redesain-navbar Portlet

Blog

Kehilangan Motivasi Belajar Ini Tips Mengatasinya, image via www.medicalnewstoday.com

Kehilangan Motivasi Belajar? Ini 5 Tips Mengatasinya

Motivasi belajar dapat dibangun dan ditumbuhkan dengan langkah-langkah mudah.

Tugas utama pelajar memang belajar. Tapi sebegitu semangatnyakah kita melakukannya setiap hari, sampai-sampai belajar adalah satu-satunya hal yang selalu kita nanti-nantikan dan kerjakan dengan penuh antusiasme?

Boleh jadi kita kehilangan semangat belajar karena satu dan lain hal.Tapi mau bagaimana lagi, kita kan harus tetap belajar? Jadilah, kita harus bisa memotivasi diri sendiri untuk belajar. Bagaimana caranya?

 

1. Tentukan Tujuanmu

Yes, the most important reason for why we do something is the goal. Kenapa Sobat harus belajar? Demi menuntut ilmu, mengembangkan diri, menambah pengetahuan, atau tujuan-tujuan lain semacam ini memang mulia – dan benar! Akan tetapi, kita membutuhkan tujuan yang lebih kongkrit, terukur dan spesifik, agar kita giat belajar.

Misalnya, dalam jangka pendek Sobat Pintar ingin memperoleh nilai 9 untuk ujian Sejarah. Untuk tujuan jangka panjangnya, Sobat ingin diterima kuliah di Jurusan Teknik Mesin ITS. Semakin jelas tujuanmu, semakin kelihatan tolok ukurmu, semakin semangat juga kita berusaha meraihnya. So, set your goals clearly.

 

2. Buat Papan Motivasimu

Call it a motivation board or vision board. Apapun namanya, pada intinya kita akan membutuhkan sebuah papan – foam board atau papan apapun yang tersedia di rumah. You don't need to buy it. Just use any available material.

Bukan papannya, yang penting adalah isinya. Disitu Sobat bisa mencantumkan target nilai ujian Sejarah atau jurusan kuliah yang diincar. Kalau bukan kertas dan pin, post it papers juga bisa digunakan. Tak harus tulisan, lebih baik lagi bila goal yang dicantumkan di papan tersebut berupa gambar – misalnya gambar kampus ITS.

Tujuan dari papan ini adalah untuk mengingatkanmu bahwa ada goal yang ingin dicapai. Visualisasi kampus juga akan membuatmu lebih bersemangat berlatih soal-soal UTBK, misalnya.

 

3. Bersikap Positif

Motivation board atau vision board diatas adalah arah yang kita tuju. Setiap kali gangguan datang, misalnya rasa bosan atau lelah, kita dapat memandangi papan tersebut hingga memperoleh suntikan semangat untuk kembali belajar. It's one way we can do to stay positive.

Meskipun ada saja yang mencibir atau meragukan Sobat Pintar mampu menjadi mahasiswa Teknik Mesin ITS, misalnya, abaikan saja. Negativity spreads like a plague, so do your best to avoid it.

Rather, keep your gaze at your goal. Tetap fokus pada hal-hal baik yang dimiliki saat ini dan gunakan sebaik-baiknya untuk meraih impianmu. Bila perlu, ucapkan afirmasi-afirmasi positif seperti "Kamu bisa," atau "Tahun depan kamu jadi mahasiswa Teknik Mesin ITS," atau yang lain. Positive affirmation may work as strong as self hypnosis if you believe in it.

 

4. Atur Jadwal Harianmu

Bukan hanya jadwal belajar yang harus diatur dengan seksama, tapi jadwalmu untuk rileks juga perlu diperhatikan. It's about balance. Kalau terlalu lelah belajar 12 jam hari ini tanpa sempat main game favorit sama sekali, esok hari kita akan menghadapi rutinitas belajar dengan enggan.

Sudah ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu kita mengatur jadwal pribadi. Jangan lupa masukkan jadwal AP Live-nya ya, Sobat!

 

5. Pilih Teman Dekatmu

Bukan berarti kita berteman demi keuntungan tertentu, tapi kebiasaan teman biasanya menular pada orang-orang disekelilingnya. Nah, kalau kita ingin punya semangat belajar yang stabil, teman-teman yang senang belajar dapat membuat kita belajar dengan hati yang lebih riang dan ringan.

Kalau Sobat lebih suka belajar bersama, kalian bisa belajar kelompok dengan jadwal yang rutin. Hasil belajar mandiri bisa didiskusikan, dikuiskan, didebatkan, atau bahkan diujikan saat belajar kelompok. It's your class, so make it fun in your own way.

 

Tentunya, Sobat dapat menambahkan trik yang sekiranya dapat diterapkan sendiri selain kelima tips diatas. Yang penting, jangan letih untuk terus belajar. Karena sejatinya dalam hidup, kita semua berada dalam proses belajar untuk menjadi lebih baik lagi setiap harinya.

Lebih masukan Blog

Minum Air Hangat atau Dingin? Ini 4 Manfaatnya

Dalam beberapa hari belakangan ini kita mengalami cuaca panas yang cukup terik disiang hari....

4 Pelajaran Hidup dari Stan Lee

Tak asing dengan karakter Spider Man kan, Sobat? Si manusia laba-laba ini, bersama dengan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka