PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo credit Dini Lestari

Lintas Jurusan? Iya atau Tidak?

Tips Pelajar

Mungkin saat ini kamu sedang berada dikelas IPA, atau kelas IPS – apapun itu, kamu merasa makin terpanggil untuk kuliah dijurusan ranah yang lain. Sebagai anak IPA, kok sepertinya jadi Akuntan tuh lebih menjanjikan, ya? Atau sebaliknya, sebagai anak IPS, kamu pingin tau lebih banyak tentang pengolahan makanan dan teknologinya. Trus gimana? Masih bisa nggak sih, kalau mau lintas jurusan?

 

Jangan Buru-Buru, Pikirkan Ulang

Coba renungkan, apakah keinginanmu untuk lintas jurusan itu memang keinginanmu sendiri. Yakin, bukan karena teman baikmu ingin kuliah disitu? Bukan karena gengsi atau faktor-faktor eksternal yang lain?

Lintas jurusan berarti kamu akan mengabaikan sebagian besar matapelajaran yang selama ini telah menguras tenaga, pikiran, dan waktumu. Lintas jurusan berarti pula kamu harus mengejar ketertinggalanmu pada matapelajaran-matapelajaran lain. Apakah masih ada tenaga, pikiran, dan waktu yang tersisa untuk itu?

 

Siap Belajar Keras dan Belajar Cerdas

Jika pada akhirnya memutuskan untuk tetap lintas jurusan, berikutnya tinggal dipikir gimana caranya kamu melahap semua matapelajaran – IPA dan IPS sekaligus. Mungkin dengan les privat dan bimbel sekaligus? Mungkin dengan belajar materi lintas jurusanmu diakhir pekan? Mungkin dengan ikut try out dua kali lebih banyak dibanding teman-temanmu yang tak lintas jurusan? Kamu sendiri yang bisa merumuskan cara terbaik untuk menguasai seluruh materi pelajaran.

 

Jalur Masuk Kuliah Turut Menentukan

Secara umum, jika kamu menggunakan jalur SNMPTN, pilihan jurusan takkan berbeda dengan jurusanmu di sekolah saat ini. Jika kamu dikelas IPA, pilihan jurusan yang terbuka untukmu hanya jurusan-jurusan Saintek saja. Demikian pula sebaliknya, jurusan-jurusan kuliah Soshum hanya bisa dipilih oleh siswa dari kelas IPS.

Jadi, jika kamu ingin lintas jurusan, jalur masuk kuliah di PTN yang bisa ditempuh adalah melalui SBMPTN atau Seleksi Mandiri. Bahkan untuk Seleksi Mandiri sekalipun, tak semua PTN membuka kemungkinan untuk lintas jurusan. Masih satu catatan lagi: anak kelas IPS biasanya tak punya kesempatan untuk memilih jurusan-jurusan kesehatan dan kedokteran – sebab bidang-bidang ini memerlukan penguasaan materi IPA yang kuat.

 

Siapkan dan Rancang Back Up Plan

Bukan pesimis kalau kamu mempersiapkan rencana cadangan gegara lintas jurusan yang gagal. Sebaliknya, punya persiapan langkah selanjutnya saat rencanamu tak berjalan sesuai harapan adalah tindakan yang bijak.

Bagaimana dengan kuliah di PTS pada jurusan yang telah kamu perjuangkan susah payah selama ini? Tak ada salahnya, bukan? Hanya saja, perlu diingat bahwa ada PTS yang tak membuka kemungkinan lintas jurusan, namun ada pula PTS yang terbuka dan menerima kemungkinan lintas jurusan.

Kalaupun tetap ingin kuliah di PTN, pertimbangkan pula berapa kali kamu ingin mengikuti UTBK. Dan lagi, pertimbangkan apakah ada kemungkinan untuk menggunakan pilihan terakhir SBMPTN-mu pada jurusan yang sama dengan ranahmu (baik IPA maupun IPS) saat ini.

 

Meskipun tak mudah, lintas jurusan sah-sah saja dilakukan, kok. Hanya saja, memang perlu dipertimbangkan masak-masak sebelum kamu mengambil keputusan. Tapi bukankah kita memang harus berpikir matang sebelum memutuskan apapun dalam hidup ini?

Lebih masukan Blog

Kenapa Tetap Bangun Pagi saat Liburan? Ini 4 Alasannya

Bangun pagi gegara jam masuk sekolah? Itu biasa saja, nggak ada istimewa-istimewanya. Tapi...

6 Ide Bisnis Agar Liburanmu Produktif

Liburan ngapain , ya? Bagaimana kalau mengisinya dengan kegiatan produktif, seperti...

Menambah Komentar

A
Annisa sri wulan 7 Bulan Lalu
kalau ank gap year mau lintas jurusan dari ipa ke ips gimana mnrut kakak?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru