CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kegiatan Liburan Sekolah Seru Meskipun Hanya di Rumah Saja

Rekomendasi kegiatan asyik selama libur di masa pandemi

Foto oleh Any Lane dari Pexels

Libur telah tiba, semua siswa pasti gembira! Ya, liburan sekolah adalah masa yang dinantikan setelah mengikuti ujian. Biasanya di saat liburan sekolah seperti saat ini, tempat-tempat wisata penuh sesak dengan pengunjung. Ada yang pergi ke pantai atau bahkan ada yang ke luar negeri. Sayang sekali karena pandemi kegiatan liburan tidak memungkinkan dilakukan seperti dulu lagi.

Terus ngapain, dong? Masak liburan di rumah saja? Keluhan seperti ini pasti terlontar dari para siswa. Tak jarang orang tua akhirnya menyampaikan keluhan serupa kepada Guru Pintar juga. Nah, Guru Pintar tidak perlu ikut risau, ya. Berikut ini adalah rekomendasi kegiatan liburan seru untuk siswa meskipun tidak bisa kemana-mana alias di rumah saja.

1. Playdate

Kegiatan saat liburan di rumah juga bisa seru, lho. Salah satunya dengan cara mengundang teman untuk datang ke rumah dan bermain bersama. Untuk menghindari kerumunan, tentu saja kegiatan playdate ini tidak harus mengajak teman sekelas, ya. Beberapa orang saja yang mungkin rumahnya tidak terlalu jauh. Lakukan playdate secara bergantian, pasti seru deh! Sebelum datang ke rumah teman jangan lupa memastikan dalam keadaan sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit ya. Dengan demikian kegiatan playdate akan berjalan dengan nyaman dan menyenangkan.

2. Doing House Chores

Kegiatan Liburan Sekolah Seru Meskipun Hanya di Rumah Saja
Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Liburan sekolah di rumah saja dapat dimanfaatkan untuk melatih empati dan membangun kedekatan dengan keluarga dengan melakukan pekerjaan rumah bersama-sama. Contoh kegiatan bersama keluarga misalnya memasak bersama, membersihkan rumah bersama, mencuci mobil bersama, dan lain-lainnya.

Mencoba menu baru yang sedang hits atau masakan yang disukai anak dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan selama liburan. Apalagi jika kegiatan tersebut diabadikan dalam bentuk cerita, gambar, atau video dan kemudian diunggah di media sosial. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Melakukan kegiatan rumah bersama keluarga sangat bermanfaat juga untuk melatih empati pada anak sehingga menjadi lebih dekat dan juga lebih peka untuk saling membantu satu sama lain.

3. Hobby Time

Kegiatan selama libur dapat dimanfaatkan untuk mengasah hobi. Jika di hari biasanya siswa sibuk dengan tugas-tugas sekolah dan hanya memiliki waktu yang sangat sedikit untuk melakukan hobby, kegiatan selama di rumah saat liburan adalah waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan yang disukai. Hobi yang dapat diasah selama liburan sekolah misalnya memasak, bermain alat musik, berkebun, melukis, bernyanyi, dan banyak lagi.

Kegiatan seperti ini akan lebih seru jika tidak dilakukan sendiri. Jika semua keluarga kompak dan dapat mendukung kegiatan hobi anak saat liburan di rumah saja, pasti akan menambah semangat dalam berlatih. Nah, kira-kira hobi apa ya yang ingin dilakukan dan dilatih saat liburan?

4. Learning new skills


Foto oleh cottonbro dari Pexels

Pengalaman selama libur sekolah di rumah akan sangat sia-sia jika hanya diisi dengan rebahan saja. Saat ini ada banyak kursus-kursus baik online ataupun offline untuk mengasah keterampilan baru. Misalnya siswa dapat mengikuti kursus public speaking, bahasa asing, coding, dan lain-lain. Biasanya di saat liburan seperti ini banyak sekali lembaga-lembaga yang menawarkan kegiatan seperti ini. Ayo, buka mata buka telinga. Pelajari keterampilan yang baru dan akan membawa manfaat untuk masa depanmu.

5. Taking part in charity work

Kegiatan saat liburan di rumah dapat juga diisi dengan kegiatan sosial yang dapat meningkatkan rasa simpati dan empati terhadap sesama. Contoh kegiatan sosial apa saja yang dapat dilakukan oleh siswa? Misalnya berbagi makanan di hari Jumat, menjadi sukarelawan di panti asuhan, atau membantu kegiatan membersihkan lingkungan.

Hal ini tentu saja tidak dapat dilakukan sendiri. Siswa dapat mengajak seluruh anggota keluarga, tetangga, atau teman-teman untuk melakukan kegiatan sosial ini. Kegiatan ini tidak hanya berarti untuk lingkungan sekitar dan orang yang membutuhkan, tetapi juga untuk siswa itu sendiri. Mulia sekali bukan?

Nah, ternyata liburan di rumah saja bukan berarti membosankan dan diisi dengan bermain gadget saja, ya. Ada banyak kegiatan yang bermanfaat yang dapat dilakukan selama liburan. Ayo, isi liburan dengan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan tentunya!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog