redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.justdial.com

Kuliah Santai di Seni Rupa?

Cari Tahu Jurusanmu

Mengantuk, bosan, enggak paham selama jam pelajaran berlangsung di sekolah? Kecuali kamu jenius yang rajin tanpa cela, selalu ada satu dua matapelajaran yang mendatangkan rasa bosan dan kantuk. Apalagi kalau kamu udah ngerasa rumiiit aja sama pelajaran-pelajaran eksak sejenis Matematika, Fisika, bahkan Ekonomi juga.

Coba rasa-rasakan lagi, apakah kamu tipenya suka gateeel pengen bikin ini itu? Atau malah emang udah sadar sejak masa dibuaian bunda, kalau panggilan jiwamu adalah pada dunia seni?

 

Seni Rupa Murni

Enggak ada salahnya kok, kalau minat kuliahmu bukan pada Sains, Teknik, atau Ekonomi. Sah-sah saja kalau kamu pengen kuliah di Jurusan Seni Rupa Murni. Hanya saja, kalau keluarga dan lingkunganmu masih asing dengan jurusan ini, kemungkinan besar kamu akan mendapat tentangan yang cukup kuat. Semacam, "Kuliah kok nggambar?, Mau jadi apa nanti kalau udah lulus?" dan seterusnya.

Wajarlah, namanya juga tak kenal, maka tak sayang. Padahal, belajar Seni Rupa Murni mengharuskanmu bersinggungan dengan ilmu desain tekstil, desain interior, desain komunikasi visual, dan masih banyak lagi. Bisa ditebak, lapangan pekerjaan alumni Seni Rupa bisa mencakup bidang advertising, grafis, interior desain, bisnis pakaian, bahkan bisa menjadi dosen, guru, kurator, atau seniman dengan galeri pribadi.

Memang, mahasiswa Seni Rupa telah dibekali dengan ilmu dan keahlian yang cukup beragam. Pada Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung, misalnya, kamu dapat memilih memperdalam pengetahuanmu di Studio Seni Keramik, Studio Seni Patung, Studio Seni Grafis, atau Studio Seni Lukis pada semester ke-3. Tuh, perguruan tinggi yang terkenal akan reputasi sains dan teknologinya aja nganggep seni itu penting.

Beda lagi kalau di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Disini, Jurusan Seni Rupa Murni terbagi lagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu Seni Grafis, Seni Patung, dan Seni Lukis. Jadi, Seni Rupa enggak selamanya cuma soal menggambar aja, ya.

 

Beda Kampus Beda Seni

Loh, loh. Kok, beda-beda gitu tiap kampus? Emang. Dan sebenarnya enggak perlu dipusingin, sih. Justru kamu musti banyak-banyak nyari tahu spesialisasi seninya tiap kampus.

Lagipula, kamu juga musti nyiapin karya seni apa yang akan kamu ajukan untuk mendaftar. Misalnya ITB, penerimaan mahasiswa hanya melalui SNMPTN atau SBMPTN. Kampus lain tentunya memiliki kebijakan yang berbeda, termasuk ujian keterampilan saat tes masuknya.

Lha trus, selain ITB sama ISI Yogyakarta, perguruan tinggi mana lagi yang punya Jurusan Seni Rupa Murni? Banyak, diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Makassar, ISI Padangpanjang, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, ISI Surakarta, atau ISI Denpasar. Kalau perguruan tinggi swasta, ada Telkom University, Universitas Kristen Maranatha, atau Institut Kesenian Jakarta.

 

Santai... Kan, Seni

Setelah punya daftar kampus mana saja yang menarik, periksa lagi spesialisasi atau keahlian Jurusan Seni Rupa Murni di kampus tersebut. Kemudian, persiapkan dirimu untuk mengikuti tes masuknya serta karya seni apa bila diminta untuk disertakan. Iya, persiapkan sembari kamu juga mempersiapkan Ujian Nasional, persiapkan saat teman-temanmu enggak ribet kudu bikin karya seni apapun.

Nah, apakah Seni Rupa itu santai? Dari awal aja, udah keliatan enggak. Apalagi ITB, yang jelas-jelas enggak punya jalur seleksi mandiri. Kalau kamu pengen masuk FSRD-ITB, kudu kerja keras disemua matapelajaran, kan?

Saat kuliah nanti, memang kesannya Jurusan Seni Rupa Murni tuh kelihatan santaiii... serasa di pantai... gitu. Kamu bakal sering-sering kuliah di luar ruang kelas, bahkan cukup sering mengunjungi museum ataupun art gallery demi merampungkan tugas satu matakuliah.

Kenyataannya, kamu harus lebih banyak belajar mandiri, enggak tergantung pada dosen. Kreativitas dan kelangsungan hidupmu di Jurusan Seni Rupa Murni bergantung sepenuhnya pada dirimu sendiri. Hampir setiap mata kuliah mengharuskanmu bikin karya seni sekaligus dengan makalah laporannya. Tak jarang kamu harus rela begadang demi merampungkan pekerjaanmu, meninggalkan selimut yang nyaman. Dan yang jelas, semua karya itu butuh modal duit supaya bisa terwujud dan layak dipamerkan diakhir semester.

Jadi, siapkah kamu kuliah dijurusan Fine Art ini? Bukan tentang suara-suara mereka yang menentang pilihanmu, tapi lebih pada kesanggupanmu untuk berkomitmen menempuh jalan seni ini. Salah satunya, enggak boleh ngantuk-ngantuk lagi saat belajar dikelas.

Lebih masukan Blog

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan: Jurusan Pencetak Calon-Calon Pahlawan Lingkungan

Sampah. Ups, enggak bermaksud ngata-ngatain, sih. Tapi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan...

Farmasi: Bukan Hanya tentang Obat

Kamu bercita-cita ingin menjadi seorang Apoteker? Bekerja dengan jubah lab dan meracik...

Menambah Komentar

Badai Ardiat 1 Tahun Lalu
test
Harap sign in untuk melanjutkan.
Badai Ardiat 1 Tahun Lalu
makannnnn
Harap sign in untuk melanjutkan.
giltes tigatiga 1 Tahun Lalu
santai??
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka