redesain-navbar Portlet

Blog

Kuliah Teknik Kimia, image via www.singaporetech.edu.sg

Kuliah Teknik Kimia? Ini 6 PTN Rekomendasi Untukmu

Jurusan Teknik Kimia di beberapa kampus memiliki sertifikasi dan akreditasi dari dalam dan luar negeri.

Sosok Merlin diceritakan sebagai seorang penyihir dalam kisah Raja Arthur. Versi sosok penyihir ini pun beragam, ada yang mengisahkan Merlin sebagai warlock (penyihir pria yang jahat) dan ada pula yang menokohkannya sebagai wizard (penyihir pria yang baik).

Depending on your imagination, sosok Merlin ini mungkin sedang mengaduk-aduk ramuan di dalam bejana besar yang terpanggang diatas api. Jubah dan topi lancipnya, entah berwarna gelap atau cerah sesuai imajinasimu, terjuntai ditiup angin. But, did you also imagine that Merlin was graduated from Chemical Engineering?

Mahasiswa Teknik Kimia belajar tentang pengolahan bahan mentah menjadi suatu produk melalui reaksi kimia. Alih-alih mengenakan jubah dan topi lancip seperti Merlin, mahasiswa Teknik Kimia biasanya mengenakan jaket lab berwarna putih dan sibuk tenggalam dalam praktikumnya di laboratorium.

Sobat Pintar ingin melanjutkan keseruanmu belajar di lab Kimia sekolah ke lab Teknik Kimia? Berikut ini kampus-kampus dengan Jurusan Teknik Kimia terbaik, yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

 

1. Institut Teknologi Bandung

Teknik Kimia ITB berada di Fakultas Teknologi Industri (FTI). Selain akreditasi dalam negeri oleh BAN-PT, Teknik Kimia ITB mengantongi akreditasi internasional oleh Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

Sejak 2003, Teknik Kimia ITB memiliki tiga jalur studi, yaitu Teknologi Kimia UMUM (TKU, Teknologi Pangan (TP), dan Bioproses (BP). Khusus untuk jalur studi TP dan BP, dibutuhkan penguasaan yang baik pada Biologi, Matematika, Fisika, dan pastinya Kimia.

 

2. Universitas Indonesia

Di UI, Teknik Kimia menjadi bagian dari Fakultas Teknik. Teknik Kimia UI memiliki dua lagi akreditasi selain dari BAN-PT, yaitu dari ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) dan Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE).

Mahasiswa Teknik Kimia UI berkesempatan menyelesaikan pendidikan Sarjana dan Magister dalam waktu lima tahun saja, Sobat! Melalui program fast track tersebut, mahasiswa Teknik Kimia dapat menuntaskan dua jenjang pendidikan dengan lebih cepat.

 

3. Universitas Gadjah Mada

Teknik Kimia UGM merupakan salah satu jurusan pada Fakultas Teknik. Tak beda jauh dari Teknik Kimia pada dua PTN sebelumnya, Teknik Kimia UGM juga mengantongi lebih dari satu akreditasi. Selain dari BAN-PT, Teknik Kimia UGM telah memeroleh akreditasi dari Institution of Chemical Engineers (IChemE). Bahkan, Teknik Kimia merupakan jurusan teknik di UGM yang pertama menerima akreditasi internasional yang berpusat di London tersebut.

 

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Selain dari BAN-PT, Teknik Kimia ITS memiliki sertifikasi dari dari ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA). Iya, sama seperti Teknik Kimia UI, Sobat! Mahasiswa-mahasiswanya aktif turut serta dan berprestasi dalam event-event internasional, sedangkan alumninya banyak yang memiliki karier cemerlang pada sektor swasta maupun pemerintahan.

 

5. Universitas Sebelas Maret

Teknik Kimia UNS menjadi bagian dari Fakultas Teknik. Selain program Sarjana, FT UNS juga membuka program vokasi atau D3 Teknik Kimia.

 

6. Universitas Diponegoro

Bukan sekedar akreditasi A Ban-PT, tapi Teknik Kimia Undip telah mempertahankan akreditasi A tersebut berturut-turut selama 15 tahun terakhir. Jurusan ini pun telah memenuhi persyaratan jaminan kualitas ASEAN University Network. Kualitas pendidikan yang tak main-main ya, Sobat!

 

Bila Merlin menciptakan ramuan-ramuan ajaib untuk membantu Arthur, mahasiswa Tekim, begitu jurusan ini lebih dikenal, belajar tentang bagaimana menciptakan produk sehari-hari seperti makanan, pakaian, bahan bakar, hingga merancang sebuah pabrik kimia.

Terkait dengan energi yang lebih ramah lingkungan kedepan, alumni Teknik Kimia akan sangat dibutuhkan. Mereka pun tetap dibutuhkan dalam industri konvensional seperti pengolahan minyak bumi. Ingin menjadi Merlin – ups, Insinyur Kimia, Sobat?

Lebih masukan Blog

4 Tips Lolos SBMPTN 2020

SBMPTN 2020 masih jauh! Eitts, siapa bilang? Karena kita sibuk dengan jadwal sekolah dan...

7 Tips Menjadi Teman Terbaik

Besok ada PR? Tanya teman. Kapan kuis Matematika? Tanya teman. Mengerjakan tugas? Cari teman....

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka