APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Langka, 4 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di UI dan UGM

Ketika pilihan jurusan tak banyak alternatif, persiapan untuk mengikuti seleksi juga harus lebih baik.

Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di UI dan UGM, image via www.findamasters.com

Ada berbagai faktor yang cukup berpengaruh pada pilihan jurusan kuliah. Kemudian, cara yang dapat kita tempuh untuk mencapai jurusan impian tersebut juga cukup beragam. Untuk kampus negeri, kita dapat memilih jalur SNMPTN, SBMPTN, dan alternatif terakhir adalah Seleksi Mandiri.

Kemudian, memilih kampus negeri juga memerlukan pertimbangan yang matang. Mulai dari jumlah peminat, kuota atau daya tampung, hingga berbagai pertimbangan pribadi seperti kota tempat belajar dan biaya hidup seluruhnya layak masuk perhitungan.

Nah, bagaimana bila pada tahap ini kita tak punya pilihan, Sobat? Karena jurusan-jurusan berikut ini hanya ada di UI dan UGM, satu-satunya pilihan hanyalah lolos pada salah satu jalur seleksi diatas.

 

1. Kriminologi, Universitas Indonesia

Kriminologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang tindak kriminal dan kejahatan. Ingin menjadi mahasiswa Kriminologi UI? Daya tampung jurusan dalam rumpun Soshum UI ini pada SNMPTN 2020 sebesar 18 kursi dan SBMPTN 2020 sebanyak 27 kursi.

Angka yang tak besar ya, Sobat! Sayangnya, Kriminologi di kampus negeri saat ini masih ada di Universitas Indonesia saja. Akreditasi jurusannya pun sudah A.

Bagaimana dengan kampus swasta ? Masih ada dua PTS yang memiliki Jurusan atau Program Studi Kriminologi di Indonesia, yaitu Universitas Budi Luhur dan Universitas Islam Riau. Kriminologi pada kedua PTS tersebut saat ini memiliki akreditasi B.

 

2. Sastra Belanda, Universitas Indonesia

Belajar Sastra Belanda bukan berarti kita tidak memiliki semangat nasionalisme yang cukup. In fact, they may not related to each other in any way. Justru keberadaan Sastra Belanda bisa menjadi salah satu alternatif pilihan belajar sastra asing selain Inggris, Perancis, Korea, Jepang, Arab, dan lain sebagainya.

Hanya ada di UI, Sobat berpeluang menjadi mahasiswa baru dijurusan Soshum ini. Daya tampung jurusan yang telah terakreditasi A ini pada SNMPTN 2020 sebanyak 9 kursi, sedangkan pada SBMPTN 2020 adalah 14 kursi.

 

3. Kartografi dan Penginderaan Jauh, Universitas Gadjah Mada

Dijurusan ini kita belajar untuk memahami fenomena, gejala, dan informasi yang ada di permukaan bumi tanpa harus bersentuhan langsung. Terakreditasi A, Kartografi dan Penginderaan Jauh menjadi bagian dari Fakultas Geografi UGM. Hanya ada satu ini di seluruh Nusantara, Sobat!

Berapa daya tampung mahasiswa baru pada rumpun Saintek ini? Untuk SNMPTN 2020, daya tampungnya sebesar 19 kursi. Sedangkan untuk SBMPTN 2020, daya tampungnya sebesar 27 kursi. Karena tak ada PTS yang menawarkan jurusan atau prodi ini, sudah siapkah Sobat beradu memperebutkan salah satu kursi tersebut?

 

4. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada

Sobat Pintar selalu memperoleh nilai memuaskan pada matapelajaran Fisika dan Matematika? Punya minat yang tinggi untuk belajar tentang nuklir? Nah, mungkin ini jurusan yang tepat untukmu.

Again, Teknik Nuklir adalah jurusan atau prodi yang hanya ada di UGM – tak ada di PTN lain maupun PTS. It's the one and only. Dan berapa kuota yang Sobat perebutkan untuk lolos seleksi masuk jurusan Saintek dengan akreditasi A ini? Hanya ada 17 kursi pada SNMPTN 2020 dan 23 kursi pada SBMPTN 2020.

 

Memilih belajar dan mendalami ilmu pada bidang yang tak banyak dilirik orang membutuhkan nyali yang tangguh. Tapi yang lebih penting lagi, pastikan pilihan jurusan kuliahmu jatuh setelah melewati berkali-kali pertimbangan. Only then, when you choose one of the above studies, you take your steps confidently.

80

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog