redesain-navbar Portlet

Blog

photo via makassarnolkm.com

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan: Jurusan Pencetak Calon-Calon Pahlawan Lingkungan

Cari Tahu Jurusanmu

Sampah. Ups, enggak bermaksud ngata-ngatain, sih. Tapi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan memang berkaitan dengan sampah.

Seriusan kuliah dan jadi sarjana untuk berurusan dengan sampah? Engng... gak sesederhana itu juga, sih. Dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan enggak cuma tentang sampah, kok.

 

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (RIL) dan Teknik Lingkungan (TL)

Rekayasa Infrastruktur Lingkungan sering dianggep sama dengan Teknik Lingkungan. Sebenarnya kedua jurusan ini berbeda. Beda-beda tipis sih, tapi cukup signifikan juga.

Ambil contoh pada Institut Teknologi Bandung. Lahir belakangan, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan mengadopsi sebagian dari kurikulum Teknik Penyehatan, yang merupakan cikal bakal Teknik Lingkungan. Alhasil, RIL dan TL memiliki beberapa matakuliah yang sama, namun dengan fokus yang berbeda. Misalnya pada Kesehatan Lingkungan, RIL lebih menekankan pada kualitas sanitasi masyarakat sedangkan TL mengkaji lebih dalam tentang toksikologi.

Selain itu, fokus Rekayasa Infrastruktur Lingkungan adalah pada air. Penyediaan air bersih, pengendalian pencemaran limbah cair, serta sanitasi lingkungan adalah ruang lingkup RIL. Lihat saja dari matakuliahnya, seperti Teknologi Sanitasi Tepat Guna, Sanitasi Pesisir, Perancangan Instalasi Pengolahan Air Bersih, dan lain-lain.

Beda lagi dengan Teknik Lingkungan. Tak hanya air, Teknik Lingkungan juga mencakup pengelolaan udara dan industri. Hal ini terlihat jelas pada matakuliah Kesehatan Lingkungan Kerja, Pencemaran Udara, atau AMDAL.

Ibaratnya, RIL adalah pengendali elemen air, sedangkan TL adalah pengendali elemen air dan udara. Pengendali tanahnya siapa ya? Loh, loh, jadi kemana ini...

 

RIL: Sang Pengendali Air dan Sampah Lingkungan

Dibilang pengendali air, kurang pas sebenarnya karena ruang lingkup RIL juga mencakup sampah. Iya, seperti sudah disebutkan diawal, jurusan ini membuat sampah menjadi objek yang sangat penting, misalnya pada matakuliah Sistem Pengelolaan Persampahan.

Jadi bila kamu kuliah dijurusan ini, jangan harap kuliahmu bakal enak-enakan aja, ya. Selain mendatangi tempat pembuangan sampah, besar kemungkinan kamu juga akan menyisiri sungai hingga berkeliaran di pemukiman kumuh. Bahkan masa depan alumni Rekayasa Infrastruktur Lingkungan enggak akan jauh-jauh dari tempat-tempat tersebut karena banyak proyek RIL yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur lingkungan.

Eitts, jangan keburu pesimis dulu. Bukan berarti kamu akan melakukan hal yang sama seperti masa kuliah disisa hidupmu – tergantung bidang kerjamu. Nantinya kamu bisa bekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada LSM yang bergerak dibidang kesejahteraan masyarakat, atau menjadi konsultan infrastruktur lingkungan.

Bonusnya, kamu masih bisa menjadi seorang Ahli Teknik Lingkungan meskipun bukan alumnus dari jurusan tersebut. Bahkan, kamu juga bisa berkontribusi pada bidang Perencanaan Kota dan Wilayah.

By the way, tahukah kamu kalau Cina pernah menjadi pembeli sampah dunia untuk didaur ulang hingga 70 persennya? Setelah Cina menolak membeli sampah plastik, bahkan Amerika Serikat sekalipun sempat kelabakan mengurusi sampah plastiknya. Yak, segitu hebohnya urusan sampah ditingkat dunia.

Setelah melewati matakuliah Sistem Pengelolaan Persampahan, mungkin kamu akan mendapat gambaran yang lebih jelas tentang permasalahan sampah. Bayangkan saja itu terjadi dalam skala yang lebih besar, ditingkat dunia. Dan bayangkan kamu bisa ikut andil melakukan sesuatu dalam keruwetan itu.

Lebih masukan Blog

Belajar Membangun Hutan di Jurusan Rekayasa Kehutanan

Kamu bisa bikin sebidang tanah kosong kering kerontang di sekitar rumah menjadi hijau subur?...

Kuliah Santai di Seni Rupa?

Mengantuk, bosan, enggak paham selama jam pelajaran berlangsung di sekolah? Kecuali kamu...

Menambah Komentar

SpeedOfLight Admin Test 1 Tahun Lalu

sudaahhhh

Harap sign in untuk melanjutkan.
Badai Ardiat 1 Tahun Lalu
makasih
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka