redesain-navbar Portlet

Blog

photo via goodereader.com

Kenapa Membaca Itu Penting dan 7 Tips untuk Memulainya

Tips Buat Kamu

Ayo jujur, kamu termasuk suka membaca atau malas membaca? Menurut survey yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional pada tahun 2015, 90 persen penduduk Indonesia gemar menonton televisi dan tidak suka membaca. Wajar saja bila kamu masuk kedalam kelompok mayoritas ini, tapi jelas bukan hal yang baik.

Apa sebab? Salah satu fenomena kekinian dalam kehidupan kita sekarang adalah hoax, istilah populer untuk berita palsu. Salah satu penyebab maraknya berita palsu adalah begitu mudahnya kita percaya pada satu informasi yang kita baca atau dengar, kemudian meyakini dan ymenyebarkannya. Dan kenapa kita bersikap begitu? Salah satu akar masalahnya adalah karena kita tidak terbiasa membaca kemudian membandingkan dan mengolah bacaan sebelum tiba pada satu kesimpulan.

Tapi membaca, apalagi buku, kesannya ngebosenin banget, ya? Jangan negative thinking dulu, deh. Lihat tips mudah meningkatkan minat baca berikut ini.

 

1. Pilih Topik Kesukaanmu

Kamu lebih suka komik karena gambar-gambarnya lebih menarik? Ambil aja! Jangan terlalu ribet dengan pilihan buku untuk memulai membaca. Yang penting, kamu punya ketertarikan yang terus terjaga sampai akhir, sampai selesai satu buku terbaca tuntas.

2. Bawa Buku di Tas

Tak harus tebal, buku saku sekalipun boleh. Saat harus menunggu pesanan minumanmu diantar, misalnya, kamu bisa memanfaatkan sedikit waktu tersebut untuk membaca satu atau dua paragraf. Hal kecil seperti ini bisa membantumu menumbuhkan kebiasaan membaca.

3. Luangkan Waktu Sebelum Tidur

Apa yang kamu lakukan di kasur sebelum tidur? Main game di gadget-mu? Coba taruh gadget kesayanganmu, ganti dengan buku. Bukan tanpa alasan bila kita punya istilah "dongeng sebelum tidur."

4. Beli Buku

Jika kamu punya budget, belilah satu buku setiap minggu atau setiap bulan, tergantung seberapa tebal halaman atau berat topik buku pilihanmu. Mengingat rupiah yang kamu keluarkan untuk buku tersebut, sayang bila bukumu berakhir tergeletak tak terbaca.

5. Rekomendasi

Kehabisan ide mau baca buku apa karena minatmu cuma itu-itu aja? Mintalah rekomendasi teman atau keluarga. Atau, lihat review buku di internet maupun toko buku. Jangan segan berpindah genre, siapa tahu kamu akan menemukan hal baru yang tak kalah seru.

6. Tergabung dalam Komunitas

Kalau kamu merasa membaca telah menjadi kebutuhan, pertimbangkan untuk bergabung kedalam komunitas baca atau klub buku. Goodreads adalah salah satu komunitas buku online yang sangat bagus, dimana kamu bisa berbagi review buku.

7. Membaca Cepat

Ada banyak banget buku yang pengen kamu baca, tapi tak ada waktu? Belajarlah membaca cepat atau scanning. Fokus pada bagian-bagian penting saja, misalnya pada awal dan akhir paragraf, kemudian cerna dan susun informasi yang telah kamu dapat.

 

Yang perlu dipahami disini adalah bahwa membaca lebih dari sekedar mengeja setiap kata. Kamu akan memahami, mencerna, mengolah, kemudian menyusun kembali informasi yang telah diserap, memeriksa kembali informasi baru dengan informasi lain, hingga membuat kesimpulan. Saat membaca sudah menjadi bagian dari keseharianmu, proses panjang tersebut akan hadir secara alami menjadi pola pikir yang tak butuh waktu lama.

Bayangkan bila kamu bisa menambah angka literasi di Indonesia – menurut Unesco, dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca. Semakin banyak orang yang bisa mencerna ulang apa yang dibacanya, baik itu berupa fakta, propaganda, bahkan hoax, semakin tenang kehidupan kita semua.

Lebih masukan Blog

11 Prospek Kerja Teknik Industri

Terkonsentrasi pada tiga bidang keahlian, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, sistem...

9 Prospek Kerja dari Hubungan Internasional

Dunia politik menarik buatmu? Atau kamu sudah lelah dengan berbagai intrik politik, tapi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka