PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Justin Sullivan/Getty Images

Kuliah Ini Tak Cukup Kemampuan Akademik Saja: Tata Boga

Jurusan Tata Boga

Pernah nggak, kamu menduga-duga, celebrity chef yang banyak berseliweran di televisi itu latar belakang pendidikannya apa? Apa kamu juga pingin seperti mereka suatu hari nanti? Barangkali kamu bisa mengawalinya dengan kuliah di Jurusan Tata Boga.

 

Pada Jenjang Strata 1 atau Diploma III?

Sebagian besar, walaupun bukan seluruhnya, Tata Boga pada jenjang Strata 1 adalah Jurusan Pendidikan. Bukan berarti harus jadi guru di SMK Jasa Boga, SMK Patiseri, ataupun SMK Usaha Perjalanan Wisata setelah lulus, tapi memang dijurusan ini kamu dibekali pula dengan matakuliah-matakuliah untuk mengajar Tata Boga di sekolah. Jadi, selain Ilmu Gizi, Pengetahuan Pariwisata, Kue dan Minuman Nusantara, Patiseri, Makanan Oriental, Tata Hidang, Cipta Boga, dan matakuliah-matakuliah lain dibidang kuliner, kamupun akan belajar tentang Evaluasi Pembelajaran Tata Boga, Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Tata Boga, Kajian Teknologi dan Vokasi, Psikologi Pendidikan, dan lain-lain.

Sementara itu, pada jenjang Diploma III, matakuliah Tata Boga lebih mengarah pada ilmu murni. Beberapa matakuliahnya antara lain Pengelolaan Usaha Boga, Bakery, Pastry, Dekorasi Kue, Teknologi Makanan, Gizi Terapan, Dekorasi Makanan, dan lain-lain.

 

Kuliah Tata Boga di Mana?

Baik Strata 1 maupun Diploma III, sebenarnya keduanya sama-sama mewadahi minat dan bakatmu dalam bidang kuliner. Akan tetapi, perlu dilihat juga nanti kuliahmu di mana. Misalnya kuliah di kampus pariwisata, Tata Boganya banyak bersinggungan juga dengan dunia pariwisata. Sebaliknya, mahasiswa yang kuliah di kampus pendidikan juga akan belajar banyak tentang cara-cara mengajar dan menjadi pendidik di sekolah.

Sebagai referensi, ada beberapa PTN dengan Jurusan Tata Boga yang cukup terkenal, seperti Akademi Pariwisata Makassar, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, atau Universitas Negeri Jakarta. Untuk PTS-nya, kamu bisa kuliah Tata Boga di Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, dan lain-lain.

 

Bagaimana Prospek Lulusannya?

Dengan makin ramainya dunia kuliner saat ini, prospek bisnis terbuka sangat lebar bagi lulusan Tata Boga. Tapi bilapun tidak, alumni Tata Boga bisa bekerja sebagai cake decorator, chef, kepala koki, baker – termasuk juga profesi kekinian yang lagi hits: barista. Dan lagi, dengan latarbelakang kuliah di Jurusan Pendidikan, tentu saja kamu bisa mengajar di sekolah vokasi sebagaimana telah disebutkan diawal.

Restoran, hotel, kafe, hingga kepresidenan pasti membutuhkan orang-orang yang tahu betul apa yang harus dikerjakan dibagian dapur. Kemampuan dalam perencanaan menu, penciptaan resep, dan penyajian yang dimiliki alumni Tata Boga adalah kecakapan berharga didunia kuliner yang akan selalu dicari dan dibutuhkan.

 

Apakah ini jurusan pilihanmu? Berkesempatan untuk kuliah pada jurusan yang sesuai dengan bakat tuh sesuatu yang amat sangat patut disyukuri lho, Sobat Pintar. Pasalnya, tak semua orang punya bakat dan minat kuat pada kreasi makanan seperti kamu.

Lebih masukan Blog

Tiga Pintu Masuk ITB: Kini dengan Seleksi Mandiri

Lucky you ! Selama tiga tahun belakangan, kakak-kakak tingkatmu nggak bisa masuk ITB...

Resolusi Tahun Baru untuk Pelajar

Bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik ditahun depan adalah sebuah keinginan yang...

Menambah Komentar

Kiki Rizki 8 Bulan Lalu
apakah jurusan SMK perhotelan bisa ambil jurusan tata boga? peluang masuk SMK masuk PTN gimana?
Harap sign in untuk melanjutkan.
Lutvi lutvi 8 Bulan Lalu
kalau menurutku tetep bisa kok ambil jurusan tata boga, dan peluang masuk PTN sangat tinggi karena banyak juga kok yang dari smk dan melanjutkan ke PTN
Harap sign in untuk melanjutkan.
S
Sephia Resti Fauzi 7 Bulan Lalu
kalo dari aliyah bisa masuk jurusan tata boga ga?
Harap sign in untuk melanjutkan.
S
Sephia Resti Fauzi 7 Bulan Lalu
kalo dari aliyah bisa masuk jurusan tata boga ga?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru