redesain-navbar Portlet

null

Blog

Kuliah Bidang IT di Jawa Tengah? Kampus yang Satu Ini Bisa Jadi Pilihan!

Kuliah di bidang information technology (IT) bisa jadi pilihan yang jitu di tengah kemajuan teknologi yang terjadi saat ini. Kemajuan teknologi membuka berbagai peluang karier yang menjanjikan. Lihatlah, hampir semua sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga pemerintahan seolah dituntut melakukan transformasi teknologi agar sesuai dengan zaman.

Eits, tapi sebelum benar-benar kuliah di bidang IT, perlu kamu ketahui bahwa sejatinya kuliah di bidang IT perlu passion dan kemauan yang kuat. Mengapa? Agar nantinya kamu bisa bertahan ketika berhadapan dengan beberapa mata kuliah yang basic-nya adalah matematika dan algoritma. So, hal tersebut bisa jadi akan membuatmu kesusahan menyesuaikan diri jika pada dasarnya kamu tidak siap untuk berhadapan dengan jenis mata kuliah semacam itu.

Selain itu, kabar baiknya, ada banyak pilihan karier yang bisa dijalani setelah kamu lulus nanti. Begitu pula pilihan kampus untuk kuliah di bidang IT yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Purwokerto, Jawa Tengah, yakni perguruan tinggi berkualitas Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

 

Alasan Kuliah Bidang IT

Nah, setelah kamu merasa siap untuk kuliah di bidang IT, berikut ini beberapa informasi yang membuatmu semakin ingin kuliah di bidang ini. Mau tau apa saja alasan yang membuat orang-orang ingin kuliah di bidang IT? Baca sampai habis ya!

1. Peluang kerja terbuka lebar apalagi di era digital

Sebagaimana yang sudah di-mention pada awal artikel bahwa saat ini cukup banyak pilihan karier bagi lulusan IT. Tentunya hal tersebut menjadi kabar baik buat kalian yang ingin kuliah di bidang ini. Coba perhatiin deh, setidaknya setiap perusahaan pastinya memiliki website bukan? Lalu dengan kondisi pandemi, banyak pula perusahaan yang melakukan transformasi pekerjaan karyawannya menjadi online. Hal semacam ini membutuhkan tim IT support untuk membantu karyawan yang menemui kendala ketika menggunakan program atau aplikasi. Selama work from home (WFH), peran seorang IT support sangat penting.

Jika kamu tertarik kuliah bidang IT, kamu harus memperhatikan lebih dalam lagi minatmu, karena begitu banyak pilihan karier di bidang IT. Selain menjadi web developer dan IT support, beberapa pilihan karier lainnya antara lain software developer, programmer, cyber security, system analyst, game developer, network administrator, IT consultant, dan masih banyak lagi. Nah, dari banyaknya pilihan karier tersebut, kamu sudah tau belum nantinya kamu akan memilih karier bidang apa?

2. Berpeluang jadi entrepreneur atau freelancer yang pekerjaannya lebih fleksibel

Berkarier di bidang IT nggak mengharuskan kamu untuk nongkrong di kantor seharian atau harus bekerja sesuai waktu yang telah ditentukan. Karena kalau kamu menginginkan pola kerja yang lebih fleksibel, maka kamu bisa memilih bekerja sebagai freelancer atau entrepreneur di bidang IT.

Menjadi entrepreneur atau freelancer itu kedua hal yang berbeda ya! Perbedaannya terletak pada mekanisme kerjanya. Seorang freelancer akan bekerja sesuai dengan proyek yang dia terima dan penghasilannya tergantung pada besar kecilnya proyek atau sedikit banyaknya proyek yang dikerjakan. Sedangkan seorang entrepreneur memandang IT sebagai objek bisnis, misalnya dengan membuat sebuah agensi khusus digital marketing atau membuat software yang tujuannya untuk dipasarkan.

3. Peluang penghasilan yang tinggi

Kalau ngomongin penghasilan yang bisa didapatkan dari pilihan karier di bidang IT saat ini tergolong cukup tinggi lho! Dari sederetan profesi bidang IT, gaji yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan untuk posisi manajer dan belasan juta rupiah untuk posisi senior officer. Namun, kalau kamu ingin berkarier sebagai seorang freelencer ataupun entrepreneur sebagaimana yang kita sudah bahas pada poin sebelumnya, peluang income-nya juga sangat menjanjikan. Bahkan, ada saja orang yang rela meninggalkan pekerjaan sebagai sebagai pegawai tetap dan beralih menjadi freelencer karena melihat peluang penghasilan yang lebih tinggi.

Secara sederhana, bisa kita pahami ketika menjadi pegawai tetap di suatu perusahaan maka gaji yang kita terima setiap bulannya sudah ditentukan dengan jam kerja yang juga sudah ditentukan. Sedangkan ketika menjadi seorang freelencer, penghasilan yang diperoleh tergantung dari jenis dan jumlah proyek yang dikerjakan. Semakin banyak proyek yang bisa dikerjakan setiap bulannya, maka semakin banyak juga penghasilan yang bisa didapatkan. Saat ini freelencer juga memiliki komunitas, yang mana dengan komunitas tersebut mereka bisa saling berbagi proyek kepada sesama freelencer sehingga tiap waktunya ada saja tawaran proyek yang masuk.

 

ITTP sebagai Kampus Telkom di Jateng yang Fokus di Bidang IT

Dari banyaknya keuntungan yang ditawarkan jika mempelajari bidang IT, maka banyak pula lembaga-lembaga pendidikan yang menawarkan berbagai pilihan pendidikan di bidang IT, baik itu berupa kursus, pendidikan diploma, dan sarjana. Nah, kalau kamu benar-benar serius mempersiapkan dirimu untuk  kuliah dan berkarier di bidang IT, seperti telah disebutkan di atas, salah satu kampus yang bisa kamu pilih adalah Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Kampus ini fokus pada pengembangan bidang teknologi informasi yang berbasis telekomunikasi dan ilmu digital. Untuk di Jawa Tengah sendiri, ITTP merupakan satu-satunya Institut teknologi yang berfokus pada pengembangan bidang IT. Hmmm, tentunya ini bisa jadi kabar gembira ya bagi kalian yang berdomisili di Jawa Tengah dan sekitarnya yang ingin kuliah di bidang IT?

Beberapa bidang yang menjadi fokus studi di Institut Teknologi Telkom Purwokerto antara lain Healthcare, Agro-Industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise (HATS). Sebagai tambahan informasi juga nih bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di ITTP, saat ini ITTP telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat “BAIK SEKALI” dan sistem manajemen pendidikan yang dijalankan juga telah terstandarisasi ISO 21001-2018. Keren kan?

Makanya, jangan lewatkan kesempatan mengetahui lebih banyak tentang Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan mendapatkan hadiah di Virtual Edu Expo (VEE). Pameran kampus-kampus favorit di Indonesia ini akan diselenggarakan secara virtual pada 6-7 Februari 2021.

Setelah mendaftar, pengunjung pameran dapat mengikuti berbagai aktivitas, mulai dari mengunjungi lounge Virtual Edu Expo (VEE), mengunjungi booth Institut Teknologi Telkom Purwokerto maupun universitas-universitas lain, bahkan berkonsultasi dengan perwakilan universitas untuk mendapat informasi lebih lengkap.

Yang lebih seru, seluruh aktivitas seperti menghadiri talk show, mengunjungi dan mengunduh brosur di booth, serta mengikuti scavenger hunt yang tersebar di area Virtual Edu Expo (VEE) akan menghasilkan poin. Informasi lengkap dan cara perolehan poin dapat dilihat di leaderboard yang terdapat di menu.

10 pengunjung dengan poin terbesar akan mendapat kesempatan untuk memperoleh hadiah total jutaan rupiah. Masih ada lagi hadiah e-money dengan total jutaan rupiah bagi pengunjung yang beruntung dan dapat menjawab pertanyaan di sesi akhir talk show serta pertanyaan yang diberikan di lounge setiap jamnya.

Jadi tunggu apa lagi? Segera daftar dan nikmati beragam aktivitas di pameran kampus-kampus favorit di Indonesia secara virtual di Virtual Edu Expo (VEE) pada 6-7 Februari 2021. Semuanya gratis!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet