APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Konseling, Cara Menghilangkan Trauma Masa Lalu

Salah satu cara mengatasi trauma adalah dengan melalui konseling.

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Cara menghilangkan trauma masa lalu setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengabaikannya, bahkan denial. Ada juga loh, yang bahkan enggak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami trauma padahal suka uring-uringan tak jelas ujung pangkalnya. Asal Sobat tau nih, merasa frustrasi tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu tanda seseorang mengalami trauma.

 

Menyikapi Pengalaman Traumatis

cara menghilangkan trauma masa lalu
Photo by Ashley Batz on Unsplash

Memang tak semua orang menyadari bahwa dirinya sebenarnya mengalami trauma, tetapi kita bisa menduga dari tanda-tandanya, Sobat Pintar. Ciri-ciri orang trauma antara lain mengalami flashback peristiwa traumatis, merasa cemas dan takut yang berlebihan, mengisolasi diri dan tertutup, atau bahkan menjadi lebih agresif. Sulit terlelap di malam hari juga bisa menjadi tanda seseorang sedang mengalami trauma.

Kok bisa beda-beda gitu? Memang, Sobat. Setiap orang bereaksi dengan cara yang berbeda terhadap trauma yang dialaminya. Bahkan satu peristiwa yang sama boleh jadi cukup traumatis bagi seseorang, tetapi tidak setraumatis itu buat orang lain. Di sisi lain, perbedaan ini bisa berarti bahwa rasa trauma itu bisa sembuh.

Terus, bagaimana cara menghilangkan trauma dan berapa lama rasa trauma akan sembuh? Banyak hal yang berpengaruh, Sobat Pintar, seperti jenis dan keparahan trauma yang dialami, kemampuan seseorang dalam mengatasi stres dan mengelola emosi yang diakibatkan oleh trauma tersebut, serta nilai dan keyakinan yang dianut oleh circle-nya.

Trauma seseorang takkan membaik hanya dengan tanggapan, misalnya, "Kamu kurang ibadah" dari orang-orang di sekitarnya. Sebaliknya, seseorang yang memiliki pengalaman traumatis membutuhkan circle yang aktif mendukung dan mencari cara menghilangkan rasa trauma dan ketakutan yang dirasakannya.

 

Cara Mengatasi Rasa Trauma

cara menghilangkan rasa trauma dan ketakutan
Photo by Masaaki Komori on Unsplash

Karena rasa trauma itu bisa sembuh, jangan buru-buru putus asa dan merasa kita tak punya harapan, Sobat. Sekali lagi, cara menghilangkan trauma setiap orang tidak bisa disamaratakan. Cara menghilangkan trauma sakit hati seseorang yang baru putus mungkin dengan tidak pacaran dahulu, sedangkan doi mungkin menghilangkan sakit hatinya dengan jadian sama gebetan baru.

All jokes aside, pada intinya cara menghilangkan trauma itu bermacam-macam. Beberapa cara memperbaiki rasa trauma yang umumnya dilakukan antara lain:

1. Meditasi dan Relaksasi

Bagi sebagian orang, rasa trauma itu bisa sembuh pelan-pelan melalui meditasi maupun aktivitas spiritual lainnya. Rasa tenang dan rileks yang ditimbulkan oleh meditasi pada gilirannya dapat membantu mengatasi stres. Lantaran overthinking jauh berkurang, kualitas hidup pun menjadi lebih baik.

2. Olahraga

Olahraga juga dapat memberikan efek ketenangan yang kurang lebih sama. Olahraga membantu meningkatkan produksi endorfin, hormon yang membantu mengatasi rasa sakit dan meningkatkan suasana hati. Cara memperbaiki rasa trauma yang satu ini tak hanya memperbaiki kondisi mental, tetapi juga fisik sekaligus.

3. Melakukan kegiatan yang Menyenangkan

Kamu enggak terlalu suka berolahraga? Kalau begitu, coba kerjakan kegiatan yang bikin kamu merasa senang. Konsepnya masih sama kok, cara menghilangkan trauma sakit hati itu adalah dengan fokus pada hal-hal positif. Mungkin kamu suka berjualan online? Kamu suka naik gunung? Kamu suka bikin kerajinan tangan? Selama kegiatan itu berdampak positif buatmu, luangkan waktu untuk menjauhkan diri dari berbagai perasaan negatif, Sobat.

4. Memilih Circle

Tanpa trauma sekalipun, kita butuh teman bicara yang dapat memahami dan memberikan dukungan. Sebagian kita mendapatkannya dari keluarga, sebagian lagi dari bestie. Udah pasti, dukungan dari keluarga dan teman itu adalah salah satu cara memperbaiki rasa trauma.

5. Konseling dan Terapi

Punya dukungan dari keluarga dan teman memang bisa membantu menyembuhkan trauma, tetapi sebenarnya tidak selalu bisa memperbaiki secara langsung. Lagipula, pengalaman yang traumatis sering kali terpendam cukup lama sebelum akhirnya memicu reaksi yang tak diharapkan. Oleh sebab itu, cara menghilangkan trauma berkepanjangan adalah dengan profesional dibidangnya, yakni psikolog maupun psikiater.

Terapi konseling terhadap trauma dilakukan sesuai dengan tingkat dan jenis trauma yang dialami. Tahapan konseling trauma healing pada umumnya mencakup stabilitasi, pengolahan trauma, integrasi pengalaman serta pemahaman diri, dan mempertahankan perubahan positif yang telah dicapai. Namun tahapan-tahapan ini tidak bersifat mutlak, tergantung pada pendekatan dan metode konseling yang digunakan.

Proses setiap orang untuk mengatasi traumanya berbeda-beda. Sebagian orang mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dibandingkan orang lain. Oleh sebab itu, Konseling Pintar menyediakan layanan trauma healing.

Konseling online terkait trauma yang tersedia di Aku Pintar ini dapat membantumu mengatasi perasaan dan pikiran yang berkaitan dengan trauma, termasuk juga membantumu memahami dan mengatasi rasa sakit akibat trauma yang ada. Mengatasi trauma adalah proses jangka panjang yang, sejujurnya, tidak terlalu menyenangkan. Menyadari bahwa ada seseorang (psikolog) yang siap membantu dapat membuat proses itu menjadi lebih mudah untuk dijalani.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog