PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Kerjakan 7 Hobi Ini agar Semakin Cerdas, photo via www.thebestbrainpossible.com

Kerjakan 7 Hobi Ini agar Semakin Cerdas

Beberapa jenis hobi dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Kecerdasan intelektual, atau kita mengenalnya sebagai IQ (Intelligence Quotient), dapat dioptimalkan ketika kita masih berusia balita. Semakin dewasa, IQ mengalami kecenderungan untuk semakin konstan dan stabil. Bukankah kita hampir tak pernah menjumpai kasus dimana orang mengalami lonjakan angka IQ dalam semalam?

Tapi kita masih bisa mencerdaskan diri sendiri melalui hobi, Sobat. Ya, hobi bukan hanya tentang kegiatan menyenangkan yang menjadi pelipur kepenatan, namun juga dapat meningkatkan kecerdasan intelektual kita. Hanya saja, tak sembarang hobi, Sobat. Mau tahu apa saja hobi yang dapat membuat kita semakin cerdas?

 

1. Bermain Alat Musik

Bermain alat musik sebenarnya merupakan salah satu kegiatan yang cukup kompleks karena Sobat Pintar harus mencerna dan melakukan sesuatu secara bersamaan. Karena itulah, kegiatan memainkan alat musik secara teratur dapat memperkuat hubungan belahan otak kanan dan kiri (corpus callosum) serta mengoptimalkan fungsi otak.

Bermain alat musik pun dapat meningkatkan kreativitas, daya ingat, kemampuan analitik, kecerdasan bahasa, dan kemampuan motorik. Kreativitas dan kemampuan analisis yang baik dapat membatu Sobat Pintar berpikir lebih tajam dan jernih, sehingga mampu menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

 

2. Baca Buku

Membaca sebenarnya menjadi lebih mudah sekarang ini. You have everything on your fingertip, Sobat. Google, blog, atau platform apapun bisa menjadi sumber bacaan yang menyenangkan. But honestly, they aren't comparable to books.

Buku disusun dengan struktur yang baik, sehingga dapat mendorong pembacanya untuk berpikir dengan lebih sistematis pula. Terlebih lagi, membaca buku dapat mengurangi stres, pun turut meningkatkan kecerdasan emosi kita. Ada baiknya untuk tak membatasi sumber bacaan pada genre tertentu saja supaya pengetahuan kita juga menjadi tak terbatas.

Pada dasarnya, kegiatan membaca dapat meningkatkan perbendaharaan kata, keterampilan komunikasi, kemampuan analisis, memori, dan fokus. Philip Davis, seorang profesor dari Liverpool University, menyebutkan bahwa saat kita membaca bahan bacaan yang sulit, maka kemampuan otak kita pun meningkat dengan cepat.

 

3. Olahraga

Masih berpikir olahraga berdampak secara fisik semata? Ternyata, olahraga apapun yang dikerjakan secara rutin dapat meningkatkan protein otak. Alhasil, kita dapat mengingat, memahami, konsentrasi, dan fokus pada suatu hal dengan lebih baik.

Dan bukankah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat? Olahraga yang dilakukan secara konsisten dapat menjaga stamina tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas. Dalam keadaan demikian, otak pun dapat berpikir dengan lebih jernih, yang sangat kita butuhkan terutama ketika harus membuat keputusan-keputusan penting.

 

4. Belajar Bahasa Baru

Bahasa merupakan salah satu produk budaya. Maka pastilah, satu bahasa mempunyai struktur dan gaya yang berbeda dari bahasa lain, sebagai cerminan dari budayanya masing-masing. That's why learning a new foreign language is challenging.

But there's always a reward for a challenge. Terus-menerus mempelajari bahasa baru, segera setelah menguasai satu bahasa asing, akan membuat otak terus aktif bekerja. Bahkan, belajar bahasa baru tak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, namun juga dapat mencegah dementia diusia lanjut.

 

5. Traveling ke Tempat Baru

Sama seperti belajar bahasa, mengunjungi tempat-tempat baru juga dapat membuat otak aktif bekerja mengenali dan menganalisis pola-pola baru. Setiap tempat baru, dengan orang-orangnya, makanannya, budayanya, bahkan gaya hidup masyarakatnya, adalah hal baru yang akan selalu menarik untuk dipelajari.

 

6. Menulis

In order to be able to write something, you have to read first. Mirip seperti belajar dan kemudian mengerjakan ujian, begitulah proses menulis. Sobat bisa menulis tentang apapun yang menarik – trending topics maupun beragam gejolak perasaan. Who knows, you may find something new about yourself as you read your writings in the near future.

Bahkan, menulis pun merupakan salah satu bentuk terapi psikologis. Tak hanya menumbuhkan rasa bahagia dan melatih kecerdasan emosional, tulisan tersebut dapat digunakan oleh psikolog atau konselor untuk menganalisis masalah yang dihadapi oleh pasiennya.

 

7. Main Game Strategi

You'll love it, Sobat: playing games makes you smarter! Memang benar, tapi tak sembarang game, ya! Game yang dapat membuat Sobat lebih cerdas adalah game yang memicu otak untuk berkreasi atau menyusun strategi demi suatu tujuan.

Teka-teki silang, puzzle, sudoku, catur,atau lego juga memiliki karakteristik yang serupa dengan game strategi. Pada dasarnya, permainan semacam ini membuat Sobat terlatih menanggapi situasi dari banyak perspektif yang berbeda secara lebih kreatif dan produktif.

 

Selain itu, memasak menu-menu baru yang terus berbeda, menari, menonton olahraga, bahkan menonton film dokumenter pun dapat membuat otak terus bekerja. The busy working brain basically improves your acuity and intelligence.

Nah, adakah salah satu kegiatan diatas yang merupakan hobi Sobat Pintar? Jika memang ada, sudahkah memperoleh manfaatnya sejauh ini? Atau, justru ingin mencoba hobi baru, Sobat?

Lebih masukan Blog

SBMPTN 2019 di Insitut Teknologi Bandung

Sepertinya hampir mustahil bila tak ada yang tahu betapa sulitnya menembus Institut Teknologi...

Kenapa Harus Universitas Indonesia? Ini Alasannya

Universitas Indonesia is one of favored universities for 1001 reasons . Each one of us has...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru