APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Kuliah di Mana? Ini 8 Jurusan Animasi di Indonesia

Ketahui kampus mana saja di Indonesia yang membuka Jurusan Animasi.

Photo by Xiaole Tao on Unsplash

Jurusan Animasi di Indonesia pada umumnya merupakan program pendidikan vokasi. Fokus kuliah jurusan Animasi di Indonesia memang cenderung lebih membutuhkan praktik dalam membuat animasi, menampilkan gambar dengan ilusi motion, membuat karakter 3D dan 2D, menciptakan special effects, menyusun storyboard, mengedit video, mengolah audio, menulis skenario menggunakan tools atau softwares, dan seterusnya.

Buat Sobat Pintar yang bercita-cita ingin menjadi animator, sederet kegiatan perkuliahan di atas pasti tampak menarik. Nah, mana sajakah universitas di Indonesia yang ada Jurusan Animasi? Ini dia, referensi tempat kuliah Jurusan Animasi di Indonesia yang wajib kamu tau, Sobat Pintar.

Jurusan animasi di Indonesia
Photo by Antoni Shkraba on Pexels

1. Universitas Negeri Malang (UM)

Program D4 Animasi UM terdaftar berdiri secara resmi pada awal tahun 2022. Sebenarnya kamu bisa kuliah Animasi di UM pada dua program yang berbeda, Sobat Pintar. Di samping D4 Animasi, UM juga membuka Program D3 Game Animasi. Tak heran bila UM dikenal sebagai salah satu universitas Jurusan Animasi terbaik di Indonesia, apalagi kedua program tersebut saat ini masing-masing sudah terakreditasi A dan B.

kuliah jurusan animasi di indonesia
Photo by Ivan Samkov on Pexels

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Tak tanggung-tanggung, ISI Yogyakarta menyediakan dua program buat kalian yang pengin kuliah Animasi. Dua program tersebut adalah D3 Animasi dan D4 Animasi. Bingung ga, kamu bakal pilih yang mana, Sobat?

ISI Yogyakarta memang populer di dunia seni. Baik Program D3 maupun D4, keduanya merupakan Jurusan Animasi terbaik di Indonesia. Program D3 dan D4 Animasi ISI Yogyakarta saat ini meraih status akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT.

universitas jurusan animasi terbaik di indonesia
Photo by Ivan Samkov on Pexels

3. Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta

Penasaran di mana para animator Indonesia kuliah? Ini dia, salah satu jurusan animator dengan akreditasi B yang ada di Indonesia, tepatnya di STMM MMTC Yogyakarta.

Apa saja yang bakal kamu pelajari saat kuliah Animasi di STMM MMTC? Sebagian mata kuliah yang dipelajari mahasiswa Program D4 Animasi STMM MMTC antara lain Desain Grafis, Nirmana, Drawing, Komputer Animasi, Creative Thinking, Animasi 2D, Digital Imaging, Sinematografi, Penyutradaraan Animasi, Tata Suara, Desain Karakter, Musik Ilustrasi, Rigging, 3D Environment, dan masih banyak lagi.

universitas jurusan animasi di indonesia
Photo by Dayvison de Oliveira Silva on Pexels

4. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

Selain UM, masih ada Udinus sebagai alternatif universitas Jurusan Animasi di Indonesia. Universitas animasi di Indonesia yang satu ini memfasilitasi perkuliahan mahasiswa Program D4 Animasi dengan sound recording Studio, lipsync/acting studio, 3D rendering lab, pen tablet, lighting camera equipment, green screen studio, dan lain sebagainya. Menarik ga tuh, Sobat?

jurusan animasi terbaik di indonesia
Photo by Erik Mclean on Pexels

5. Universitas Negeri Padang (UNP)

Siapa bilang kuliah Animasi mesti ke Jawa, Sobat Pintar? Di UNP sudah ada Program D4 Animasi dengan akreditasi Baik, loh! Jurusan Animasi di Indonesia ini memiliki keunggulan pada game design, bisnis animasi, serta pipeline produksi animasi.

kuliah jurusan animasi di jakarta
Photo by Anna Shvets on Pexels

6. Politeknik Sains Seni Rekakresi (SSR)

Sebagai perguruan tinggi vokasi, Politeknik SSR merupakan sebuah alternatif kuliah Jurusan Animasi di Indonesia. Kuliah Animasi di Politeknik SSR membuatmu belajar tentang drawing, interface, animasi web series, visual effects, dan lain-lain. Mahasiswa Program D4 Animasi yang terakreditasi Baik ini juga mengenal berbagai softwares animasi seperti Toon Boom Harmony, 3D Max, Audiodesk, Blender, maupun Maya. Lulus kuliah animator di Politeknik SSR kelak, kamu siap terlibat di dunia advertising, Sobat, khususnya komersial TV dan film.

universitas animasi di indonesia
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

7. Politeknik Negeri Batam (Polibatam)

Butuh referensi lagi untuk kuliah Animasi di politeknik, Sobat Pintar? Nih, masih ada Polibatam yang juga membuka Program D4 Animasi. Terakreditasi Baik, Jurusan Animasi di Indonesia ini menerapkan 35% perkuliahan tatap muka dan 65% praktikum atau praktek lapangan.

Apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa yang kuliah Animasi di Polibatam? Mata kuliahnya antara lain Ide Kreatif, Desain Grafis, Animasi 2D, Mekanika Gerak Digital, Desain Karakter, Penyuntingan Suara, Sinematografi, Efek Visual, Digital Compositing, dan masih banyak lagi.

universitas di indonesia yang ada jurusan animasi
Photo by cottonbro studio on Pexels

8. School of Audio Engineering (SAE) Indonesia

SAE Indonesia adalah institusi pendidikan media kreatif berskala global yang menawarkan program vokasi dan pendidikan tinggi spesialis di 23 negara. Buat kalian yang pengin kuliah Jurusan Animasi di Jakarta, SAE Indonesia adalah salah satu pilihan terbaik. Eitts, tunggu dulu. Sebenarnya SAE punya dua program kuliah Animasi yang menarik nih, Sobat Pintar.

Buat kalian yang pengin belajar dan mengembangkan animasi Indonesia di dalam negeri, SAE Indonesia menyediakan Program D4 Animasi. Kuliah Animasi ini mengombinasikan kelas teori dan praktik, didukung oleh lab komputer yang dilengkapi dengan program-program terbaru seperti Autodesk 3D Max, Adobe Creative Suite, maupun Maya. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan dosen selama perkuliahan.

Selain itu, SAE menawarkan program Australia Pathway. Agar dapat mengikuti program ini, kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan kuliah Animasi selama dua semester di SAE Indonesia. Persyaratan berikutnya yang wajib kamu penuhi adalah skor IELTS 6.0. Setelah dinyatakan lulus seleksi, kamu akan kuliah Animasi di Indonesia selama 12 bulan dan di Australia selama 24 bulan. Kampus SAE di Australia berada di Brisbane, Byron Bay, Sydney, Melbourne, dan Perth.

Peluang yang menarik, Sobat Pintar? Untuk mempermudah proses masuk kuliahnya, kamu bisa mendaftar ke SAE Indonesia melalui Aku Pintar. Dibanding mendaftar secara langsung, proses pendaftaran online seperti ini jauh lebih cepat dan simpel. Udah gitu, harga form pendaftarannya pun lebih murah. Eh, masih mikir apa lagi, tuh?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog