redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit Isaac Arjonilla

Kuliah Filsafat, Inikah Pilihan Jurusanmu?

Jurusan Filsafat

Dari generasi apapun, kamu pasti tahu Dian Sastrowardoyo. 'Aset negara' ini adalah salah satu lulusan Jurusan Filsafat, bahkan menuntaskan Program Masternya pada bidang ilmu yang sama. Nah, ternyata orang-orang Filsafat tuh nggak aneh, kan?

 

Filsafat, Salah Satu Jurusan yang Mahasiswanya Paling Mudah Terkena Stereotipe

Kenyataannya, Filsafat adalah salah satu jurusan yang terbilang menantang bagi mahasiswa. Kudu kuat mental kalau mau lulus, euy! Bila mahasiswa lain hanya menghadapi dosen-dosen yang kadangkala sulit, mahasiswa Filsafat harus sanggup menahan terpaan omongan diluar sana.

Macam-macam stereotipe yang sering dialamatkan pada mahasiswa Filsafat. Mahasiswa jurusan ini punya banyak julukan, mulai dari menjadi atheis, mempelajari ilmu yang nggak jelas masa depannya, berpikiran aneh, omongannya suka ngelantur tak tentu arah, nggak seru diajak gaul, hingga dicap sebagai pembangkang.

Wait, pembangkang? Well, beruntunglah kamu kalau kedua orangtuamu langsung menyetujui pilihanmu untuk kuliah Filsafat – karena mayoritas orang tua pasti akan bertanya, "Mau jadi apa setelah lulus?"

Filsuf. Engng.. what?

 

Kuliah Filsafat: Gampang-Gampang Susah dan Susah-Susah Gampang

Menjadi mahasiswa Filsafat berarti kamu harus siap membaca buku teks yang tebalnya beratus-ratus halaman. Tenang, kamu juga akan banyak berdiskusi dan menulis, tapi keduanya takkan bisa dilakukan tanpa membaca terlebih dahulu, bukan? Tak sekedar membaca, kamu masih harus mencerna bacaanmu dengan logika.

Ilmu Filsafat dekat dengan sejarah. Filsafat merupakan dasar berpikir kritis berbagai ilmu pengetahuan sejak abad pertengahan di Eropa dan menjadi kewajiban akademik para calon pastor dan biarawan Katolik di sana.

Kini, Filsafat menjadi bidang ilmu yang dipelajari khalayak umum dan ditawarkan sebagai salah satu program studi pada jenjang pendidikan tinggi. Dijurusan ini, kamu akan belajar tentang pemikiran para filsuf ternama, seperti Socrates, Pythagoras, Thales, Jurgen Habermas, Bertrand Russell, maupun Sartre. Kamu akan bertemu matakuliah Logika, Filsafat Manusia, Epistemologi, Estetika, Sejarah Filsafat Kontemporer, Filsafat Ketuhanan, Hermeneutika, Filsafat Bahasa, Fenomenologi, Filsafat dan HAM, Paradigma Feminis, Filsafat dan Ideologi, Filsafat Lingkungan, Filsafat Agama, Filsafat Teknologi, Filsafat Akal Budi, Metafisika, Fenomenologi Agama, Teologi Pembebasan, Filsafat Ilmu Psikologi, Filsafat Ilmu Hayati, dan masih banyak lagi.

 

Fakta-Fakta Singkat tentang Kuliah Filsafat

Jika pada dasarnya kamu memang tipe pemikir, kuliah Filsafat akan meningkatkan kemampuanmu dalam berpikir kritis. Untuk satu hal sederhana sekalipun, kamu akan memandangnya dari berbagai aspek. Keterampilan dan kebiasaan ini akan kamu butuhkan dikemudian ini, terutama dalam melihat peluang dipasar ekonomi. Co-founder Linkedin, Reid Hoffman, belajar Filsafat meskipun berkecimpung didunia teknologi. Latarbelakang Filsafatnya ternyata berguna saat Hoffman memutusakan pilihan investasi teknologi startup yang menguntungkan.

 

Jika ingin menjadi bagian dari solusi dari permasalahan generasimu, barangkali kamu bisa mendapat jawabannya di Jurusan Filsafat. Bisa jadi, karena terlatih untuk peduli pada permasalahan global dan memiliki pandangan dari berbagai perspektif, kamu bisa mengubah dunia setelah lulus kuliah. (Ehm...)

Lebih masukan Blog

10 Kampus Pilihan untuk Belajar Filsafat

Kuliah Filsafat di Indonesia memang lebih menantang – ada-ada saja stereotipenya, euy ! Namun...

6 Profesi Ini Sering Dipilih oleh Lulusan Filsafat

Kenapa ada saja yang tertarik kuliah Filsafat? Apa ya hari gini ada filsuf? Selow, Sobat...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line