redesain-navbar Portlet

null

Blog

Prospek Sarjana Ilmu Gizi – Hanya di Rumah Sakit?

Prospek kerja yang baik merupakan salah satu faktor pertimbangan memilih jurusan kuliah.

silverspinemedia.com, image via silverspinemedia.com

Jurusan ini dekat dengan bidang Kesehatan. Jurusan apakah itu? Iya, pasti Sobat Pintar sudah tahu dari awal: Ilmu Gizi.

Karena berkaitan erat dengan Kesehatan, mudah saja bagi kita untuk beranggapan bahwa alumni Ilmu Gizi harus bekerja dilingkungan rumah sakit. Padahal tak ada keharusan seperti ini, Sobat.

Walaupun dekat dengan bidang Kesehatan, prospek kerja Sarjana Ilmu Gizi (S.Gz.) sebenarnya jauh lebih luas dari lingkungan rumah sakit. Menjadi konsultan gizi di pusat kebugaran? That's a good idea! Tapi masih banyak lagi yang bisa dikerjakan oleh seorang S.Gz.

 

1. Menjadi Entrepreneur Dibidang Kuliner

Dimasa lapangan kerja yang terbatas, menjadi entrepreneur dibidang kuliner merupakan wujud kemandirian yang wajib diacungi jempol. Bahkan dengan membuka usaha catering atau rumah makan, misalnya, kita bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. Artinya, kita bisa memberi kontribusi pada lingkungan dan orang-orang sekitar.

Dengan pengetahuan gizi yang memadai, kuliner racikan tangan seorang Sarjana Ilmu Gizi tentu berbeda dari dengan kuliner kebanyakan. Misalnya, catering yang dikelola bisa ditujukan bagi ibu hamil, balita pada masa pertumbuhan, klien yang menurunkan berat badan, pasien dengan kebutuhan pola makan khusus, dan lain-lain.

 

2. Berbagi Resep dengan Menjadi Blogger atau Vlogger

Alumni Ilmu Gizi tentu memiliki pengetahuan tentang nutrisi yang baik. Mereka juga memahami setiap orang dengan keadaan tertentu membutuhkan gizi dan takaran tertentu yang sesuai dengan keadaannya tersebut. Misalnya, ibu menyusui membutuhkan asupan kalori yan lebih tinggi dibandingkan perempuan dewasa biasa.

Berikutnya, bagaimana mengemas kebutuhan nutrisi yang spesifik tersebut menjadi menu makanan yang menarik? Nah, seorang Sarjana Ilmu Gizi bisa berbagi menu-menu sehatnya melalui tulisan di blog maupun dalam bentuk video blogging. Media sosial populer juga dapat dimanfaatkan. Peluang kekinian yang menarik bukan, Sobat?

 

3. Sebagai Pegawai di Perusahaan Makanan/ Minuman

You're not into entrepreneurship? Tak apa, masih ada peluang untuk bekerja sebagai pegawai, Sobat. Nutrition facts yang kita jumpai pada kemasan makanan dan minuman adalah salah satu bukti kehadiran Sarjana Ilmu Gizi.

Sebagai pegawai diperusahaan industri makanan dan minuman, seorang Sarjana Ilmu Gizi berperan sebagai konsultan gizi, ahli gizi, personel Research and Development, maupun quality controller. Industri makanan dan minuman akan tetap dibutuhkan sepanjang masa, Sobat. Jadi, peluang kerjamu dibidang ini akan tetap terbuka – selama ada lowongan.

 

4. Sebagai Peneliti atau Dosen di Perguruan Tinggi

Program Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud saat ini memberi kesempatan mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan lebih leluasa. Bukan hanya didukung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, tapi Menristek pun meyakini jumlah peneliti di Indonesia bisa digenjot melalui program ini.

Program yang memberi angin segar bagi profesi peneliti bukan, Sobat? Tak harus bekerja di LIPI, seorang peneliti juga dibutuhkan pada bagian R&D perusahaan. Bahkan, salah satu tugas utama dosen adalah melakukan penelitian. If scientific research is your passion, it's time to bloom!

 

Dan ingat, selain keempat profesi diatas, masih banyak profesi Sarjana Ilmu Gizi yang lain. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang menyadari pentingnya hidup sehat, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan jasa atau keahlian nutritionist dan dietitian. Tak melulu harus bekerja di rumah sakit, bukan?

100

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp