

 

Apa Tugas Pramugari?

Telah disebutkan di atas, pramugari pesawat terbang bertugas melayani penumpang. Tugas pelayanan ini mencakup pemenuhan kebutuhan individual penumpang, seperti menyediakan minuman, makanan, obat-obatan, selimut, dan lain-lain.

Namun sebagai bagian dari awak kabin, tugas pramugari yang terpenting adalah menjaga keamanan dan memastikan keselamatan penumpang. Dalam hal ini, tugas pramugari termasuk memastikan penumpang duduk, memasang sabuk pengaman, menyeleksi barang untuk bagasi, memasukkan atau menurunkan barang dari bagasi, dan lain sebagainya.

Pastinya, sudah menjadi tugas pramugari untuk meminta penumpang mengikuti dan menaati prosedur keamanan di dalam pesawat. Dalam keadaan darurat, job desc dan tanggung jawab pramugari adalah memutuskan tindakan yang dapat menjamin keselamatan dan keamanan penumpang. Bukan job desc yang mudah kan, Sobat?

 

Apa Syarat Menjadi Pramugari?

Karena tanggung jawab yang sedemikian besar, jangan heran bila syarat menjadi pramugari pun tak ringan, Sobat. Untuk menjadi seorang pramugari, kita harus lulus dari sekolah pramugari atau pendidikan pelatihan pramugari – Flight Attendant Training (FAT). Biaya untuk mengikuti pelatihan ini ditanggung oleh individu calon pramugari sendiri.

Kita ambil contoh FAT Garuda Indonesia ya, Sobat. Syarat untuk mengikuti FAT Garuda Indonesia yaitu:

- Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik

- Single

- Sehat jasmani dan rohani

- Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran

- Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional

- Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas

- Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)

- Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

Jika memenuhi kriteria sekolah pramugari yang ditetapkan suatu maskapai penerbangan, Sobat Pintar dapat mengikuti ketika dibuka pendaftaran siswa baru FAT. Eitts, masih ada seleksi yang harus dijalani dong, Sobat. Dengan contoh FAT Garuda Indonesia, tahapan seleksi calon siswa FAT meliputi:

- Pengukuran tinggi/berat badan dan tes penampilan

- Psikotest dan Bahasa Inggris

- background check & wawancara kompetensi

- Pantukhir (Penilaian Panitia Penentu Akhir)

- Medical Examination (Medex).

Kalau lulus seleksi masuk sekolah pramugari, baru deh, kita terbukti memenuhi syarat jadi pramugari. Nah, udah nggak nanyain kan, "Jadi pramugari harus lulusan apa?"

 

Seperti Apa Bekerja sebagai Pramugari?

Sebelum menjadi pramugari pesawat terbang, kita harus memperoleh lisensi dari Dinas Perhubungan dan Transportasi Udara. Untuk memperoleh lisensi tersebut, kita harus melalui beberapa tahapan simulasi training terbang didampingi oleh pramugari senior serta lulus tes materi, kesehatan, dan psikologi.

Sulit menentukan jam kerja pramugari karena sifatnya yang tak tentu (on call). Kapanpun, setiap saat dipanggil untuk bertugas, seorang pramugari pesawat terbang harus bersedia dan siap berangkat menuju bandara dalam waktu kurang dari dua jam. Beberapa maskapai bahkan mengharuskan beberapa hari dalam satu bulan untuk ready reserve. Pramugari yang bertugas jaga ini harus berseragam lengkap jika sewaktu-waktu ditugaskan terbang.

Karir pramugari banyak dipengaruhi oleh jam terbangnya. Semakin banyak jam terbang seorang pramugari, semakin banyak pula pengalaman dan semakin baik skill-nya. Semakin baik review atas pelayanannya, semakin dibutuhkan seorang pramugari pada penerbangan berikutnya. Semakin sering terbang, semakin baik pula jenjang karir pramugari tersebut.

Lantas, bagaimana dengan penghasilan atau gaji pramugari? Beda maskapai, beda pula gaji pramugarinya, Sobat. Kita lanjutkan dengan Garuda Indonesia, ya. Perkiraan gaji pramugari junior pada maskapai ini adalah sebesar Rp2-3 juta per bulan. Sedangkan gaji pramugari seniornya diperkirakan sekitar Rp5-6 juta per bulan.

Jika nominal gaji di atas ditambahkan dengan tunjangan dan bonus kerja, seorang pramugari junior bisa membawa pulang hingga Rp15 juta per bulan. Bahkan, pramugari pesawat terbang yang sudah senior dapat menghasilkan sampai dua kali lipatnya! Yang perlu digarisbawahi, ada banyak faktor yang mempengaruhi besaran gaji pramugari.

Bukan itu saja, Sobat Pintar. Bekerja sebagai pramugari artinya kita berpeluang untuk menikmati penerbangan gratis di luar jam kerja. Jeda waktu antar jadwal penerbangan juga dapat dimanfaatkan untuk jalan-jalan menikmati kota-kota yang disinggahi. Tunjuk tangan sini, siapa yang pengin jadi pramugari pesawat terbang?

 

 

 

Sumber:
www.garuda-indonesia.com
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet