redesain-navbar Portlet

null

Blog

Rilekskan Otak: 6 Cara Berakhir Pekan

Relaksasi dibutuhkan agar produktivitas tidak menurun.

Cara Berakhir Pekan, image via www.thinkright.me

Have you planned your coming weekend, Sobat Pintar? Entah sehari atau dua hari libur diakhir pekan tentu sangat kita nanti-nantikan. Setelah sepekan penuh otak dijejali dengan berbagai teori, ingin kita mengalirkan angin segar dan mendinginkan organ penting ini, bukan?

Tak perlu berpikir lagi, tak perlu memeras otak untuk merencanakan kegiatan akhir pekanmu. Here we have some ideas on how to spend your weekend.

 

1. Tidur Siang yang Tenang, Tanpa Terganggu Deadline Apapun

Kapan lagi kita punya waktu tidur siang yang tenang kalau bukan diakhir pekan? Tak ada jadwal sekolah dan kuliah, tak ada kelas! Kalau sehari-hari kita bisa memejamkan mata 10 menit saja sudah hebat, diakhir pekan kita bisa tiduran 30 menit hingga satu atau dua jam.

Notes to take: sebaiknya jangan tidur siang terlalu lama sampai berjam-jam, Sobat. 'Balas dendam' membayar hutang tidur yang kurang selama sepekan bisa mengganggu jam biologis badan kita. Dan agar rebahan siang kita nyaman, tak dihantui mimpi buruk, pastikan tugas-tugas sudah diselesaikan atau dijadwalkan kapan dikerjakan.

 

2. Habiskan Waktu, Hang Out dengan Teman-Teman yang Seru

Jalan-jalan, kongkow atau ngobrol santai di suatu tempat, bersama orang-orang yang seru bisa membuat otak kita segar kembali. Akan selalu ada topik baru yang kita belum tahu, dan bisa menjadi bahan perbincangan yang tak ada habisnya.

Notes to take: kegiatan seperti ini akan semakin melelahkan bagi introvert, tapi sangat recharging bagi ekstrovert. Yang penting, cek budget dulu, Sobat. Jangan sampai pekan depan kehabisan uang saku!

 

3. Berwisata Kuliner, Mencoba Berbagai Menu Makanan yang Baru

Bagi sebagian orang, makan dapat meredakan penat pikiran. Mulai dari makan makanan favorit hingga mencoba menu-menu baru, yang penting perut kenyang dan hati senang setelahnya.

Notes to take: lagi-lagi, perhatikan budget ya, Sobat. Perhatikan pula teman-teman makanmu, jangan sampai mereka merasa terbebani. Dan jangan makan dengan berlebihan – bahkan kalau bisa ada baiknya memilih makanan yang lebih sehat.

 

4. Buka Folder Film dan Serial di Laptop atau Komputer, Nikmati Rebahan

Bagi yang sudah kehabisan tenaga untuk bergerak diakhir pekan, nonton film atau serial favorit di laptop atau komputer terasa bagai liburan! Dikerjakan sendirian, beramai-ramai dengan teman-teman satu kos, atau bersama adik/ kakak, kegiatan ini mampu mengalihkan fokus otak yang telah lelah.

Notes to take: watching movies or series can be excessively engaging. Time flies so easily. Jadi, pastikan tugas-tugas sudah beres agar Sobat dapat menikmati waktu rebahan dengan maksimal.

 

5. Main Game Favorit, Kalau Perlu Coba Game Baru

Tak perlu dibahas lebih lanjut tentang kegiatan yang satu ini, bukan? Bahkan setiap harinya pun, kita mencuri waktu untuk memainkan game favorit. Tapi diakhir pekan, kita bisa main game sepuasnya!

Notes to take: trik terpenting agar dapat sebaik mungkin menikmati waktu rehat seperti ini masih tetap sama, Sobat. Iya, bereskan dulu tugas-tugas di to-do-list-mu.

 

6. Menekuni Hobi yang Terbengkalai Selama Sepekan

Now that you have the time, do what you like. Entah berkebun, membuat kerajinan tangan, memasak, mengotak-ngatik kendaraan, naik gunung, atau  yang lain, kerjakan saja apa yang Sobat sukai. Saat kita fokus mengerjakan sesuatu yang disukai, rasanya bagai angin segar bagi otak yang penat.

Notes to take: perhatikan jangka waktu yang dimiliki diakhir pekan. Berkebun, misalnya tak membutuhkan waktu selama naik gunung – kecuali Sobat memungkinan naik gunung dalam semalam. Bila akhir pekanmu terbatas, coba temukan minat-minat baru yang lebih time-friendly. Siapa tahu, barangkali kelak kegiatan itu akan menjadi hobi barumu!

 

Sama seperti ketika kita berlari. Bila terus-menerus dikerjakan tanpa henti, otot kaki kita lama-kelamaan akan terasa pegal. Otak kita memang tak bisa merasa pegal seperti otot kaki, tapi kita dapat merasakan dampaknya ketika otak kelelahan terus bekerja tanpa henti.

Sulit berkonsentrasi adalah salah satu tanda ketika kita sudah butuh break. Jadi, manfaatkan akhir pekanmu agar pekan berikutnya menjadi lebih produktif, Sobat!

110

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp