redesain-navbar Portlet

Blog

photo via id.pinterest.com

Kosen, Beasiswa Monbukagakusho untuk Pelajar IPA

Tips Beasiswa

Hai anak IPA! Mau ngelanjutin pendidikanmu di Jepang? Ada beasiswa dari pemerintah Jepang yang udah terkenal di seantero jagad, Monbukagakusho atau sering juga disebut MEXT. Udah tau, kan? Nah, yang ini lebih spesifik, Sobat Pintar.

 

Kosen, Beasiswa untuk Program College of Technology

Masih menjadi bagian dari Monbukagakusho, Kosen adalah beasiswa yang khusus ditujukan buat kamu yang pingin jadi insinyur. Untuk pelajar SMA, jelas kamu kudu berasal dari kelas IPA. Untuk pelajar SMK, sesuaikan saja bidang keahlianmu sekarang dengan pilihan jurusan kuliah yang ditawarkan.

Ada dua kategori jurusan atau program studi yang ditawarkan Kosen, yaitu Kimia dan Fisika. Jurusan Kimia adalah Teknik Material, sedangkan Fisika terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Listrik dan Elektronika, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Transportasi Laut, serta Teknik Informasi, Komunikasi, dan Jaringan. Pembelajaran bersifat kursus dalam bidang teknologi yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu tiga tahun.

 

Persyaratan untuk Mengajukan Kosen

Kamu dikatakan layak menjadi salah seorang dari College of Technology Students bila usiamu minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada tahun keberangkatan ke Jepang. Pada usia ini, pelamar beasiswa biasanya telah menyelesaikan pendidikan formal minimal 11 tahun.

Persyaratan berikutnya sudah disinggung diawal, yaitu kamu harus berasal dari kelas IPA – baik SMA maupun SMK. Untuk persyaratan akademiknya, nilai Ujian Nasional-mu harus mencapai minimal 80 supaya dapat mengajukan beasiswa Kosen.

 

Persiapan dan Proses Pengajuan Kosen

Kosen ditawarkan oleh pemerintah Jepang ke 40 negara berkembang dan menyaring aplikannya hingga tersisa 86 orang saja. Masa pendaftaran beasiswa ini biasanya berlangsung antara bulan April hingga Mei. Dalam masa ini, dokumen yang dikirimkan, yaitu print out konfirmasi registrasi online, pasfoto, fotokopi teregalisir Sertifikat Hasil Ujian Nasional atau yang Sementara, fotokopi teregalisir ijazah (yang terpisah dari SHUN), surat rekomendasi teregalisir dari guru atau Kepala Sekolah, dan fotokopi sertifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) jika ada, akan diseleksi. Seluruh dokumen dikirim ke Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang Jl. M.H. Thamrin no. 24 Jakarta 10250.

Hasil seleksi dokumen diatas diumumkan pada bulan Juni, dan peserta yang lolos akan mengikuti ujian tulis pada pertengahan bulan Juli. Tes tulis ini menguji matapelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Matematika dan Kimia atau Fisika. Perlu dicatet, soal Matematika dan Kimia atau Fisika diujikan dalam Bahasa Inggris. Tes tulis ini diadakan di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar.

Pengumuman ujian tulis dilakukan pada akhir bulan Juli, diikuti oleh tes wawancara bagi yang lolos pada awal bulan Agustus. Wawancara dilakukan di Kedubes Jepang di Jakarta.

Pengumuman hasil wawancara bisa kamu peroleh pada pertengahan bulan Agustus. Jika kamu lolos pada seluruh tahap primary screening ini, rivalmu berikutnya ada para peserta dari negara lain. Pengumuman final biasanya terjadwal pada bulan Desember, dan kamu akan berangkat ke Jepang pada bulan April pada tahun berikutnya.

Lama studi di Jepang bagi penerima beeasiswa ini adalah empat tahun – 4,5 tahun khusus untuk mahasiswa Teknik Transportasi Laut. Lama studi tersebut sudah termasuk satu tahun persiapan Bahasa Jepang di institusi independen, yaitu Japan Student Services Organization atau Tokyo Japanese Language Education Center.

 

Fasilitas yang Diberikan oleh Kosen pada Awardeenya

Jika nantinya kamu lolos seleksi dan menjadi awardee atau penerima beasiswa ini, maka kamu berhak memperoleh berbagai fasilitas. Yang jelas, biaya kuliah dan segala kelas persiapan untuk kuliah sudah ditanggung oleh Kosen. Kamu juga akan memperoleh tunjangan per bulan sebesar ¥117.000 hingga ¥120.000. Bahkan, tiket pulang pergi Jepang-Indonesia juga sudah tertanggung dan pengurusan visa pelajarnya juga bebas biaya.

 

Masih butuh info lebih lanjut? Kamu bisa berkorespondensi via email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp.

Lebih masukan Blog

Monbukagakusho, Beasiswa dari Pemerintah Jepang

Kamu pikir kuliah di luar negeri tuh selalu ke Australia, atau Amerika Serikat, atau...

Gakubu, Beasiswa untuk Kuliah S1 di Jepang

Salah satu tipe Monbukagakusho ,atau sering juga disebut MEXT, adalah Gakubu .Beasiswa ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka